Monday, September 7, 2015

T.R.A.P.





"Seorang pemuda hilang ingatan yang ditemukan sedang berdiri di pinggir pantai dan sebuah klub sepak bola yang berada di ambang kehancuran karena kehilangan salah satu pemain terbaiknya. Pemuda misterius yang memiliki teknik mengagumkan itu bernama Kain Amakusa, dan di sinilah bermula kisahnya yang mendebarkan dalam dunia sepakbola!"

"Saat klub sepak bola SMA Perguruan Izanami dalam kondisi tidak menentu semenjak kematian Masaki, pemain unggulannya, muncullah Kain Amakusa, seorang murid pindahan misterius yang kehilangan ingatannya. Walau tidak dapat mengingat masa lalunya, Kain dapat menunjukkan teknik bermain sepak bola yang tidak kalah dengan Masaki di hadapan seluruh anggota klub tersebut. Di tengah keterkejutan itu, para anggota klub tetap menerima Kain sebagai anggota kesebelas. Kemudian dimulailah pertandingan penyisihan tingkat wilayah di mana SMA Peguruan Izanami berhasil memenangkan pertandingan pertamanya dengan gemilang..."

Komik ini bercerita tentang Kain Amakusa, remaja yang tengah kehilangan ingatan. Kain tinggal bersama ibu guru Shion Amakusa yang menganggap dirinya sebagai saudara jauh yang tengah dititipkan. Di sekolah yang baru SMA Izanami, Kain merasa familiar dengan sepak bola dan secara spontan ikut bermain dengan klub sepak bola yang terancam dihentikan. Kemampuan sepak bola Kain mengingatkan para anggota klub terhadap Hideomi Masaki, siswa SMA Inazami yang memiliki teknik bermain sepak bola yang tinggi namun telah meninggal akibat kecelakaan. Kematian Masaki inilah yang membuat klub sepak bola kehilangan motivasi untuk bermain terutama pada sang kapten, Akira Igarashi. Masuknya Kain membawa harapan baru terhadap klub sepak bola untuk bangkit kembali. Tanpa disadari oleh Kain, kematian Masaki ternyata berhubungan dengan misteri ingatannya yang hilang.

Dari sinopsisnya saya mengira komik ini adalah komik sepak bola. Saya pun tambah yakin dengan judulnya T.R.A.P. Apakah mungkin bercerita tentang adu kemampuan menjebak lawan seperti jebakan offside. Setelah membacanya ternyata salah. Tema sepak bola di komik ini bukan tema utama tapi hanya sebagai pendukung saja. Tema utamanya adalah tentang kemampuan ESP (Extra Sensory Perception) dan Kain Amakusa termasuk seorang Esper (orang yang memiliki kemampuan ESP). Kemampuan Kain adalah bisa membaca pikiran orang lain. Karena kemampuan itulah dia menjadi hilang ingatan dan dicari-cari oleh organisasi Florista dari Brazil dan pemerintahan Amerika. Komik ini memiliki gambar yang bagus namun dari segi cerita terasa tanggung. Ada sepak bolanya tapi tidak penuh seakan ditinggalkan. Sedangkan tema utamanya tentang anak-anak yang memiliki kekuatan ESP memiliki penyelesaian yang terasa dipadatkan. Tamat di jilid 6 dengan menyisakan beberapa bagian yang masih menjadi tanda tanya dan ketidak-puasan seperti alasan penyebab kenapa Masaki meninggal juga aksi detektif kepolisian Jepang yang hanya sampai disitu saja. 

Nilai = 8.5/10
Pengarang  = Eco Yamatoya
Gambar = Eco Yamatoya
Jumlah Buku = 6 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2013 - 2014
Jenis = Sports, Supernatural
DQ Review Komik 


Contoh Gambar

1 comment:

  1. Berusaha menggarap dua tema sekaligus(sepakbola dan esp) malah bikin ceritanya jadi tanggung..sayang sekali si pengarang nggak total membahas tentang sepakbola aja padahal kayaknya dia cukup paham tentang strategi dan teknik sepakbola

    ReplyDelete