Saturday, July 5, 2014

THE BLACK MUSEUM SPRINGALD





"Abad XIX, awal era Victoria di London, ada kasus dimana si pembunuh hanya mengincar anak perempuan. Di tempat kejadian, ada yang melihat sosok misterius terbang meninggalkan tempat itu dengan tawanya yang keras. Apa Spring Heeled Jack, pembunuh kejam dan membuat takut para perempuan tiga tahun lalu telah kembali? Lalu, Inspektur Departemen Kepolisian Metropolitan yang menangani kasus ini pergi ke rumah seorang 'bangsawan' yang diduga sebagai pelakunya..."

Komik oneshot dari Level ini memiliki elemen yang saya suka yaitu misteri, sejarah dan investigasi. Isinya pun lebih tebal dari komik biasanya. Mengambil cerita urban legend dari abad 19 di Inggris tentang Spring Heeled Jack. Sosok misterius dengan ciri-ciri memakai kaki pegas, topeng, cakar, sayap dan mata merah menyala yang muncul dengan tujuan menakut-nakuti penduduk. Untuk lebih detilnya bisa mampir ke Wikipedia tentang Spring Heeled Jack.
Dalam versi komik ini diceritakan ketika Spring Heeled Jack kembali setelah 3 tahun menghilang. Sebelumnya Spring Heeled Jack hanya menakuti-nakuti penduduk London tapi kali ini Spring Heeled Jack melakukan pembunuhan yang terbilang sadis. Kasus Spring Heeled Jack yang pernah ditutup kembali dibuka oleh Inspektur James Rockenfield. Kecurigaan mengarah kepada Walter De La Poer Strade, seorang bangsawan muda yang gemar berbuat onar dengan kekayaan yang dimilikinya. Rockenfield sangat yakin jika Walter adalah Spring Heeled Jack dalam kasus 3 tahun yang lalu. Namun Walter menyangkal habis-habisan jika dialah pelaku pembunuhan. Sementara Rockenfield terus mencurigainya, Walter-pun berusaha mencari pelaku pembunuhan dengan caranya sendiri.
Selain jalan ceritanya yang seru, karakter Walter dalam komik ini juga menarik bagi saya. Walter digambarkan sebagai seorang pria yang suka berbuat onar, keras namun sebenarnya memiliki hati yang baik. Hanya saja Walter tidak mempunyai keberanian untuk menunjukkan sisi baiknya dan membiarkan orang lain hanya mengenalnya sebagai orang yang bermasalah dan egois. Perasaan yang dia pendam untuk kebahagian orang lain membuat saya terharu melihatnya.

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Fujita Kazuhiro
Gambar = Fujita Kazuhiro
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = Level
Tahun terbit di Indonesia = 2013
Judul Asli = Kuro Hakubutsukan Springald
Jenis = Historical, Mystery
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment