Thursday, May 14, 2015

LINEAGE





"Pangeran Depardeu adalah cucu Raja Decon, raja kerajaan Aden. Sepeninggal ayahnya, kehidupan pangeran Depardeu berubah. Dia harus bertahan hidup dari berbagai upaya jahat yang dilakukan ayah tirinya. Depardeu kecil tumbuh dengan tekad membalas kesewenang-wenangan yang telah dilakukan padanya."

"Cerita ini bermula dari zaman berakhirnya kekuasaan King Decon yang bijaksana di kerajaan Aden, kakek dari raja Depardeu. Dia dijuluki Raja Decon yang bijaksana, tapi dia selalu khawatir karena sering terjadi penyerbuan dari luar. Lima orang putranya telah tewas di peperangan yang terus menerus terjadi. Dan suatu hari, bagaikan keajaiban muncullah seorang prajurit yang berani mengakhiri peperangan. Ksatria itu bernama Duke Dephil. Dia seorang prajurit yang gagah berani dalam perang. Memiliki rambut merah dan dijuluki Lion. Dia menjadi pahlawan di antara pahlawan. Raja Decon mengangkatnya sebagai anak angkat dan dijodohkan dengan putri tunggalnya Gadria. Tapi raja baru Aden, Duke Dephil tiba-tiba meninggal dunia belum sampai 5 tahun menjadi raja. Pada hari meninggalnya Duke Dephil, hujan turun sepanjang hari dan udara panas disertai kilat dan petir. Lalu, datanglah seorang kstaria, Ken Rauhel namanya. Dia mengaku sebagai keponakan raja Duke Dephil. Ken Rauhel pada saat itu dia berumur 18 tahun. Singkat cerita, Gadria yang masih muda menjadi janda dan ibu jatuh cinta pada pandangan pertama dengan ksatria yang lebih muda darinya yaitu Ken Rauhel. Sesungguhnya itu cinta pertama baginya. Karena pernikahannya dengan Duke Dephil yang 20 tahun lebih tua darinya atas perintah ayahnya. Pria tampan dan memiliki daya tarik luar biasa membuat Gadria tak berdaya. Kemudian menikah dengannya dan menjadi raja menggantikan pangeran yang masih kecil. Dia disebut orang-orang sebagai raja palsu. Raja tapi bukan raja atau raja hitam di kemudian hari, Ken Rauhel. Karena orang inilah kesengsaraan Duke Dephil muda (pangeran Depardeu) dimulai."

Demikianlah intro cerita yang cukup panjang dari komik karya komikus Korea yang mengambil tema klasik tentang perebutan kekuasaan kerajaan. Tokoh utama komik ini adalah pangeran Depardeu, pemuda berambut merah yang semenjak usia 3 tahun sudah diasingkan oleh ibunya, ratu Gadria. Pengasingan dilakukan atas saran penyihir Hadin, salah satu lima saudara angkat Duke Nephil yang khawatir dengan keselamatan Depardeu jika harus tinggal bersama Ken Rauhel, ayah tirinya yang haus akan kekuasaan.
Ketika Depardeu berusia 9 tahun, Ken Rauhel memerintahkan pasukan Ksatria Hitam untuk menyerang tempat tinggalnya bersama keluarga paman Balsen. Berkat pengorbanan paman Balsen dan keluarganya, Depardeu berhasil diselamatkan oleh Ksatria Bulan Gillien. Kemudian satu persatu saudara angkat Duke Nephil dihabisi oleh penyihir Kerenis, kekasih gelap dari Ken Rauhel. Kehilangan orang-orang terdekat membuat Depardeu menyadari dirinya memikul tanggung jawab yang besar sebagai keturunan raja. Dia bertekad untuk merebut kembali tahta kerajaan dari tangan Ken Rauhel. Depardeu berlatih di tempat persembunyian di sebuah pulau untuk menjadi ksatria sejati di bawah bimbingan Kunte, ksatria merah yang tidak pernah terkalahkan di masanya. Setelah 6 tahun lamanya berlatih, Departeu berhasil lulus sebagai ksatria. Dengan ditemani sahabatnya yang juga seorang penyihir bernama Jou, Depardeu berangkat memenuhi takdirnya. Bertemu dengan lima bintang pelindung dan berjuang bersama untuk merebut kembali haknya sebagai raja kerajaan Aden.

Depardeu, Joe dan Penyihir Hadin
Sebelumnya saya pernah membaca komik karya Shin Il Sook lain yang berjudul Four Daughters of Armian yang memiliki cerita yang cukup komples dan padat tapi bagus. Komik Lineage ini hadir dengan cerita yang tidak sekomplek Four Daughters of Armian namun ceritanya tetap seru dan memikat. Dalam 2 hari saya menamatkan membaca 10 jilid komik ini. Narasi penuturan ceritanya sangat nyaman untuk dibaca. Ceritanya tidak ribet walau ada bagian ceritanya yang sengaja dilewatkan namun nanti di titik tertentu akan bertemu dan ada penjelasannya. Latar belakang Ken Rauhel pun akan dijelaskan sehingga membuat pembaca tahu sebabnya mengapa dia menjadi seseorang yang haus akan kekuasaan. Salah satu karakter yang sudah mencuri perhatian saya dari awal adalah karakter Jou, penyihir periang sahabat Depardeu. Tanpa disadari dirinya sendiri, Jou memiliki kemampuan menggunakan ilmu sihir yang hebat dan selalu beruntung. Penyebabnya menurut penyihir Hadin karena Jou dilahirkan di bawah bintang keberuntungan. Kelak Jou akan menjadi salah satu tokoh penting dalam perjuangan Depardeu.

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Shin Il Sook
Gambar = Shin Il Sook
Jumlah Buku = 10 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2005 - 2006
Jenis = Adventure, Drama, Fantasy, Historical
DQ Review Komik 


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment