Saturday, January 30, 2016

PROJECT X - CUP NOODE - THE MIRACLE OF 8.2 BILLION CUPS





"Kondisi ekonomi yang sulit mendorong presiden direktur Nissin Foods, Momofuku Ando, untuk menemukan inovasi baru dalam proyeknya. Sebuah ide baru pun muncul. 'Ramen Ajaib', produk mie instann yang dapat dimakan di mana saja dan kapan saja. Dengan tekad kuat dan kerja keras, Ando dan para pegawainya berhasil mewujudkan ramen ajaib yang kemudian diberi nama Cup Noodle. Dalam perkembangannya, bukan hanya Jepang yang dapat menikmati Cup Noodle, beberapa negara lain pun dapat menikmati ramen ajaib yang telah mengubah kebiasaan dan pemikiran masyarakat dunia."

Komik ini merupakan salah satu seri dari komik Project X series yang berisikan penemuan-penemuan yang tidak pernah terbayangkan atau  tidak terduga dari Jepang. Terobosan baru yang akan mempengaruhi dan menginspirasi dunia untuk memakai atau mengikutinya. Komiknya dikemas dengan bagus dengan sampul yang seolah-olah menjadi sampul lipat dan memiliki huruf timbul. Membaca komik Project X pembaca akan mendapat tambahan pengetahuan sejarah dan motivasi semangat untuk tidak mudah menyerah.

Para peneliti muda
Komik ini bercerita tentang sejarah penemuan produk Cup Noodle, mie instan dalam kemasan cup. Penggagas ide adalah Momofuku Ando, presiden direktur Nissin Foods yang juga dijuluki sebagai bapak mie instan dunia karena berhasil menciptakan mie instan pertama di dunia yaitu Chicken Ramen pada tahun 1958. Beliau lahir di Chiayi, Taiwan, 5 Maret 1910 dan meninggal di Ikeda, Osaka, 5 Januari 2007 pada usia 96 tahun. Ando memikirkan untuk mengembangkan produk baru berdasarkan kondisi perusahaan yang sedang sulit karena ketatnya persaingan dan pengalamannya memasarkan produk mie instan ke Amerika. Kata-kata mie dan wadah tidak pernah hilang dari pikirannya akibat terdapat perbedaan kebiasaan makan orang Jepang dan Amerika.


Perkembangan Cup Noodle dalam bentuk foto
Ando menyerahkan pengembangan produk baru ini kepada para peneliti muda di perusahaannya. Mereka adalah Kazuo Ohno, penanggung jawab pembuatan wadah, bumbu dan lauk. Kunio Matsumoto, penanggung jawab pengembangan mie. Sadaaki Ishibashi, penanggung jawab pembuatan mie. Masahiro Sasaki, penanggung jawab pembuatan wadah. Dalam pengembangannya mereka menemukan kendala seperti dalam menentukan wadah harus berbentuk apa, terbuat dari apa. Kendala dalam membuat mie bagaimana agar mie bisa matang merata karena bentuk mie yang berbeda untuk menyesuaikan dengan wadah. Kendala dalam menentukan lauk yang tepat dan membuat kesan lebih untuk pembeli. Bila para peneliti muda ini kebingungan mereka akan menemui Ando untuk meminta pendapat dan saran. Tahun 1971 lahirlah Cup Noodle, mie gelas pertama di dunia. Inilah hasil dari riset dan kerja keras Ando bersama para peneliti muda dari sebuah perusahaan makanan yang sedang mengalami kondisi sulit.

Nilai = 9/10
Pengarang  = NHK Project X Production Team
Gambar = Tadashi Kato
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2011
Judul Asli = Project X Challengers 8.2 Okushoku no Kiseki
Jenis =  Documentary, Historical
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment