Monday, April 4, 2016

49 DAYS





"Adakah tiga orang yang mencintaimu dengan tulus?
Sebuah kecelakaan menyebabkan Shin Ji Hyeon mengalami kematian otak dan koma. Untuk dapat hidup kembali, Ji Hyeon harus mendapatkan 3 tetes air mata murni dari orang-orang yang mencintainya dengan tulus. Arwahnya pun masuk ke dalam tubuh Song Yi Kyeong, wanita yang hidup bagai benda mati karena trauma atas kematian sang kekasih. Tapi, setelah menjalani hidup di tubuh Yi Kyeong, yang didapatkannya justru kenyataan yang pahit."

Komik dari Korea memiliki tokoh utama bernama Shin Ji Hyeon, wanita cantik yang baru saja bertunangan dengan Kang Min Ho. Setelah bertunangan, presiden Jo, ayah dari Shin Ji Hyeon menginginkan mereka untuk cepat menikah karena khawatir mereka berdua akan larut dalam kesibukan. Sang ayah menjadwalkan mereka akan menikah dalam 2 minggu lagi. Tapi sebuah rentetan kecelakaan lalu lintas mengubah impian pernikahan Shin Ji Hyeon. Sebagai arwah, dia menyaksikan dirinya sendiri terluka parah dan jatuh koma. Scheduler, sang penjemput arwah menawarkan kepadanya kesempatan untuk hidup kembali karena namanya tidak ada di dalam daftar. Dalam 49 hari dia harus mencari air mata dari 3 orang yang mencintainya dengan tulus hingga membuatnya pantas untuk hidup lagi di dunia.

Para karakter sinetron 49 Days
Untuk melakukan hal tersebut arwah Shin Ji Hyeon mendatangi Song Yi Kyeong, wanita 28 tahun yang bekerja di mini market. Dia bisa merasuki tubuh Song Yi Kyeong di saat Song Yi Kyeong sedang tidur. Pekerjaan yang tidak mudah karena Shin Ji Hyeon harus memenuhi 3 syarat yang diajukan Scheduler. Pertama, tidak oleh menunjukkan kepada siapapun identitas dirinya baik kata-kata maupun tindakan. Kedua, tidak boleh memberikan sedikitpun petunjuk kepada siapapun baik itu teman, pacar, ayah ataupun ibu. Ketiga, tidak boleh menggunakan uang milik Song Yi Kyeong yang  berarti harus mencari sendiri uang yang diperlukan. Untuk itu Shin Ji Hyeon dengan tubuh milik Song Yi Kyeong melamar kerja di bar milik Han Kang, teman semasa sekolahnya. Ketika tengah mengawasi Kang Min Ho, tunangannya, ingatan tentang kecelakaan yang menimpa dirinya kembali. Penyebab kecelakaannya berhubungan dengan Kang Min Ho dan Shin In Jeong, sahabatnya sendiri yang kedapatan berdua di mobil dan kini mereka bertemu di sebuah hotel. Hati Shin Ji Hyeon hancur mengetahui pengkhianatan yang dilakukan oleh Kang Min Ho dan Shin In Jeong. Mereka berdua bersekongkol untuk merebut perusahaan sang ayah.

Pertemuan pertama antara Shin Ji Hyeon dan Scheduler
Ini adalah pengalaman pertama kali membaca komik Korea berjenis Photo Comic. Komik ini memiliki ukuran yang lebih besar dari komik biasa. Sampulnya didesain dengan sangat bagus dengan memiliki huruf dan gambar timbul. Semua halaman di dalamnya penuh dengan warna. Membacanya lama-lama membuat tangan pegal karena kualitas kertas yang baik serta halaman yang banyak memberi efek lebih berat jika dipegang. Cerita komik ini diambil dari sinteron drama fantasi Korea yang berjudul 49 Days. Setiap gambar di dalamnya diambil dari adegan-adegan dalam sinteron tersebut. Kalau di sinetron menghabiskan 20 episode sedangkan di komik ini dipadatkan selesai dalam 3 jilid. Mungkin itu sebabnya saya merasa ada bagian-bagian yang terasa meloncat. Terus terang saya sendiri belum pernah menonton sinetron 49 Days jadi saya tidak bisa membandingkan secara langsung dengan sinetronnya.

Song Yi Kyeong yang hidup dengan depresi
Cerita drama fantasi dalam komik ini saya acungi jempol karena tergolong bagus. Banyak kejutan yang diberikan oleh karakter-karakter di dalamnya termasuk juga oleh sang Scheduler yang kerap kerepotan karena ulah Shin Ji Hyeon yang manja. Semuanya nanti akan terhubung dan saling berkaitan hingga tanpa terasa membuat saya jadi meleleh. Cerita yang menyentuh hati menyaksikan arwah Shin Ji Hyeon yang berusaha untuk bisa hidup kembali. Masuk ke dalam tubuh Song Yi Kyeong yang ternyata memiliki problema hidup. Song Yi Kyeong hidup dalam keterpurukan setelah ditinggal mati Song Yi Soo, kekasihnya. Shin Ji Hyeon menyadari ternyata tidak mudah mencari 3 air mata yang tulus untuk dirinya. Akhirnya dia lebih memilih untuk menolong sang ayah dari pengkhianatan Kang Min Ho serta membantu Song Yi Kyeong agar tetap bisa tegar melanjutkan dan menghargai hidupnya sendiri.

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = So Hyeon Gyeong
Gambar = Mun In Ho
Jumlah Buku = 2 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2012
Jenis = Drama, Fantasy, Romance
DQ Review Komik


Contoh Gambar

1 comment: