Saturday, March 26, 2016

BEFORE THE EARTH PERISH





"Suatu hari, di hadapan Torako, gadis remaja yang sedang menikmati indahnya masa muda, muncul seorang pria yang mengaku sebagai dewa! Dan dia mengatakan bahwa jika klub basket Torako sampai tidak berhasil memenangkan kejuaraan prefektur, bumi yang mereka tinggali akan hancur!! Inilah jilid pertama dari sebuah kisah cinta, persahabatan, dan bumi yang akan hancur!"

"Torako dkk bergabung dalam klub basket putri SMA Dadakusa yang selama ini santai-santai saja, namun tiba-tiba dihadapkan pada kenyataan bahwa jika mereka tidak berhasil memenangkan turnamen prefektur, bumi ini akan hancur! Begitulah yang dikatakan oleh Kamiya, lelaki yang mengaku sebagai dewa! Meskipun terlihat sebagai Good Looking Guy (GLG), tapi tindak-tanduknya yang mencurigakan membuat Torako dkk sulit untuk mempercayai Kamiya. Kamiya yang marah dengan situasi ini pun mengatakan bahwa jika mereka kalah dalam pertandingan latihan, maka Inggris akan dilenyapkan! Walaupun percaya tidak percaya, pada akhirnya Torako dkk akan segera memulai pertandingan mereka!"

Tokoh utama komik ini adalah Torako Ichinose, siswi manis kelas 2 SMA Dadakusa, pemain basket cadangan yang selalu sukses memasukkan bola 3 poin. Hanya itu saja yang bisa diandalkan darinya di olahraga basket karena selain itu dia lamban dan payah. Cita-citanya setelah lulus SMA sangat sederhana yaitu menjadi pengantin. Aoi Kanetaka, siswa kelas 2 SMA, anggota favorit dari klub rumah tangga secara terang-terangan menyukai Torako dan mengajaknya berpacaran. Torako yang mengidam-idamkan harus punya pacar sebelum lulus menerima Kanetaka sebagai pacarnya. Sementara itu Mitsuyo Hozumi, ketua klub basket putri tengah kebingungan setelah bertemu dengan Kamiya, pemuda tampan yang mengaku sebagai dewa. Kamiya telah memberinya penampakan jika dunia musnah. Mitsuyo segera memberitahukan kepada Torako dkk walau tidak yakin mereka akan percaya. Benar saja mereka tidak percaya kalau Kamiya adalah dewa karena selama ini terlihat sebagai pria yang sembrono walau berwajah ganteng. Untuk meyakinkan Torako dkk, Kamiya menawarkan pertaruhan jika mereka kalah dalam latih tanding maka Inggris akan lenyap.

Pertama yang menggoda saya untuk membaca komik ini adalah karena gambarnya yang unik. Sedangkan untuk ceritanya rada aneh tapi tetap bisa menghibur walau ada bagian yang bisa masuk dan tidak. Temanya absurd yaitu harus menang bermain basket kalau tidak dunia akan musnah. Setelah terbukti Inggris dan semua yang berbau Inggris lenyap, Torako dkk mau tidak mau menjadi serius berlatih basket untuk pertandingan prefektur. Pada pundak merekalah harapan untuk menyelamatkan bumi. Tapi mereka juga harus sadar diri jika kemampuan mereka masih di bawah peserta yang lain. Tidak akan bisa berubah secara instan dan mereka tidak boleh berbuat curang. Jadi strategi apa yang harus mereka persiapkan untuk bisa memenangi pertandingan. Selain cerita basket ada cerita tentang hubungan antara Torako dan Kanetaka. Hubungan yang ceritanya rada absurd karena tingkah laku Kanetaka. Impian Torako agar bisa berpacaran seperti orang lain pada umumnya tidak terwujud karena tingkah Kanetaka yang suka di luar dugaan. Untuk penggemar komik basket jangan berharap menemukan pertandingan basket yang seru. Nikmati saja absurdnya cerita dan kelucuan tentang tekanan terhadap team basket lemah yang harus menjadi kuat, dewa tampan yang sembrono, dan tingkah Kanetaka yang nyeleneh.

Nilai = 8/10
Pengarang  = Yoko Nemu
Gambar = Yoko Nemu
Jumlah Buku = 4 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2014 - 2015
Judul Asli = Toriaezu Chikyu ga Horobiru Mae Ni
Jenis = Comedy, Sports
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment