Monday, October 27, 2014

ROCKMAN EXE





"Di masa depan, setiap orang terhubung dengan komputer. Netto, seorang anak kelas 5 SD, mempunyai teman Net Navi bernama Rockman. Suatu kali, dunia komputer diserang virus berbahaya yang mencelakai teman-teman Netto. Bersama Rockman, Netto berusaha membasmi virus-virus tersebut."

"Netto Hikari siswa SD kelas 5 yang terpikat pada net battle. Sobatnya Net Navi Rockman. Mereka saling bicara dan bertempur bersama dalam komputer dengan menggunakan cyber net. Suatu hari, mereka mengetahui kalau komputer sekolah, diambil alih oleh organisasi kejahatan WWW (world three). Merasa bahwa Meiru, Dekao dan kawan-kawan dalam bahaya, mereka plug in ke dalam komputer sekolah dan menantang algojo dari WWW. Melawan musuh kuat, Netto dan Rock sempat terjepit. Tapi berkat 'Full Synchro', penyatuan kekuatan mereka secara menyeluruh, mereka berhasil lolos dari bahaya dan menghancurkan musuh. Wakil inspektur polisi Oda yang menemukan kemampuan sejati Netto, berpikir kalau anak ini bisa bertempur melawan WWW. Ia memberinya official license untuk battle."


Komik ini mengambil latar belakang ketika teknologi dunia semakin maju. Di mana umat manusia hidup dengan segala-galanya diatur dengan komputer. Di masa itu sudah lazim orang-orang menggunakan PET (Personal Terminal) seperti portable PC yang bisa dibawa kemana-mana. Dengan PET, orang di seluruh dunia terhubung dengan network (jaringan). Tidak terkecuali dengan Netto Hikari, siswa kelas 5 SD yang juga memiliki PET. Di dalam PET-nya terdapat Net Navi, karakter dengan kepribadian tiruan untuk navigasi bernama Rockman. Netto sangat antusias dengan net battle dan selalu ingin mengadu kekuatan melawan Net Navi yang lebih kuat. Di masa tersebut kejahatan datang menyerang melalui jaringan seperti serangan virus terhadap thermostat (alat pengukur suhu otomatis) SD Akihara yang mengakibatkan terjadinya kebakaran. Untuk menyelamatkan para sahabatnya, Netto segera melakukan plug in ke dalam jaringan sekolah dan meminta Rockman menghabisi virus-virus jahat tersebut. Kemampuan Netto yang hebat dalam net battle menarik perhatian wakil inspektur Oda, seksi Investigasi Cyber. Netto diberikan kualifikasi official net battler untuk melawan WWW, sebuah organisasi kejahatan kejam yang bermaksud menguasai cyber world dengan melakukan net terror. Selain Netto ada juga anak lain yang sudah lebih dahulu direkrut membantu kepolisian. Dia adalah Enzan Ijuin dengan Net Navi bernama Blues yang memiliki kemampuan hebat dan menjadi rival baru bagi Netto dan Rockman.

Akhir pekan ini saya mencoba membaca komik yang saya kumpulkan untuk Diqi dan ketemulah komik Rockman Exe ini. Untuk ukuran komik anak-anak, cerita didalam komik ini cukup seru. Banyak pertarungan yang membuat saya penasaran dengan hasil akhirnya. Lawan-lawan yang dihadapi Netto dan Rockman semakin lama semakin kuat sampai akhirnya mereka bertemu dengan Forte, Navi terkuat dari Dunia Belakang. Netto dan Rockman tidak sendirian menghadapi lawan-lawan yang kuat, mereka dibantu oleh para sahabat yang rela meminjamkan kekuatan-kekuatannya. Seiring itu juga kemampuan Netto dan Rockman terus berkembang untuk bisa menyelamatkan dunia dari kehancuran.
Membaca komik ini membuat ingatan saya kembali ke masa SD-SMP. Rockman atau dikenal juga sebagai Megaman untuk versi Amrik menjadi salah satu game favorit saya di NES. Yang menarik dari game keluaran Capcom ini adalah karena tingkat kesulitannya yang tinggi dan permainannya yang seru. Rockman terlebih dahulu harus mengalahkan semua robot master ciptaan dr. Willy. Setelah berhasil mendapatkan semua kemampuan robot master barulah Rockman benar-benar siap berhadapan dengan dr. Wily. Namun komik ini bukanlah adaptasi dari seri-seri awal game Rockman melainkan dari game Battle Network Rockman Exe yang hadir di handheld GBA.

Nilai = 8/10
Pengarang  = Ryou Takamisaki
Gambar = Ryou Takamisaki
Jumlah Buku = 13 (tamat)
Penerbit = M&C
Tahun terbit di Indonesia = 2005 - 2007
Jenis = Action, Sci-fi
DQ Review Komik


Contoh Gambar

2 comments:

  1. bang punya recommend toko pnjual komik bkas di blok M , nga n rata2 harga komik2 bekas disana berapa Rp? n bisa kasih tips2/trik belanja disana..gitu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah 1 tahun belum ke blok m lagi..
      utk toko yg direkomen dari pintu masuk depan langsung ke basement.. di sebelah kiri ada toko obat.. cek bagian belakang toko obat ada penjual namanya Aris dia punya beberapa t4 disana.. harga komik rata2 yg cabutan 5rban.. kalau beli banyak bisa minta diskon..

      Delete