Thursday, March 17, 2016

SEJEJAK HARAP





"Gadis 'Berbau' Mentega
Danny adalah seorang playboy, putera tunggal pengusaha pastry terkenal. Karena suatu hal ia tak begitu bersemangat meneruskan usaha keluarganya sampai suatu hari ia bertemu dengan Emmy. Emmy adalah pengusaha kue kecil di universitas Danny yang sedang dalam masalah keuangan. Bermodalkan buku resep misterius dari sebuah toko buku antik. Danny harus menghadapi ketidaksukaannya terhadap dunia pastry demi Emmy!"

"1+1=1
Rio dan Bima adalah saudara kembar yang bebeda 180 derajat. Bima adalah anak yang serius mengejar impiannya, sementara Rio adalah anak yang kurang serius dan cuek. Meski begitu mereka berdua memiliki hubungan batin yang kuat. Bima akan merasakan rasa sakit Rio saat kembarannya itu berkelahi. Suatu hari sesuatu terjadi pada Bima. Kini impian dan nama baik Bima yang berprestasi berada di tangan Rio, sang looser, yang memiliki sebuah buku ajaib berhalaman kosong."

Komik oneshot ini merupakan karya komikus lokal kita. Kumpulan dari karya Rie (Ariela Kristantina) dengan judul Gadis Berbau Mentega, Gita (Gita Juwita) dengan judul 1+1=1 dan Zhabeth Aruan dengan judul Genk Rose. Untuk kedua cerita utama komik ini yaitu Gadis Berbau Mentega dan 1+1=1 keduanya memiliki cerita yang bagus dan menghibur serta memiliki nilai tambah karena ada pelajaran hidup yang bisa dipetik.
Gadis Berbau Mentega bercerita tentang Danny, cowok playboy yang tidak suka dengan hal-hal yang berbau kue manis. Karena suatu peristiwa, Danny menjadi sepenuh hati membantu Emmy, pembuat roti yang bekerja sendirian di tokonya. Ada tema time travel dalam cerita ini yang sepintas mengingatkan saya kepada film Indonesia yang berjudul Medley. Kata-kata favorit yang saya suka dari cerita ini adalah 'Orang tidak bisa mati dua kali.. kan?'.
1+1=1 bercerita tentang Rio yang memiliki saudara kembar bernama Bima. Rio adalah pemuda yang cuek sedangkan Bima pemuda yang sangat berkonsentrasi dengan cita-citanya sebagai pro dancer. Terjadi hal yang tidak diinginkan yang membuat Rio harus kehilangan Bima. Rio merasa tidak adil atas kepergian Bima yang dianggapnya memiliki tujuan hidup dan telah bekerja keras demi cita-citanya dibandingkan dirinya yang cuek dan suka bolos sekolah. Sejak itu Rio mencoba menggantikan posisi Bima, berlatih keras sebagai pro dancer demi menjaga impian Bima. Cerita komik ini cukup menyentuh hati tentang kegalauan seorang saudara kembar yang kehilangan saudaranya yang dianggap jauh lebih baik dari dirinya.
Jika diperhatikan antara cerita Gadis Berbau Mentega dan 1+1=1 ternyata memiliki kesamaan yaitu adanya toko buku yang akan memutar-balikkan kehidupan mereka.
Untuk karya terakhir, Genk Rose karena jumlah halamannya yang sedikit jadi lebih terasa sebagai sempilan penggembira saja namun walau begitu ceritanya bisa sedikit menghibur.

Nilai = 9/10
Pengarang  = Rie, Gita, Zhabeth Aruan
Gambar = Rie, Gita, Zhabeth Aruan
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = M&C (Koloni)
Tahun terbit di Indonesia = 2010
Jenis = Drama, Slice of Life
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment