Tuesday, August 4, 2015

MYSTERY OF RUSSIAN TEA





"Seorang pengarang lagu yang sedang naik daun, terbunuh setelah minum teh Rusia yang mengandung Potanium Sianida. Orang-orang yang ada di tempat kejadian ternyata punya dendam pada sang korban. Siapa gerangan yang telah memasukkan racun ke dalam teh? Dan lagi, ke manakah lenyapnya wadah racun itu?! Seorang 'Clinical Criminologist', Hideo Himura dan seorang penulis cerita misteri Arisu Arisugawa, bekerja sama dalam memecahkan berbagai trik lihai oleh para pelaku!"

Komik dengan genre detektif ini mempunyai 2 tokoh utama yaitu Hideo Himura, asisten profesor fakultas ilmu sosial di universitas Eito, spesialisasi ilmu sosiologi kriminal dan Arisu Arisugawa seorang penulis kisah misteri. Mereka berdua kerap diundang oleh kepolisian untuk membantu memecahkan kebuntuan sebuah kasus.
Komik oneshot ini memiliki 4 cerita yaitu Mystery of Russian Tea, Encryption of Zoo, Waterfall of Flesh Eating dan Cat, Rain and an Associate Professor. Hanya 3 cerita pertama yang layak disebut cerita detektif sedangkan cerita terakhir hanya cerita tambahan yang tidak berhubungan dengan kasus pembunuhan. Mystery of Russian Tea bercerta tentang kasus pembunuhan seorang pengarang lagu setelah meminum teh Rusia. Encryption of Zoo bercerita tentang kasus pembunuhan petugas pemeliharaan kebun binatang. Waterfall of Flesh Eating bercerita tentang kasus pembunuhan orang tua berusia 71 tahun yang diduga bunuh diri jatuh dari tebing yang curam. Ketika membaca cerita kedua Encryption of Zoo, saya merasa ada yang kurang. Biasanya ada interaksi antara detektif dan pelaku hingga pelaku terpojok karena bukti-bukti namun hal tersebut tidak ada dimana cerita langsung berhenti setelah mereka berhasil menarik kesimpulan siapa pelakunya. Mungkin saja ini disebabkan keterbatasan jumlah halaman karena dalam satu komik dijejali dengan 3 cerita atau memang seperti itu konsep dari sang pengarang. Walau begitu tetap saja merasa puas menikmatinya terutama ketika mengetahui trik pelaku yang diluar dugaan juga saat melihat aksi Hideo Himura yang terlihat dingin saat menghujani pertanyaan-pertanyaan hingga membuat sang pelaku terdesak.

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Alice Arisugawa
Gambar = Ellie Mamahara
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = M&C
Tahun terbit di Indonesia = 2014
Judul Asli = Rinsho Hanzaigakusha Himura Hideo no Field Note Russia Kocha no Kazo [Shinsouban]
Jenis = Mystery, Psychological
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment