Friday, October 10, 2014

THE CURSED





"Kevin, Lia, Mia, Andy, dan Bernard adalah sahabat yang tiap tahun pasti melakukan road-trip bersama. Namun Kevin merasa road-trip mereka kali ini terasa... agak aneh. Mulai dari firasatnya yang penuh darah, tersesat di hutan yang asing, sampai kota kecil yang tak pernah dilewati Bernard. Padahal tak ada kota kecil yang belum pernah disinggahi Bernard sebelumnya. Mereka sama sekali tak menyadari kekuatan gelap tengah menggiring mereka ke sebuah jebakan maut!"

Komik ini merupakan karya komikus lokal kita. Bercerita tentang sekumpulan sahabat yang tengah menjalani road-trip. Perjalanan kali ini dliputi perasaan tidak enak. Kevin bermimpi telah menembak kepala Lin. Sedangkan Bernard merasa aneh dengan pom bensin dan kota kecil yang tiba-tiba ada di jalur hutan yang sering dilewatinya. Karena mobil yang mereka tumpangi mengalami kerusakan, mereka mampir di kota tersebut. Menunggu perbaikan selesai dengan beristirahat di sebuah penginapan. Peringatan datang dari pelayan penginapan yang meminta mereka semua segera pergi agar tidak celaka. Namun peringatan tersebut tidak ditanggapi dan mereka semua pergi berkeliling kota untuk refreshing.
Ketika malam tiba, warga kota mulai bertingkah laku aneh layaknya seperti zombie. Mereka menyerang membabi buta dengan ganas. Dari pengakuan pelayan yang telah memperingatkan mereka didapat informasi bahwa kota yang mereka singgahi ini adalah kota terkutuk. Semua warga kota adalah penyembah setan dan menginginkan kelima sahabat itu untuk dikorbankan. Namun waktu pengorbanan ada waktunya. Jika mereka mampu bertahan sampai matahari terbit maka mereka akan selamat. Tapi mampukah mereka semua bertahan menghadapi kepungan makhluk-makhluk yang mengerikan ini?

Kalau nama pengarang dan penerbitnya di sembunyikan mungkin saya sudah menganggap komik ini buatan luar. Karena kualitas gambarnya sangat bagus tidak seperti kebanyakan komik lokal. Ditambah setan-setan yang ditampilkan disini menyerupai setan luar seperti zombie dan monster kepala kambing. Komik ini berhasil membawa ketegangan dan rasa seram yang mencekam kepada pembaca. Dari segi cerita komik ini memiliki potensi besar menjadi salah satu komik horror Indonesia yang terbaik. Walau elemen ceritanya sudah tidak original lagi karena pernah ditemui di film atau video game. Hanya saja ada bagian yang membingungkan bagi saya di akhir cerita. Pembaca disuguhkan beberapa lembar gambar-gambar tanpa ada kejelasan info atau balon cerita yang menerangkan apa yang sudah terjadi. Seakan-akan pembaca diminta menyimpulkan sendiri akhir ceritanya. Karena saya kebanyakan mengira bisa begini begitu akhirnya jadi multi tafsir yang membuat saya bingung sendiri.

Nilai = 9/10
Pengarang  = Felix Setiawan
Gambar = Felix Setiawan
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = M&C (Koloni)
Tahun terbit di Indonesia = 2013
Jenis = Horror, Mystery
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment