Tuesday, December 1, 2015

HOMUNCULUS





"Susumu Nakoshi adalah gelandangan di Jepang yang selalu tidur di dalam mobilnya. Suatu saat, dia mendapat tawaran dari seseorang yang mengaku sebagai mahasiswa kedokteran bernama Manabu Ito. Manabu akan memberi uang sebesar 700 ribu Yen asal dia bersedia tengkoraknya dilubangi! Jika dilubangi, maka indera keenam Susumu Nakoshi akan bangkit. Eksperimen yang lebih dikenal dengan nama Trepanation inilah yang akan membawa perubahan psikologis dan spiritual pada kehdupan Susumu... Pengalaman baru apakah yang menanti Susumu setelah melalui operasi ini?"

Posisi tidur Susumu yang
selalu meringkuk dengan mengisap ibu jempol
Bercerita tentang Susumu Nakoshi, pria 34 tahun yang hidup sebagai gelandangan. Sengaja tinggal di dalam mobil yang diparkir antara tempat yang sangat kontras berlawanan yaitu taman tempat berkumpulnya geladangan dan hotel mewah. Mahasiswa kedokteran, Manabu Ito, 22 tahun, tiba-tiba menawarinya untuk dijadikan bahan eksperimen operasi Trepanation dengan tawaran uang sebesar 700 ribu Yen. Awalnya Susumu menolak tapi karena mobilnya kena derek Sasumu menjadi panik dan akhirnya bersedia menerima tawaran Manabu agar bisa menebus mobilnya. Operasi yang dilakukan Manabu bertujuan untuk membuktikan langsung apakah benar jika melubangi tengkorak kepala akan membuka indera keenam. Dari beberapa laporan pasien yang melakukan operasi Trepanation di dunia beberapa berakhir dengan kegagalan, bunuh diri atau sakit jiwa karena mengalami halusinasi dan paranoid. Manabu kemudian membawa Susumu ke tempat-tempat yang dianggap angker namun Susumu tidak merasakan ada sesuatu yang aneh. Manabu jadi berkeyakinan jika indera keenam, hal gaib dan mistik hanya merupakan omong kosong belaka.

Manabu Ito, mahasiswa kedokteran
pewaris RS ternama yang
selalu merias wajah dan berpakaian nyentrik
Secara tidak sengaja ketika Susumu menutup mata kanannya dia melihat hal-hal yang tidak lazim pada orang-orang di jalan. Pria yang terlihat dengan kepala kosong, pria gendut yang terlihat tipis, wanita yang terlihat seperti pohon dan berbagai macam wujud aneh lainnya. Karena kaget, Susumu bertabrakan dengan bos Yakuza yang terlihat seperti robot yang di dalamnya ada anak kecil yang tengah memegang sabit seolah-olah ingin memotong jari kelingkingnya sendiri. Susumu menceritakan kejanggalan-kejanggaan yang dilihatnya kepada Manabu yang kemudian menyelidiki kejadian tersebut. Teori dari Manabu apa yang dilihat Susumu adalah Homunculus. Definisi dari Homunculus adalah 'Manusia kecil dalam otak'. Intinya Susumu dapat melihat distorsi yang terbenam jauh di dalam hati orang yang membentuk manusia menjadi wujud yang aneh. Wujud yang tidak lazim itulah yang disebut sebagai Homunculus. Awalnya Susumu tidak nyaman dengan bakat aneh yang diterimanya ini. Namun lama kelamaan Susumu menjadi terobsesi untuk menghilangkan Homunculus pada orang-orang tertentu yang ditemuinya.

Susumu tengah bersenang-senang
dengan gelandangan lainnya.
Minggu ini minggunya bongkar-bongkaran timbunan komik lama dan ketemulah komik Homunculus ini. Komik yang sudah pernah saya baca namun berhenti di tengah jalan karena masih berlanjut. Sangat tidak nyaman kalau mau baca komik yang masih terbit kemudian harus menunggu lama terbitan berikutnya. Sudah keburu bosan menunggu dan mematikan mood duluan. Komik ini terbit sebanyak 15 jilid di Indonesia mulai dari 2006 - 2012, 6 tahun rentang waktunya. Dengan jilid 1 dan 15 yang sangat tebal dari nomor jilid lainnya. Minggu ini saya sempatkan waktu untuk membacanya sampai selesai. Hasilnya sangat memuaskan walaupun ceritanya membuat pikiran terombang-ambing dulu karena ceritanya memaksa mengikuti permainan pikiran psikologis untuk memahami apa maksudnya. Dibawa untuk percaya dari sudut pandang A kemudian dibuat goyah pindah ke sudut pandang B dikembalikan lagi ke sudut pandang A begitu seterusnya sampai akhirnya mendapat kesimpulan apa yang sebenarnya terjadi dan dari sudut mana yang kemungkinan besar bisa dipercaya.

Adegan operasi yang bikin ngilu
Biasanya saya terbiasa membaca komik dengan gambar-gambar sadis seperti adegan berdarah-darah dan tubuh terpotong-potong. Namun di komik ini saya merasa ngilu dan perut merasa tidak nyaman melihat adegan yang sebenarnya tidak terlalu sadis. Adegan tersebut adalah adegan operasi Trepanation, operasi membuat lubang pada tengkorak kepala tanpa merusak membran yang menutupi otak. Di tambah lagi ada adegan tradisi Yakuza memotong jari kelingking ikut membuat saya ngilu. Ada catatan di akhir cerita di setiap jilidnya tentang Trepanation yang merupakan tindakan yang sangat berbahaya dan tidak boleh ditiru. Komik ini memang selayaknya dibaca untuk kalangan dewasa karena selain adegan yang membuat ngilu juga mudah ditemukan adegan yang secara eksplisit menampilkan adegan seksual.

Wujud-wujud Homunculus yang dilihat oleh Susumu
Plot yang unik atau boleh dibilang gila tentang Homunculus ini memang sangat menarik. Tokoh Susumu yang menjadi terobsesi dengan kemampuan melihat Homunculus. Dengan kemampuannya Susumu bisa mengetahui rahasia isi hati manusia paling dalam. Rahasia yang sengaja ditutup rapat-rapat atau sengaja dilupakan dapat dibuka perlahan oleh Susumu hingga membuat yang bersangkutan tersadar. Susumu bisa mengetahui kenapa bos Yakuza terlihat baginya seperti robot yang berisikan anak kecil dengan sabit yang ingin memotong jari kelingkingnya sendiri. Siswi SMU yang terlihat seluruh tubuhnya diselimuti simbol-simbol kecil seperti pasir. Minabu yang terlihat seperti manusia transparan dengan di dalam tubuhnya ada ikan Guppy yang sibuk melayang bergerak kesana kemari.

Kegilaan Susumu yang semakin tidak terkendali
Bagaimana dengan Homunculus pada Susumu sendiri? Ternyata Susumu menyimpan rahasia yang lebih besar. Sebelumnya dia adalah pekerja kantoran yang sukses. Memiliki wajah yang tampan, memiliki apartemen mewah, mobil Porsche dan dengan mudahnya bercinta dengan banyak wanita. Kenapa Susumu melepaskan itu semua dan memilih hidup sebagai gelandangan? Semua itu akan terjawab tapi bikin <sensor> karena saking gilanya dan tidak terduga. Mindfuck banget. Di bagian akhir cerita ada bagian yang belum sepenuhnya terjelaskan tapi saya punya kesimpulan sendiri. Bagi yang sudah pernah membaca komik ini atau yang tidak takut dengan spoiler bisa mengklik tombol di bawah ini.



Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Hideo Yamamoto
Gambar = Hideo Yamamoto
Jumlah Buku = 15 (tamat)
Penerbit = Level
Tahun terbit di Indonesia = 2006 - 2012
Jenis =  Psychological, Supernatural
DQ Review Komik


Contoh Gambar

5 comments:

  1. Pingin baca komik.na.....ada link.na mas...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://mangapark.me/manga/homunculus/s1/v15/c8/10-4

      Delete
  2. Gw mampir ksini gegara film netflix tapi tentunya versi netflix ga sesuai ama komiknya... Kudu nyari link komiknya nih....

    ReplyDelete
  3. duh gegera movie adaptasi nya keluar, tema nya berat.. perlu referensi meski pernah baca jilid pertama nya sekilas

    ReplyDelete