Sunday, April 3, 2016

MY BRAIDED GIRL, MANO





"Mano, siswi pindahan yang pendiam dan tidak dapat berbaur di kelasnya. Dia menganggap rambut kepangnya sebagai 'sekrup pengontrol' yang selalu membuatnya bersikap tenang. Suatu hari, Noda, cowok playboy yang duduk di sebelahnya, mengetahui kelemahan Mano dan menggunakan itu untuk mengancamnya. Pokoknya, menyebalkan sekali! Tapi... di balik sikap usilnya, kadang Noda begitu perhatian pada Mano. Duh, Mano jadi bingung dibuatnya! Sebenarnya apa maunya Noda, sih?!"

Komik oneshot ini merupakan karya komikus Jepang, Ken Saito. Mendengar nama Ken Saito membuat saya teringat dengan salah satu karyanya Flowers in the Heart yang membuat saya terpesona. Tapi untuk komik jenis oneshot sangat jarang saya menaruh ekspetasi yang tinggi termasuk untuk komik ini. Mari kita simak ringkasan ceritanya sebagai berikut.

Seiji & Mano
- My Braided Girl, Mano
Bercerita tentang Mano, siswi SMU yang tiba-tiba terlihat akrab dengan Seiji Noda, siswa satu kelasnya. Sebenarnya gadis berkepang ini mengikuti keinginan Noda karena terpaksa karena Noda mengetahui 'kecerobohan' yang dibuatnya. Mano merasa tidak nyaman dengan persahabatan yang tidak lazim ini. Dia harus ikut ke sana ke mari bahkan ikut melakukan hal-hal yang dianggapnya bodoh.

- Hanging Garden
Bercerita tentang Mihiro Hoshi, siswi SMP yang dekat dengan Seiji Noda, teman masa kecil sekaligus pacar. Selama ini Seiji selalu melindungi dirinya hingga Mihiro khawatir bagaimana seandainya jika Seiji meninggalkannya. Mihiro bertekad ingin lepas dari ketergantungannya dengan Seiji yang justru malah membuat Seiji merasa bersalah.

- Mano - Extra Story
Bercerita tentang lanjutan kisah Mano yang berusaha ingin menghilangkan ketertarikannya kepada Seiji.

- Rose and Zirconia
Bercerita tentang Satomi, guru matematika SMP yang ketika malam harinya dalam keadaan mabuk memungut anak perempuan yang tengah tidur di tengah bunga mawar di taman. Ketika sadar dari mabuknya, Satomi terperanjat karena anak yang dibawanya sangat mirip dengan Miyu Fujii, cinta pertamanya waktu di SMP. Namanya pun juga sama Miyu Fujii.

- Honesty
Bercerita tentang penyesalan seorang siswa SMA yang telah berkata kasar kepada seorang siswi yang baik dan perhatian kepadanya.

Catatan: Cerita tentang Mano dan Seiji menarik untuk diikuti karena tema 'Pertemanan yang terpaksa'. Mano yang selama ini selalu menutup diri akhirnya bisa membuka diri kepada Seiji. Namun sayangnya endingnya terasa menggantung ketika jalan cerita mulai menarik. Cocoknya cerita seperti ini dijadikan cerita berseri saja. Untuk cerita Rose and Zirconia dan Honesty porsinya lebih pas sebagai cerita pendek karena ditutup tanpa membuat penasaran.

Nilai = 8.5/10
Pengarang  = Ken Saito
Gambar = Ken Saito
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = M&C
Tahun terbit di Indonesia = 2013
Judul Asli = Nejimaki  Mano-san
Jenis = Romance, School Life
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment