Sunday, January 10, 2016

ILIAD





"Shuzo Iriya, seorang penjual barang-barang antik dan unik. Tapi, dia bukan sekedar penjual biasa. Sejak pertemuannya dengan Yuri Endre yang merupakan anak dari orang yang berjasa kepadanya, Wilhelm Endre, dia mulai menyelidiki jejak keberadaan Atlantis, benua yang hilang, dengan petunjuk yang ditemukan Heinrich Schliemann. Petualangan mereka pun dimulai!"

Shuzo Iriya dan Yuri Endre
Komik ini bercerita tentang Shuzo Iriya, seorang pedagang barang antik dan juga seorang arkelog. Suatu hari Iriya kedatangan seorang pengunjung wanita muda bernama Yuri Endre yang mengaku sebagai anak dari Wilhelm Endre yang kabarnya masih hangat terbunuh secara misterius. Yuri meminta bantuan Iriya untuk mencari surat yang dikirimkan Heinrich Schliemann kepada orang Jepang, 6 tahun sebelum Heinrich Schliemann menemukan Troya. Iriya yang sudah tidak tertarik dengan pencarian harta karun menolak permintaan Yuri Endre. Setelah Yuri berlalu, Iriya teringat akan nama Wilhelm Endre. Ternyata Wilhelm Endre adalah orang yang pernah berjasa kepadanya karena mengirimkan surat dukungan dan semangat disaat banyak orang mencemooh dirinya akibat kasus 'makam raja Arthur' yang menggemparkan di Inggris. Iriya segera bergegas menuju hotel tempat Yuri menginap karena dari hasil pengamatannya ada beberapa orang yang bertingkah laku mencurigakan saat Yuri berada di tokonya. Iriya berhasil menyelamatkan Yuri dari rencana penculikan. Setelah mendengarkan penjelasan Yuri akhirnya Iriya bersedia menerima amanat terakhir Wilhelm Endre yang ditujukan kepadanya. Amanat untuk menemukan Atlantis.

Heinrich Schliemann, penemu Troya
Oktober 1912, salah satu koran Amerika yang paling terpecaya, New York American membuat sebuah artikel yang menggemparkan. Artikel yang dibuat Paul Schliemann yang mengaku sebagai cucu Heinrich Schliemann sang penemu Troya. Sama seperti kakeknya, artikel itu membuat banyak pertentangan. Dalam artikel itu, Paul mengatakan tembikar berkepala burung hantu yang digali di tanah Troya bertuliskan 'Raja Kronos dari Atlantis' dengan huruf Fenisia. Sejak itu terjadi perdebatan sengit di seluruh dunia tentang kebenaran artikelnya. Paul dituduh sebagai mata-mata di daerah Balkan dan tewas secara misterius.


Wilhelm Endre
Buku harian Paul Schliemann ditemukan oleh Wilhelm Endre, pemilik perusahaan impor ekspor terbesar di Jerman. Buku yang merupakan kunci untuk menguak misteri terbesar sepanjang sejarah manusia. Untuk mengumpulkan dana pencarian yang  besar, Wilhelm Endre mengundang 6 orang pengusaha lain sebagai investor. Mereka berkumpul di sebuah tempat dengan masing-masing pengusaha mengenakan topeng dan hanya Wilhelm Endre yang mengetahui identitas mereka. Dari buku harian Paul didapat informasi jika ada kelompok pembunuh gelap yang berdiri dari sebelum masehi dan ada sampai sekarang untuk melindungi rahasianya. Paul percaya jika sang kakek bahkan Plato si filsuf terkenal dibunuh oleh mereka. Sesuai dengan kesepakatan bersama, Wilhelm Endre menunjuk Shuzo Iriya sebagai orang yang ditugaskan untuk menemukan Atlantis. Belum sempat menyampaikan langsung kepada Shuzo Iriya, Wilhelm Endre tewas terbunuh oleh organisasi yang tidak menginginkan rahasia tersebut terbuka. Pesan terakhir Wilhelm Endre kepada Yuri Endre, putrinya sebelum meninggal adalah meminta Yuri segera menemui Shuzo Iriya.

Heinrich Himmler, komandan SS
yang bertugas mencari empat
legenda umat manusia.
Moses Ark, Spear of Longinus,
King Arthur's Holly Grail
dan menemukan Atlantis.
Komik ini memakai judul Iliad yang berarti 'amarah', sebuah karya sastra barat yang termasuk tertua di dunia. Penulisnya adalah Homer, sastrawan Yunani yang diperkirakan hidup di abad ke-8 SM. Puisi Iliad ini tercatat sebagai puisi terpanjang di dunia dan kurang lebih memiliki 15.000 kata yang bercerita mengenai perang Troya. Pada hari Jumat 14 Agustus 2015 di British Museum di Bloomsbury, London, puisi ini secara maraton dibacakan bergantian oleh 60 penyair dan memerlukan waktu total sekitar 15 jam untuk menyelesaikannya, infonya ada di sini. Membaca keseluruhan puisinya membutuhkan waktu yang lama sama halnya dengan saya saat membaca keseluruhan 15 jilid komik ini. Membacanya memerlukan konsentrasi khusus karena begitu banyaknya informasi sejarah yang disajikan dari awal sampai akhir. Sepintas komik ini mengingatkan saya dengan komik Master Keaton yang ceritanya sama-sama tentang arkeolog. Petualangan Iriya akan membawa pembaca mengunjungi lokasi-lokasi bersejarah atau menemui orang-orang di berbagai macam negara yang memiliki informasi dengan keberadaan Atlantis. Mulai dari Jepang, Kroasia, Yunani, Italia, Austria, Hongaria, Republik Malta, Jerman, Maroko, Amerika, Meksiko, Spanyol sampai Cina.

Hans Demel, penyelidik dari
Wantz & Wantz yang
disewa Endre Management
untuk menjaga Yuri.
Profesor Pitsula, pengarang buku yang bermasalah dengan hasil karyanya.
Cerita di dalamnya penuh dengan konspirasi dan ada bagian yang kontroversial karena menyinggung agama. Banyak tokoh sejarah ataupun tokoh mitologi yang dibahas di dalamnya yang memiliki hubungan dengan Atlantis baik langsung maupun tidak langsung. Ada Marcopolo, Plato, Rustichello, raja Arthur, Zeus, Medusa sampai ke tokoh Nazi Heinrich Himmler pun terlibat. Penggambaran sejarahnya begitu detail dan jelas. Sang pengarang pastinya sudah melakukan riset yang mendalam terlebih dahulu.
Pastor Butler, pastor alkoholik namun ahli bela diri.
Zepco, arkeolog tua yang penuh semangat dan energik.
Sir Fred Leighton, semula
menganggap Iriya sebagai saingan.
Selain karakter Yuri Endre, Iliad juga bertemu dengan karakter-karakter menarik lainya yang ikut mendampinginya. Mulai dari Hans Demel, bodyguard yang ditugaskan menjaga Yuri Endre, profesor Pitsula pengarang buku kontroversial tentang Yesus berdasarkan Naskah Laut Mati, pastor Butler dari Vatikan yang juga ahli bela diri, Sir Fred Leighton, sahabat Iriya seorang bangsawan dan profesor ilmu sejarah spesialisasi raja Arthur, lalu Zepco, arkeolog tua yang sangat energik dan masih banyak lagi karakter lainnya. Untuk mengungkap misteri sejarah rahasia besar manusia mereka berhadapan dengan organisasi yang berjulukan 'Orang Tua dari Gunung' atau 'Assassin' yang sudah terbentuk sejak lama. Mereka yang mengetahui rahasia tersebut satu persatu tewas dibunuh. Iriya dan para sahabat pun tidak luput dari ancaman para pembunuh dari 'Orang Tua dari Gunung'. Iriya dianggap sebagai orang yang sama berbahayanya dengan Heinrich Schliemann. Kejutan informasi sejarah banyak didapat setelah membaca komik ini. Kejutan yang bisa menambah ilmu pengetahuan. Misalnya cerita rakyat Ulysses dari Yunani dan cerita rakyat Yuriwaka Daijin dari Jepang yang ternyata memiliki persamaan inti cerita. Kemudian cerita Aladin dan Lampu Ajaib yang dikira berasal dari Arab ternyata berasal dari Cina. Tetapi tetap saja kejutan utamanya adalah mengetahui dimana lokasi Atlantis yang sebenarnya.

Iriya bersama teman-teman seperjuangan dalam pencarian Atlantis.
Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Garaku Toshusai
Gambar = Osamu Uoto
Jumlah Buku = 15 (tamat)
Penerbit = Level
Tahun terbit di Indonesia = 2009 - 2013
Judul Asli = Iliad - Iliyadou Kenbunroku
Jenis =  Adventure, Historical, Mystery
DQ Review Komik


Contoh Gambar

6 comments:

  1. Bang sueb ijin komen ya alhamdulilah saya dah punya komik iliad ini fullset .. ini termasuk the best menurut saya walaupun skdar fiksi tapi critannya bnar2 bagus tentang arkeologi..( seharusnya komik ini dapat nilain 10, fullstar he he) selain itu jg menambah wawasan dan pengetahuan (kebetulan saya jg suka sejarah) n ketika membacanya serasa ikut berpetualang mencari kebenaran juga ..juga wawasan tentang negara2 yang dikunjungi didalam komik , jadi walaupun blum prnah berkunjung ke negara tsb.sudah mendapat info sputar budaya ttg negara2 yang jadi arena pencarian atlantis

    ReplyDelete
    Replies
    1. cerita petualangannya memang seru, bikin penasaran dan menambah ilmu pengetahuan tapi saya punya kriteria tambahan utk memenuhi nilai 10.. :) yaitu harus banyak memuat pelajaran hidup.. subjektif sih..

      Delete
  2. komik ini mengingatkan tentang suatu teori bahwa seluruh peradaban didunia ini berasal dari satu sumber ( who knows) n jadi tringat jg ttg teori bahwa daerah atlantis itu adalah dulunya nusantara ..Negara Indonesia saat ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayang.. teori peradaban Sundaland di Indonesia tidak ikut dibahas di komik Iliad ini..

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. iya sih kalau sampai harus memasukan sundaland akan banyak makan waktu bagi penulis untuk melakukan riset..n lagipula penelitian ttg sundaland masih sangat kekurangan sumber2 referensi serta arkeolog dan peneliti yang andal dan berkapasitas serta diakui dunia internasional yang meneliti ttg sundaland.. bisa2 malah nga smpat jadi komik iliad ini ataupun malah mengambang nga selesai nantinya

    ReplyDelete