Friday, April 22, 2016

PROJECT X - SHINKANSEN - THE TENACITY OF SHINKANSEN'S INVENTION





"Pengembangan kereta cepat, Shinkansen, diawali dengan tekad seorang mantan tentara perang yang ingin menciptakan alat transportasi yang dapat memberikan kedamaian di Jepang. Setelah dilakukan penelitian selama bertahun-tahun dan dengan banyaknya hambatan dari banyak pihak, akhirnya Shinkansen yang diimpikan lahir. Dengan pencapaian rekor kecepatan, kereta cepat ini telah memberi kejutan luar biasa pada perkembangan teknologi dunia. Dan kini, Shinkansen telah menjadi kebanggaan masyarakat Jepang dan juga merupakan ikon kemajuan teknologi dunia."

Kereta cepat, Shinkansen
"Pada 30 Maret 1963, sistem kereta baru di Jepang, Shinkansen, mencapai kecepatan 256 km/jam dalam uji cobanya. Ini adalah rekor kecepatan darat yang sangat signifikan pada era di mana banyak orang mengira kereta api sudah tamat riwayatnya karena kerap terjadi kecelakaan dan kalah cepat dengan pesawat terbang dan mobil. Shinkansen menjadi sarana transportasi cepat yang membawa pekrja antar kota dan mendukung kegiatan ekonomi dalam negeri Jepang. Angkutan massal ini bisa bekerja lebih effesien, bahkan menawarkan kenyamanan dan kecepatan serta harga yang bisa bersaing dengan pesawat terbang. Tetapi, untuk mewujudkan salah satu ikon teknologi modern bangsa Jepang ini, ternyata membutuhkan waktu yang sangat panjang. Bukan hanya untuk pengembangannya, tetapi juga menghadapi berbagai kondisi dalam dunia perkereta-apian. Di balik kesuksesan yang akhirnya dicapai, para tokoh yang berjuang gigih tanpa kenal menyerah, akhirnya nama mereka nyaris tidak pernah terdengar. Mereka adalah para teknisi mantan Angkatan Laut Kekaisaran yang ingin memanfaatkan pengetahuannya demi membangun kembali negeri yang hancur oleh peperangan."

3 Insinyur Veteran Jepang
"- Tadanao Miki, mantan perancang pesawat tempur yang berambisi untuk membuat kereta yang ringan dan cepat, meski saat itu para teknisi senior perkereta-apian menganut pandangan yang berkebalikan.
- Tadashi Matsudaira, mengajukan rancangan suspensi untuk mengurangi getaran yang mengakibatkan banyaknya kecelakaan kereta di Jepang, padahal orang lain menganggap kecelakaan itu sebagai rancangan rel yang tak bisa diapa-apakan lagi.
- Hajime Kawanabe, ahli komunikasi yang tetap melanjutkan dan membawa kembali sistem komunikasi otomatis yang dia kembangkan bahkan setelah dikeluarkan dari Pusat Penelitian Teknologi Kereta Api."

Komik ini merupakan salah satu seri dari komik Project X series yang berisikan penemuan-penemuan yang tidak pernah terbayangkan atau  tidak terduga dari Jepang. Terobosan baru yang akan mempengaruhi dan menginspirasi dunia untuk memakai atau mengikutinya. Komiknya dikemas dengan bagus dengan sampul yang seolah-olah menjadi sampul lipat dan memiliki huruf timbul. Membaca komik Project X pembaca akan mendapat tambahan pengetahuan sejarah dan motivasi semangat untuk tidak mudah menyerah.

Para karakter komik ini
Berawal dari reuni tiga sahabat Tadanao Miki, Tadashi Matsudaira dan Hajime Kawanabe pada usia senja setelah selama 50 tahun tidak bertemu. Mereka bertiga mengenang masa-masa kebersamaan saat terlibat dalam pengembangan Shinkansen (kereta peluru). Diawali dari tahun 1945 ketika Jepang dalam kondisi buruk akibat kalah perang. Salah satu yang penting untuk merekonstruksi negara Jepang di bidang transportasi adalah kereta api. Masalah yang harus dipecahkan oleh Tadashi Matsudaira adalah masalah anjloknya kereta api yang disebabkan oleh vibrasi yang terjadi ketika kecepatan kereta bertambah. Tadanao Miki berpikir untuk menebus kesalahannya dengan membuat kereta cepat di masa damai. Setelah sebelumnya di jaman perang dia dipaksa untuk membuat pesawat terbang militer yang telah banyak membawa korban jiwa. Hajime Kawanabe, salah satu insinyur yang pindah dari militer, kehilangan pekerjaan hingga keluarganya menjadi miskin dan tuna wisma. Tahun 1957 mereka bertiga bertatap muka di sebuah penginapan di Atami. Mereka diundang untuk membicarakan isi seminar yang diusulkan oleh Shinohara, Kepala Pusat Penelitian yang baru. Tadanao Miki menyampaikan penelitiannya dalam membuat kereta api dengan bentuk aerodinamis, ringan hingga bisa meningkatkan kecepatan dengan signifikan. Tadashi Matsudaira menyampaikan penelitiannya dalam memecahkan masalah vibrasi dengan membuat bodi kereta yang berfungsi meredam vibrasi. Hajime Kawanabe menyampaikan penelitiannya menghentikan kereta secara otomatis dengan menggunakan sinyal audio frekuensi. Dalam pengembangan Shinkansen, masalah demi masalah mereka hadapi bersama dengan orang-orang yang mendukung mereka. Pengorbanan demi pengorbanan mereka jalani bersama sampai pada akhirnya tanggal 1 Oktober 1964, setelah melalui pengembangan dan pembuatan selama 5 tahun, Tokaido (Jalur Timur) Shinkansen diresmikan.

Perkembangan Shinkansen dalam foto
Jenis-jenis Shinkansen

Nilai = 9/10
Pengarang  = NHK Project X Production Team
Gambar = Noboru Rokuda
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2011
Judul Asli = Project X Challengers Shuunen Ga Unda Shinkansen
Jenis =  Documentary, Historical
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment