Friday, January 15, 2016

SECRETLY GREATLY





"Aku terlahir sebagai anjing liar dan tumbuh menjadi seorang monster!"
Won Ryu Han
Rhi Hae Rang
Rhi Hye Jin
Komik ini bercerita tentang anggota pasukan elite dari Korea Utara bernama Won Ryu Han. Dia ditugaskan sebagai mata-mata ke sebuah desa miskin di Korea Selatan. Menyamar menjadi pemuda bernama bernama Dong Gu, seorang pengangguran yang memiliki keterbelakangan mental. Won Ryu Han diharuskan untuk berbaur, memata-matai, melaporkan keseharian, politik, militer, prinsip dan hal lain yang berhubungan dengan penduduk desa. Won Ryu Han tidak sendirian, dia kerap bertukar informasi dengan Hyung Sang Gu, paman pengantar surat yang telah bertugas sebagai mata-mata selama 16 tahun. Mata-mata baru kemudian datang secara bergantian. Pertama adalah Rhi Hae Rang yang menyamar sebagai gitaris bernama Kim Min Su. Kemudian Rhi Hye Jin yang menyamar sebagai murid SMU. Mereka bertiga terikat kebersamaan karena berasal dari pasukan elite 5446 yang sama. Kehidupan yang damai membuat mereka semakin akrab menghabiskan waktu. Sampai akhirnya datang sebuah perintah dari negara yang mengejutkan. Mereka harus memilih mengorbankan nyawa demi negara dan keluarga atau harus melawan untuk tetap bertahan hidup.

Won Ryu Han, versi film.
Komik ini diadaptasi dari film yang berjudul Secretly Greatly. Film Korea di tahun 2013 yang ramai dibicarakan para penggemar film Korea di Indonesia. Komiknya dikemas dengan mewah dengan memiliki ukuran yang lebih besar, setiap jilidnya terasa tebal, kualitas kertas yang bagus serta huruf timbul pada sampulnya. Karena penasaran saya pun dulu ikutan menonton filmnya dan hasilnya tidak mengecewakan. Filmnya menghibur, lucu, seru dan ada sedihnya juga. Karena sudah menonton filmnya saya sudah bisa merasakan di setiap scene komiknya mana bagian yang lucu, seru, sedih dan mengharukan. Kelucuan pada tingkah laku Won Ryu Han (Dong Gu) yang membuatnya harus bertingkah layaknya orang idiot. Bersikap pasrah saat dinakalin oleh anak-anak kecil. Mengikuti peraturan yang mengharuskannya buang air kecil atau besar di jalan. Sampai harus menanggung malu kala tidak sengaja terlihat oleh Yoo Ran, karyawati cantik. Lalu kelucuan dari Rhi Hae Rang (Kim Min Su) yang terlalu pede mengikuti audisi sebagai gitaris yang ternyata kemampuan bermain gitarnya belum seberapa. Keseruan pertarungan didapat dengan melihat aksi yang dilakukan Won Ryu Han, Rhi Hae Rang dan Rhi Hye Jin melawan orang-orang yang memburunya.

Keakraban bersama saat membersihkan ikan teri.
Untuk yang belum menonton filmnya kemungkinan merasa kurang terutama pada gambarnya. Bagian yang agak mengganggu adalah penggambaran karakter yang terasa bergaya kartun. Karakter Yoo Ran yang kalau di film terlihat cantik tapi di komiknya terasa biasa saja membuat kelucuan saat Won Ryu Han terlihat kikuk saat berpapasan dengan Yoo Ran jadi kurang terasa. Gangguan lain adalah wajah beberapa karakter yang agak mirip dan gambar dalam suasana gelap yang terlihat kabur. Namun untuk segi cerita tetap bagus apalagi ketika ketemu bagian dramanya yang sedih dan mengharukan. Sangat menyentuh hati.

Nilai = 9/10
Pengarang  = Choi Jong Hun
Gambar = Choi Jong Hun
Jumlah Buku = 4 (tamat)
Penerbit = Mizan
Tahun terbit di Indonesia = 2013 - 2014
Jenis =  Action, Comedy, Drama
DQ Review Komik


Contoh Gambar

2 comments:

  1. movienya harus banget ditonton serius baguss banget sedih!

    royal danisa

    ReplyDelete
  2. Iya ni cerita bagus ternyata di filmnya.. jadi pingin punya versi komiknya..

    ReplyDelete