Sunday, March 27, 2016

EAT-MAN





"Bolt Crank adalah pria pemakan sekrup. Petualang terhebat yang ditugaskan mengantar kristal perak pusaka negara pada raja setan Phara agar tidak mengamuk dan menghancur-leburkan negaranya. Roan Mi Ferd adalah gadis yang ditugaskan untuk mengantar sekaligus mengawasinya tiba di tempat raja setan. Ternyata, yang dibutuhkan raja setan bukanlah kristal perak, melainkan darah murni gadis suci Roan! Apakah Bolt Crank tega mengorbankan teman seperjalanannya tersebut demi tugas yang diembannya?"

Bolt Crank
dalam halaman berwarna
Komik Eat-Man ini sebenarnya sudah lama sekali berada di timbunan. Dulu setelah melihat di catatan kalau semua jilid sudah terkumpul dengan semangat 45 segera bongkar timbunan. Namun setelah basah kuyup mandi keringat tetap 'Kecundang Jua Menimpa'. Coba ulang bongkar lagi 'Namun Tewas Akhirnya'. Jadi seperti lirik lagu Malaysia saja. Kesal campur lelah karena ada no jilid tertentu yang tidak ketemu. Apakah kelewatan waktu bongkar-bongkar atau keselip entah dimana. Akhirnya pasrah saja namun tetap yakin suatu hari nanti pasti ketemu. Seminggu kemaren ketika sedang bongkar-bongkar lagi cari komik yang lain malah ketemu no jilid komik Eat-Man yang keselip. Rasanya senang bukan main seperti dapat durian runtuh. Yes, akhirnya bisa baca komik Eat-Man. Karena jilidnya cukup banyak ada 19 jilid saya membacanya selang-seling dengan komik lain agar tidak cepat bosan. Setelah selesai membaca 19 jilid saya merasa tidak sia-sia perjuangan saya. Komik ini memiliki cerita di atas ekspetasi saya.



Bolt Crank beraksi
Mengambil setting futuristik di mana para manusia sudah hidup dengan membuat koloni di berbagai macam planet di luar bumi. Tokoh utamanya adalah Bolt Crank, pria misterius berbadan besar yang selalu memakai jubah dengan tutup kepala dan kaca mata hitam. Dia dikenal sebagai petualang no 1 yang sangat berpengalaman dan telah mengembara kemana-mana antar planet bahkan antar galaksi. Bolt Crank memiliki kebiasaan dan kemampuan yang tidak lazim. Hobinya makan sekrup namun tidak hanya sekrup, dia bisa makan apa saja. Bolt Crank memakan barang-barang bukan tanpa sebab tapi ada tujuannya. Daripada membawa barang berukuran besar lebih praktis dimakan saja. Memakan bagian-bagian barang yang terpisah lalu kemudian mengeluarkannya dalam bentuk yang sudah lengkap. Memakan barang-barang rusak lalu dikeluarkan dalam keadaan berfungsi kembali.

Bolt Crank dan para sahabat
Gambar dalam komik ini bagus dan unik. Saya seperti melihat ada perpaduan antara style manga dan pengaruh style komik Amrik. Di halaman pembuka akan mendapatkan 2 halaman berwarna, ada yang memakai kertas khusus atau memakai kertas biasa. Sayangnya halaman berwarna tersebut tidak diberikan ke semua jilid. Setiap jilidnya terdiri dari kurang lebih 5-6 cerita pendek yang berdiri sendiri atau ada juga yang masih berhubungan dengan cerita sebelumnya. Ceritanya tentang petualangan Bolt Crank yang diminta bantuan untuk melakukan misi-misi tertentu. Mengantar barang, melindungi sesuatu dan lain-lain. Walau ceritanya pendek namun memiliki kejutan-kejutan yang tidak terduga. Contoh ketika Bolt diminta pertolongan oleh penduduk desa untuk melindungi seorang wanita. Ternyata pelaku kejahatan sebenarnya adalah penduduk desa. Ketika Bolt melindungi seorang raja muda yang lemah dari orang kepercayaan raja terdahulu yang memerintah dengan lalim. Ternyata di akhir cerita Bolt sengaja telah bekerjasama dengan orang tersebut agar raja muda yang lemah ini bisa bangkit melawan dan memiliki kekuatan sendiri. Aksi pertarungan di komik ini juga seru, Bolt melawan monster, segerombolan penjahat, sekumpulan robot dengan memakai senjata ringan sampai memakai senjata berat yang dikeluarkan dari tubuhnya. Komik ini juga memiliki sentuhan kelucuan walau tidak banyak. Salah satu penyebab kelucuan adalah Robert, pria gendut, petualang yang sudah pensiun dan bekerja sebagai penjaga kafe. Robert kembali berpetualang sebagai Sliger yang asli setelah ada seseorang yang sengaja menyamar sebagai Sliger palsu dan melakukan kerusuhan. Dalam melaksanakan misinya, Bolt tidak selalu sendirian, dia ditemani oleh para sahabatnya sepeti Robert, Hard bersaudara, Iisan dan Max. Komik ini tamat di jilid 19 namun masih menyisakan keraguan tentang siapakah sebenarnya Bolt Crank.



Robert aka Sliger
Robert sedang berganti kostum

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Akihito Yoshitomi
Gambar = Akihito Yoshitomi
Jumlah Buku = 19 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2008 - 2010
Jenis = Action, Adventure, Fantasy, Sci-fi
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment