Tuesday, May 12, 2015

PENDEKAR SAMBER GLEDEK





"Komik ini berkisah tentang pendekar silat bernama Samber Gledek yang kehilangan jati diri, lupa ingatan. Artinya dia lupa kalau punya ingatan, atau hanya ingat bahwa dirinya pernah punya jati diri. Melalui petualangan yang konyol, akhirnya dia berhasil mengembalikan ingatannya yang selama ini entah dipinjam siapa."

Komik ini merupakan karya komikus lokal kita, kolaborasi antara sang pengarang, Kelik Pelipur Lara, seorang pelawak veteran dari Yogya dan sang komikus, Bambang Shakuntala. Komik ini memiliki ukuran yang lebih besar dari komik Jepang biasanya dan memiliki halaman yang penuh warna. Dari segi gambar patut diapresiasi karena gambarnya yang unik dan bagus. Sedangkan dari segi cerita karena lebih menekankan pada kelucuan-kelucuan saja, jalan cerita menjadi tidak kuat, sederhana, absurd dan jangan heran jika terkadang muncul sesuatu yang tidak nyambung. Contoh ketika ada wasit sepak bola, Batman dan Zorro, tokoh-tokoh yang seharusnya tidak nyasar di zaman tersebut. Penekanan kelucuan disajikan dari gambar seperti tingkah laku para pendekar yang rada konyol. Selain itu juga dari permainan kata-kata dan plesetan yang lumayan banyak dan menghibur seperti ketika Batman berkata 'Are you ready Zorro?' dan Zorro balik bertanya 'I've ready, merk batere, kan?'. Mudeng khan maksud plesetannya?.
Komik ini tamat dalam 2 jilid dan begitu singkat saya membacanya jadi wajar jika saya merasa ceritanya kurang panjang. Tetapi saya mencoba memaklumi seperti yang tertulis dalam komik ini. 'Percaya atau tidak, pokoknya ceritanya begitu... terserah Sutradalang...". Ampun pak Sutradalang.

Nilai = 8.5/10
Pengarang  = Kelik Pelipur Lara, Bambang Shakuntala
Gambar = Bambang Shakuntala
Jumlah Buku = 2 (tamat)
Penerbit = Sahabat
Tahun terbit di Indonesia = 2012
Jenis = Comedy, Martial Arts
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment