Saturday, July 26, 2014

WORLD'S FOUR GREAT INVESTORS





"Janganlah berkecil hati hanya karena beberapa kali kegagalan. Setelah memahami bahwa hidup ini memang penuh kesulitan, pada akhirnya hidup kita akan berjalan lancar kalau kita terus melangkah ke depan dan mengikuti patokan penilaian yang benar."

"Dalam cara hidup empat orang investor hebat yang legendaris inilah tersembunyi kebenaran mutlak yang perlu dipelajari orang-orang yang bercita-cita menjadi investor sejati. Filosofi mereka memang berbeda-beda, tetapi ada banyak unsur yang perlu dipelajari dari contoh-contoh keberhasilan yang ada. Buku ini akan mengupasnya dengan lebih dalam...."

"Fisher, si detektif investasi, menitikberatkan masa depan pada investasi dan tahu persis daya perkembangan yang tersimpan dalam sebuah perusahaan."

"Graham mengubah seluruh data menjadi angka dan menghitungnya dengan kepala dingin tanpa harus bertemu dengan pengusaha serta terus mengejar saham yang harganya relatif murah yang akan naik dalam jangka waktu singkat."

"Buffet yang mengidolakan teori investasi Fisher meskipun di universitas berguru pada Graham, membangun filosofi investasinya sendiri, yaitu membeli perusahaan dan tak akan pernah menjualnya lagi. Dengan strategi investasi yang membatasi pada perusahaan yang mempunyai nilai saham stabil dan berkaitan erat dengan sektor kehidupan, Buffet bersama Munger, partner Buffet yang brilian sekaligus penasihatnya, membangun Berkshire Hathaway menjadi perusahaan sekuritas nomor satu di dunia. Bahkan setelah abad ke-21, saat masa kejayaan teknologi canggih, hakikat investasi mereka tetap tidak berubah."

Panjang sekali sinopsis yang ada di belakang buku ini sampai tangan terasa pegal mengetiknya. Ketika sedang berada di toko buku, tiba-tiba mata saya tertuju dengan buku yang satu ini. Dari sampul depannya berjudul World's Four Great Investor dan tertulis nama authornya adalah Ken Tanaka. Dari nama Jepang itu pikiran saya langsung mengatakan pasti cerita di dalam buku ini disajikan dalam bentuk komik. Benar saja ketika dibuka lebih lanjut dan saya langsung tertarik untuk membelinya karena rasa ingin tahu dengan latar belakang 4 orang yang disebut sebagai investor hebat dunia. Ditambah komik ini kemasannya bagus dan kertasnya tebal seakan membuat komik ini menjadi komik edisi spesial.
Komik ini dibagi dalam 3 bab yaitu Warren Buffet dan Charlie Munger, Benjamin Graham dan terakhir Philip Fisher. Selain di ceritakan latar belakang kehidupan mereka, mereka juga memberikan pemikiran apa saja yang harus dilakukan jika terjun ke dunia investasi. Walaupun saya bukan orang ekonomi dan tidak familiar dengan dunia investasi namun ternyata komik ini enak untuk diikuti dan dibaca sampai habis. Istilah-istilah dalam dunia investasi pun ada penjelasannya seperti Bargain Stock yang artinya saham rekomendasi yang harganya relatif lebih murah dibandingkan harga rata-rata pasar. Jadi membaca komik ini setidaknya bisa menambah pengetahuan mengenal keempat orang investor hebat dunia tersebut berikut pemikiran-pemikirannya.

Nilai = 8.5/10
Pengarang  = Ken Tanaka
Gambar = Ken Tanaka
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2010
Judul Asli = Manga Buffett no Shisho to Aibou
Jenis = Biography, Economics
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment