Wednesday, December 23, 2015

ICHIRO'S GHOST STORIES





"Ichiro Hanada adalah bocah yang terkenal nakal di lingkungannya. Suatu hari, dia mengalami kecelakaan akibat kenakalannya yang melewati batas. Untungnya dia lolos dari maut dengan sembilan luka jahit di kepalanya. Tapi, sejak kejdian itu, dia juga memperoleh kemampuan menakutkan yang berhubungan dengan hantu! Mari kita ikuti pengalaman seram sekaligus seru Ichiro!"

Komik ini bercerita tentang Ichiro Hanada, siswa kelas 3 SD. Sehari-hari kelakuannya sangat nakal dan jahil. Seperti menaruh kodok di mesin cuci, menjahili Tokuko, kakak perempuannya dan buang air kecil di rumah karena takut ke toilet di luar rumah di malam hari. Karena kesal diganggu lebah, Ichiro tidak sengaja memecahkan kaca televisi. Dia segera melarikan diri dari kejaran sang ibu dengan menggunakan sepeda. Peringatan sang ibu tidak dihiraukan dengan sengaja menerobos jalan buntu. Akibatnya Ichiro tidak bisa mengendalikan sepedanya dan tertabrak mobil yang mengangkut kayu. Ajaibnya Ichiro selamat dengan mengalami sembilan luka jahitan di kepala dan keluar dari RS sehari kemudian. Setelah kejadian tersebut Ichiro mulai mengalami kejadian-kejadian aneh. Dia bisa melihat penampakan hantu. Arwah penasaran satu persatu mendatanginya untuk minta bantuan agar mereka bisa pergi dengan tenang.

Komik ini diterbitkan oleh Level dengan setiap jilidnya memiliki halaman yang lebih tebal. Kenapa bisa komik dengan tokoh utamanya anak SD kelas 3 dan gambar covernya yang imut-imut ini diterbitkan oleh penerbit komik dewasa Level. Setelah selesai membacanya ternyata memang komik ini pantasnya diterbitkan oleh Level. Salah satu penyebab masuk dalam kategori dewasa nantinya ada dalam penjelasan saya. Cerita dalam komik ini sangat jauh melebihi ekspetasi saya. Perpaduan cerita antara komedi, supranatural dan pelajaran hidup.

Kelucuan-kelucuan yang ada sangatlah banyak dari hal-hal yang kelihatan sepele sampai hal-hal yang penting. Dan itu selalu bisa membuat saya tertawa. Kenakalan anak-anak biasa tidak ada apa-apanya kalau dibandingkan dengan kenakalan Ichiro yang super nakal. Dia seenaknya menjuluki Tokuko, kakak perempuannya dengan julukan JelDut singkatan dari Jelek Gendut. Suka berkelahi dan bermain jauh dari rumah sampai-sampai keluarganya sibuk mencarinya. Karena kemampuan melihat hantu dan kepolosannya, para hantu senang mendatangi Ichiro untuk minta bantuan. Terkadang ada beberapa hantu yang sengaja berbohong atau memaksa dengan mengancam menakut-nakuti agar Ichiro mau membantu.

Interaksi antara Ichiro dan para hantu inilah yang banyak membawa kelucuan. Cara para hantu memaksa Ichiro agar bersedia membantu. Ada yang memasang wajah seram, mengikuti Ichiro kemana pun, merasuki tubuh Ichiro sampai memberi mimpi buruk. Hantu Kakek Burung yang selalu mendatangi Ichiro dengan bertelanjang bulat. Hantu Manabu Orita, mahasiswa yang meninggal muda di usia 20 tahun. Orita merasuki tubuh Ichiro dan membuat Ichiro menjadi anak pintar di kelasnya. Guru, teman-teman dan keluarga dibuat kagum dan seolah-olah tidak percaya dengan kepintaran Ichiro. Mana mungkin anak senakal dan sebodoh Ichiro bisa menjawab semua soal di papan tulis dan ulangan mendapat nilai 100. Hantu Madam Catherine, wanita yang dulunya bekerja sebagai peramal palsu. Namun setelah meninggal, Madam Catherine jadi mempunyai kemampuan meramal yang hebat. Dia memanggil Ichiro dengan sebutan Monsieur Ichiro dan Ichiro memanggilnya dengan ejaan yang salah yaitu Mandam Katerine.

Permintaan para hantu pun ada yang aneh-aneh. Seperti Kakek Burung yang tidak ingin surat cintanya kepada wanita lain ketahuan oleh istrinya. Ichiro harus menyelinap diam-diam masuk ke kediaman istrinya Kakek Burung untuk menyingkirkan surat tersebut. Orita yang mati di saat perjaka punya keinginan yang belum kesampaian yaitu membenamkan kepalanya di belahan payudara. Ichiro dibuat pusing mencari wanita yang bersedia dan sesuai dengan kriteria Orita. Selain membawa kelucuan, permasalahan para hantu juga ada yang membuat hati trenyuh, sedih dan ada pelajaran hidup yang bisa dipetik. Saya jadi ikutan meleleh dibuatnya terutama di jilid terakhir yang ceritanya sangat menyentuh hati. Memang kelewatan komik ini. Pembaca dibuat tertawa sekaligus dibuat meleleh pula.

Sebenarnya cerita komik ini sudah selesai di jilid 4 di mana sudah ada jawaban atau kesimpulan kenapa Ichiro memiliki kemampuan bisa melihat hantu. Sedangkan Jilid 5 cocoknya menjadi jilid 3.5 karena berisikan kembali pengalaman-pengalaman Ichiro membantu para hantu seperti pada jilid-jilid sebelumnya. Walau terasa singkat hanya 5 jilid saja namun saya sangat merekomendasikan komik ini. Andai saja bisa lebih panjang ceritanya saya tidak akan sungkan memberikan komik ini nilai sempurna.

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Makoto Isshiki
Gambar = Makoto Isshiki
Jumlah Buku = 5 (tamat)
Penerbit = Level
Tahun terbit di Indonesia = 2013 - 2014
Judul Asli = Hanada Shonenshi
Jenis =  Comedy, Slice of Life, Supernatural
DQ Review Komik


Contoh Gambar

1 comment:

  1. Anime pertama tayang di TV7 (sekarang trans7), best anime slice of life. Menurut gw. Tingkahnya ichiro bikin ngakak. Lagu opening / ending juga keren. Berharap ada season 2 nya.

    ReplyDelete