Friday, October 3, 2014

LADY & THE SEA





"Bercerai dari suaminya, jiwa dan raga Ryouko hancur. Bersama putranya, Kai, dia pulang ke kampung halaman. Bersandar pada orangtuanya, berusaha menyembuhkan luka hati...."

Bercerita tentang Ryouko, janda 28 tahun yang fisik dan mentalnya terpukul setelah bercerai dengan suaminya. Untuk menyembuhkan lukanya, Ryouko pulang ke kampung halamannya dengan membawa Kai, putranya yang berusia 9 tahun. Berkumpul kembali dengan sang ayah yang dulu menentang pernikahannya dan sang ibu yang begitu perhatian kepadanya. Keluarga yang hangat memberikan semangat dan kekuatan baru kepada Ryouko untuk memulai hidup yang baru.

Tidak disangka ternyata komik 2 jilid dengan tema drama keluarga ini memiliki cerita yang bagus, bisa membawa tawa, sedih dan rasa bahagia. Cerita tentang keluarga yang memiliki hubungan yang unik. Status Kai sebenarnya bukanlah anak kandung Ryouko tapi Kai lebih memilih ikut bersama Ryouko karena kecewa dengan sang ayah yang berselingkuh dengan wanita lain. Di kampung halaman, ibu dari Ryouko juga bukanlah ibu kandung melainkan ibu tiri namun begitu baik dan sangat perhatian kepada Ryouko. Kehadiran Kuniyoshi, adik laki-laki Ryouko yang juga dimutasi kerja pindah ke kampung halaman membuat pertemuan kembali keluarga semakin ramai.
Kakek dan Kuniyoshi bergantian mengajak Kai bermain hingga Kai merasa sangat nyaman dan tidak canggung walaupun sebenarnya tidak ada hubungan darah antara mereka. Ryouko pun mulai bekerja sebagai pegawai kontrak di kantor pelabuhan ikan. Sebagai janda yang cantik, Ryouko tidak luput dari godaan laki-laki. Salah satu laki-laki yang serius menyukai Ryouko adalah Tonpira / Kizaemon, tuan muda dari Perusahaan Perikanan Hirato yang menguasai bisnis 2/3 perikanan di sini. Satu hal yang lucu di komik ini ketika Kizaemon meminta izin kepada Kai untuk menikah dengan Ryouko yaitu dengan menggunakan sandi morse dan Kai pun menjawabnya dengan sandi morse juga.
Jika dilihat dari judul aslinya Umi Wo Mite Ita Inu berarti ada tokoh lain di komik ini yaitu seekor anjing (inu). Makanya di komik ini diselipkan juga cerita dari sudut pandang seekor anjing bernama Umizou yang memiliki kebiasaan memandang laut. Anjing yang sebelumnya banyak mengalami kekecewaan bersama manusia akhirnya bertemu dengan sang kakek dan diajak pulang untuk menjadi bagian dari keluarga yang hangat ini.

Nilai = 9/10
Pengarang  = Miwa Abiko
Gambar = Miwa Abiko
Jumlah Buku = 2 (tamat)
Penerbit = M&C
Tahun terbit di Indonesia = 2010
Judul Asli = Umi Wo Mite Ita Inu
Jenis = Drama, Slice of Life
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment