Sunday, December 20, 2015

BRAVE STORY - A RETELLING OF A CLASSIC





"Wataru adalah seorang maniak game yang selalu tak terkalahkan. Dia juga sangat populer di kalangan teman-teman sekolahnya. Namun, semuanya berubah ketika Mitsuru, seorang murid pindahan tiba di sekolahnya. Popularitasnya pun menurun, Mitsuru juga lebih jago main game daripada Wataru, dan Kaori, cewek yang disukai Wataru, kelihatannya juga jatuh hati pada Mitsuru. Walaupun begitu, Mitsuru ternyata adalah seorang Pengembara! Dia bisa melintasi dunia ini ke dunia Vision di mana sihir dan monster masih eksis di sana. Wataru yang tak sengaja menemukan gerbang Vision jadi ikut terlibat dalam petualangan lintas dunia yang akan mengubah jalan hidupnya!"

Wataru Mitani
Kemarahan Mitsuru
"Wataru Mitani, adalah murid SMP biasa yang jago bermain game. Sejak kedatangan murid pindahan Mitsuru Ashikawa, hari-hari Wataru mulai kacau. Sewaktu sedang mengejar Mitsuru ke dalam gedung berhantu, Wataru melihat Mitsuru sedang bertarung melawan monster. Saat berusaha mengungkap rahasia Mitsuru, Wataru malah tersesat ke dalam dunia lain yang disebut 'Vision'. Kalau kita berhasil menyelesaikan misi di dunia ini, semua keinginan kita akan terkabul. Di dunia nyata, Wataru harus menghadapi kenyataan bahwa ayahnya berselingkuh dan pergi meninggalkan rumah. Mitsuru akhirnya menceritakan kepada Wataru yang kebingungan tentang dirinya yang berniat pergi ke 'Vision' demi mengembalikan keluarga dan adiknya yang telah meninggal. Bagaimana Wataru menghadapi takdirnya sendiri!?"



Akhir minggu ini kembali melakukan kegiatan bongkar-bongkar timbunan dan komik ini adalah salah satu yang berhasil ditemukan dalam kondisi lengkap. Bercerita tentang petualangan Wataru Mitani di sebuah dunia lain yang dipenuhi elemen fantasi bernama Vision. Wataru adalah siswa SMP yang merasa tersaingi dengan kehadiran siswa baru bernama Mitsuru Ashikawa. Dalam bermain game dia dikalahkan dan yang lebih menyakitkan lagi, Kaori Daimatsu, siswi SMP yang disukainya ternyata lebih menyukai Mitsuru. Rasa penasaran membawa Wataru masuk ke dalam sebuah gedung yang terbengkalai dan mendapati kenyataan bahwa Mitsuru adalah seorang Pengembara yang bisa keluar masuk dari sebuah pintu gerbang misterius yang ada di sana. Gerbang yang terbuka setiap 10 tahun sebagai penghubung antara dunia manusia dengan dunia Vision.
Penyebab Mitsuru menjadi pengembara karena Mitsuru memiliki masa lalu tragedi yang menyakitkan. Sang ayah membunuh sang ibu bersama pasangan selingkuhnya. Setelah itu sang ayah membunuh Midori, adik perempuannya dan seminggu kemudian mayat sang ayah ditemukan di pantai Shizuoka. Mitsuru sendiri juga memiliki masalah keluarga. Sang ibu mencoba bunuh diri dengan menenggak pil tidur dengan dosis berlebihan akibat kecewa dengan perselingkuhan yang dilakukan sang ayah. Untuk memperbaiki takdir keluarganya, Mitsuru memutuskan untuk masuk ke dunia Vision. Tapi tidak disangka diam-diam Kaori membuntutinya masuk ke dalam dunia Vision dan turut menjadi Pengembara bersamanya.

Wataru Mitani
Mitsuru Ashikawa
Kaori Daimatsu
Komik ini diterbitkan oleh Level namun kualitas komiknya tidak konsisten. Ada jilid yang diberikan 2 halaman berwarna tapi ada juga yang tidak mendapatkannya. Ceritanya mengambil tema yang sebenarnya sudah banyak ada yaitu terdampar di dunia asing. Namun di sini dunianya kental dengan berbagai elemen yang ada di dalam game RPG (Role Playing Game). Seperti elemen Sihir, Kerajaan, Ksatria, Naga, Monster dan lainnya. Ceritanya menarik dan penuh dengan pertarungan-pertarungan yang sangat seru. Walau tokoh utamanya masih SMP namun adegan pertarungannya tidak segan-segan menampilkan adegan yang berdarah-darah seperti bagian tubuh yang terpotong-potong. Pengembara yang ada di dunia Vision tidak hanya Wataru, Mitsuru dan Kaori melainkan banyak yang berasal dari dunia manusia. Para Pengembara berlomba mengumpulkan lima permata untuk bisa pergi ke Menara Takdir dan memohon kepada sang Dewi penghuni menara untuk mengubah takdir. Alasan dan tekad Mitsuru menjadi Pengembara adalah untuk menghidupkan kembali Midori, sang adik. Wataru, Mitsuru dan Kaori terlibat dalam pertempuran besar antara benua utara dan benua selatan. Benua utara dengan aliran kepercayaan Dewa Tua menyerang benua selatan yang memiliki aliran kepercayaan sang Dewi. Mitsuru berada di pihak utara sedangkan Wataru dan Kaori berada di pihak selatan dan mereka harus saling berlawanan. Ada pihak yang sengaja memanipulasi terjadinya perang untuk kepentingan sendiri. Pertempuran besar pun terjadi. Pertempuran yang bisa membawa kemusnahan bagi dunia Vision dengan digantikan munculnya dunia iblis. Wataru harus menghadapi sesama Pengembara yang berasal dari dunia manusia. Mereka memiliki tujuan masing-masing untuk memilih hidup sebagai Pengembara dan memilih berpihak kepada benua utara. Mampukah Wataru melawan para Pengembara yang tangguh sekaligus mencegah kehancuran dunia Vision?
Wataru berjuang dibantu
dengan semangat para sahabatnya
Bagi para sahabat, Wataru sama sekali bukanlah pahlawan. Dia lemah, tidak bisa diandalkan, menipu dirinya sendiri, berlagak kuat, bertindak sembrono dan selalu mengeluh. Tapi justru karena itulah dia mengerti kelemahan manusia lebih dari siapa pun. Karena itu juga lah maka para sahabat terpikat kepadanya. Inilah cerita tentang persahabatan yang mampu melampaui ras, usia bahkan dunia. Demi nyawa dan perasaan yang telah dipercayakan, Wataru dan para sahabatnya berjuang mati-matian untuk melindungi dunia Vision.
Vesna Esta Horisia. 'Walaupun hidup manusia memiliki batas. Biarlah jiwa menjadi abadi'.









Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Miyuki Miyabe
Gambar = Yoichiro Ono
Jumlah Buku = 20 (tamat)
Penerbit = Level
Tahun terbit di Indonesia = 2009 - 2014
Jenis =   Action, Adventure, Fantasy
DQ Review Komik


Contoh Gambar

2 comments:

  1. Pengen banget beli iniiii, beli dimana ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dicari di toko jual beli online seperti Tokopedia dan Bukalapak

      Delete