Thursday, December 31, 2015

ARMS





"Tangan kanan Ryo Takatsuki cedera karena kecelakaan beberapa tahun yang lalu sehingga harus dioperasi. Tapi, operasi yang dilakukan membawa perubahan yang tak terduga. Ryo sekarang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diri dengan cepat. Hidupnya mulai berubah dengan datangnya seorang siswa baru yang membenci Ryo dan berusaha membunuhnya. Siapakah sebenarnya murid baru itu? Mengapa ia mengincar nyawa Ryo?"

"Which do Arms obtain, the peace in the future or the nightmare in the past?"

Ryo Takatsuki
Arms Jabberwock
Hayato Shingu
Arms Knight
Sengaja komik ini saya bawa buat bacaan di kala mudik liburan akhir tahun. Setelah berkeliling beberapa hari di Magelang, Ngawi dan Temanggung sambil nyambi baca akhirnya selesai juga membaca keseluruhan 22 jilid. Komik ini bercerita tentang Ryo Takatsuki, siswa SMA yang sejak dahulu merasakan keanehan pada tangan kanannya. Jika mengalami luka, lukanya akan segera menutup dengan cepat. Di sekolah tanpa ada alasan yang jelas, Hayato Shingu, siswa pindahan yang baru mengancam berniat membunuhnya. Hayato dengan sengaja menculik sahabat sejak kecil dan juga teman sekelasnya Ryo yaitu Katsumi Akagi. Untuk menyelamatkan Katsumi, Ryo mengikuti keinginan Hayato untuk datang ke sebuah bangunan kosong. Terjadi keanehan ketika tangan kiri Hayato tiba-tiba menjelma menjadi seperti tangan monster berbentuk pedang dan langsung menyerangnya. Namun pertarungan mereka terhenti setelah munculnya seorang pria berjulukan Claw utusan dari organisasi Egrigori. Claw menawan Katsumi dan meminta Ryo dan Hayato untuk menyerahkan diri. Untuk menebus kesalahannya, Hayato mencoba menyelamatkan Katsumi dengan memanfaatkan kelengahan Claw. Katsumi berhasil diselamatkan namun Hayato menjadi terluka karenanya. Pertarungan antara Hayato dan Claw berjalan tidak seimbang dan berakhir dengan kekalahan Hayato. Untuk menghentikan Claw, Ryo memasang jebakan yang dipelajarinya dari sang ayah. Jebakan-jebakan yang tidak terduga beberapa kali berhasil melukai Claw hingga membuat Claw menjadi sangat marah. Claw balas menyerang dan berhasil menangkap Katsumi. Niat Claw ingin membunuh Katsumi di hadapan Ryo membuat tangan kanan Ryo lepas kendali. Tangannya berubah menjadi seperti tangan monster dan berulang kali tanpa ampun membanting Claw hingga sekarat. Ryo yang tdak menyukai kekerasan menjadi sangat terkejut mengetahui kenyataan ini. Dia memiliki tangan monster dan telah melukai orang lain hingga sekarat. Berdasarkan informasi terakhir dari Claw, 4 orang pemilik kekuatan seperti mereka tengah diincar oleh sebuah organisasi bernama Egrigori. Tidak ada jalan lain bagi Ryo dan Hayato selain mengungkap masa lalu mereka serta mencari pemilik kekuatan lain untuk bersatu melawan organisasi Egrigori.

Takeshi Tomoe
Arms White Rabbit
Kei Kuruma
Arms The Queen of Hearts
Tidak sia-sia saya membawa komik ini untuk menemani liburan akhir tahun karena komik ini memiliki cerita yang sangat seru. Penuh aksi dari jilid 1 sampai jilid 22. Komik ini ditujukan untuk pembaca dewasa karena dengan mudahnya ditemukan adegan pertempuran yang berdarah-darah. Bercerita tentang para pemilik kekuatan dari project Arms. 4 orang remaja yaitu Ryo Takatsuki, Hayato Shingu, Takeshi Tomoe dan Kei Kuruma yang sejak kecil tubuh mereka telah ditanamkan Arms. Deskripsi Arms dari komik ini adalah mineral hidup, senyawa metal langka yang memiliki kemauan sendiri. Mempunyai kemampuan untuk memperbanyak diri dan beregenerasi seperti makhluk hidup pada umumnya. Arms dapat menggantikan organ tubuh apapun dengan meniru bentuk dan fungsi bagian badan tersebut dengan membaca informasi gen hingga penerima transplantasi pun tidak menyadarinya. Arms memperlihatkan kemampuan sesungguhnya pada saat dia mengaktifkan core chip yang mengontrol semuanya dan melepaskan kamuflase. Nano Machine akan memperbanyak diri dan mengubah susunan dalam beberapa detik serta memperoleh bentuk dan fungsi yang sesuai untuk pertempuran. Ryo memiliki Arms yang berada di tangan kanan dengan nama Jabberwock. Catatan untuk nama Jabberwock, di jilid-jilid awal malah disebut dengan nama Javawork. Sempat terpikir apakah monster Javawork ada hubungannya dengan pulau Jawa. Jilid berikutnya berubah lagi menjadi Jabawock. Sampai akhirnya berubah lagi menjadi Jabberwock. Apakah ini salah terjemahan atau sudah dari sananya dari versi Jepang namanya sudah begitu. Jabberwock adalah Arms berwujud moster yang sangat ditakuti karena memiliki kemampuan untuk menghentikan regenerasi Arms lainnya dan memiliki kekuatan Anti-matter yang bisa memusnahkan bumi. Hayato memiliki Arms yang berada ditangan kirinya dengan nama Knight. Arms berwujud monster ksatria dengan senjata andalannya Tombak Mistilteinn. Takeshi Tomoe memiliki Arms di kedua kakinya dengan nama White Rabbit. Arms berwujud monster yang bisa terbang dan memiliki kecepatan tinggi. Kei Kuruma memiliki Arms yang berada di kedua matanya dengan nama The Queen of Hearts. Arms yang memiliki kemampuan untuk membaca gerakan lawan, bertahan dan membalikkan serangan dengan memakai perisai Mirror of Aegis.

Ryo dan para sahabat
Organisasi Egrigori telah merancang sejak lama penghancuran dunia dengan cara menggunakan kekuatan penghancur Jabberwock. Mereka menganggap manusia sudah tidak layak lagi menghuni bumi. Untuk mencapai tujuan tersebut mereka mempersiapkan rencana untuk membuat Ryo lepas kendali hingga Jabberwock mengambil alih sepenuhnya tubuh Ryo dan mengamuk. Mereka menculik Katsumi Akagi dan memanfaatkan hubungan emosional antara Ryo dan Katsumi. Lawan-lawan yang dihadapi oleh Ryo cs begitu menakutkan karena mereka juga hasil dari percobaan orgaisasi Egrigori yang dipersiapkan sebagai senjata tempur terkuat. Mulai dari orang-orang yang memiliki kemampuan kecerdasan tinggi, telepati, psikokinesis, regenerasi (tidak bisa terluka), sekumpulan cyborg, sekumpulan mutan, sekumpulan tentara dan para pemilik Arms buatan. Lawan kuat lainnya adalah Keith bersaudara. Mereka memiliki Arms yang sama kuatnya dengan Arms milik Ryo cs. Hanya saja Arms yang dimiliki Keith bersaudara tidak memiliki emosi. Ryo yang tahu konsekuensinya mati-matian mempertahankan kesadarannya saat memakai kekuatan Jabberwock karena jika dia lepas kendali maka Arms Knight dan White Rabbit bersiap untuk membunuhnya. Untuk mengalahkan organisasi Egrigori, Ryo cs dibantu oleh para sahabat salah satunya organisasi Bluemen, organisasi yang berhubungan dengan proses kelahiran mereka yang sengaja dibentuk sebagai perlawanan terhadap organisasi Egrigori.

Al Bowen yang selalu kena jitak oleh Hayato
Kou Carnegie, petarung yang tidak kenal rasa takut
Karakter dalam komik ini sangat banyak sekali. Hampir semuanya bisa ditampilkan dengan baik dan bukan hanya sekedar karakter tempelan. Semuanya juga hampir bisa memberikan kejutan kepada pembaca. Beberapa karakter menarik dari komik ini adalah Al Bowen, anak kecil hasil dari percobaan Chapel Children. Sangat percaya diri dan tidak heran jika berulang kali kepala Al Bowen dijitak oleh Hayato karena bicara terlalu pede, terlalu teknis dan sukar dimengerti. Kejadian Al Bowen yang terus dijitak berulang kali oleh Hayato cukup memberikan sedikit kelucuan. Karakter lain yang menarik adalah Kou Carnegie, petarung yang sangat percaya diri dan memiliki tujuan hidup hanya untuk bertarung dengan orang-orang kuat. Walau hanya manusa biasa, Kou bisa menandingi para pemilik Arms. Bagian lain yang menarik dari komik ini adalah penamaan para Arms yang diambil dari nama-nama karakter yang ada dalam novel Alice in Wonderland karya Lewis Carroll, pengarang berkebangsaan Inggris yang diterbitkan di tahun 1865. Nama-nama yang diberikan seperti Jabberwock, Knight, White Rabbit, The Queen of Hearts, Humpty Dumpty, Gryphon, Dormouse, Marc Hare, Mad Hatter dan Chesire Cat. Kenapa para Arms diberikan penamaan seperti itu? Apa hubungannya dengan cerita Alice in Wonderland?  Bagaimana dengan tokoh Alice sendiri? Seperti apakah tokoh Alice di dalam komik ini? Penasaran dan ingin tahu jawabannya. Segera temukan dalam komik Arms ini.

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Kyouichi Nanatsuki
Gambar = Ryouji Minagawa
Jumlah Buku = 22 (tamat)
Penerbit = Level
Tahun terbit di Indonesia = 2006 - 2011
Jenis =  Action, Sci-fi
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment