Monday, August 24, 2015

MY LITTLE AINIA





"'Tahukah kamu, dua bekas alur berwarna gelap di pipi cheetah itu datangnya dari mana?' 'Menurut legenda, itu adalah bekas air mata karena cheetah sedih mengenang ibunya.' Sama dengan Jacky, ia ditinggal mamanya sejak kecil. Kini Jacky hidup hanya dengan papanya yang bekerja di Pusat Konservasi Cheetah. Saat menemani papanya, tanpa sengaja Jacky menemukan bayi cheetah. Diam-diam Jacky membawanya pulang dan ia namakan bayi cheetah itu Ainia."

Komik ini merupakan karya dari komikus Taiwan, Li Ann. Bercerita tentang persahabatan antara anak laki-laki dan binatang cheetah. Tokoh utama komik ini adalah Jacky, anak laki-laki yang hanya tinggal bersama sang ayah setelah sang ibu meninggal karena 'kecelakaan'. Sang ayah bekerja di Pusat Konservasi Cheetah membuat Jacky merasa dekat dengan cheetah-cheetah yang dirawat di sana. Jacky mencoba meminta kepada sang ayah untuk merawat bayi cheetah namun tidak diizinkan karena menurut sang ayah, cheetah lebih baik hidup di alam bebas untuk mempertahankan insting liar mereka. Ketika diajak pertama kali oleh sang ayah bertugas ke padang rumput secara tidak sengaja Jacky menemukan bayi cheetah yang terpisah dari induknya. Tanpa sepengetahuan sang ayah, Jacky membawa bayi cheetah tersebut pulang ke rumah dan mencoba untuk merawatnya. Bayi cheetah kecil itu diberi nama Ainia yang berarti 'bekas air mata' oleh Jacky. Nama yang diambil dari cerita tradisional tentang cheetah dari kelompok suku tertentu di Afrika.
Dari gambar covernya yang bernuansa ceria saya menduga komik ini ditujukan untuk pembaca anak-anak. Jadi saat membacanya saya tidak memasang ekspetasi lebih. Tapi setelah selesai membacanya ternyata ceritanya melebihi apa yang saya bayangkan. Persahabatan antara anak laki-laki dan binatang cheetah disajikan dengan bagus. Cheetah, binatang yang liar bisa menjadi sahabat yang baik terhadap manusia. Namun seberapa lama-kah persahabatan yang tidak biasanya itu bisa bertahan. Cerita komik ini memberikan cerita yang ceria sekaligus cerita yang bisa mengharu-birukan dan menyentuh hati. Pantas saja komik ini diganjar penghargaan 2008 Outstanding Comic Awards di negara asalnya, Taiwan.

Nilai = 9/10
Pengarang  = Li Ann
Gambar = Li Ann
Jumlah Buku = 2 (tamat)
Penerbit = M&C
Tahun terbit di Indonesia = 2014
Judul Asli = Me & My Ainia
Jenis = Drama, Slice of Life
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment