Friday, July 4, 2014

TAIL OF THE MOON





"Usagi telah berusia 15 tahun, namun ia belum lulus sekolah ninja. Lalu, sang kakek memberinya tugas pertama, ia diminta untuk melahirkan anak dari Hanzo Hattori. Awalnya Usagi menolak, namun setelah mendengar bahwa Hanzo Hattori adalah pria paling tampan se-Iga, ia pun berangkat menemui Hanzo..."

"Kisah ini terjadi pada masa Sengoku (perang saudara). di Hojiro, di selatan Iga, tinggalah Usagi, seorang gadis ninja yang masih belum bisa mendapat Ninjutsu Kaiden (kelulusan sebagai ninja sehingga boleh menerima tugas) walau usianya sudah 15 tahun. Mendadak Usagi diminta untuk menikah, dan pasangannya adalah Hanzo Hattori, pria paling tampan di Iga. Segera Usagi berangkat ke Segachi tempat Hanzo, tapi disana Hanzo malah berkata tak ingin menikah... Agar diterima oleh Hanzo, Usagi berlatih keras. Saat itu datanglah Yuri, calon pengantin lainnya untuk Hanzo. Setelah mengalami berbagai kesulitan, Usagi bertemu dengan Hanzo Hattori dari Okazaki, saudara Hanzo Hattori dari Segachi di Iga, juga kekasihnya Sara. Setelah kemudian Usagi mendengar bahwa Hanzo dan Sara pernah menjadi suami istri, Usagi menjadi shock dan kehilangan niat untuk berlatih, sehingga Hanzo menyuruhnya pergi. Dengan putus asa, Usagi pulang ke kampung halamannya. Disana, menantilah Goemon, teman semasa kecil sekaligus mantan tunangannya..."

Siapa sangka komik ini ternyata bisa meracuni saya untuk terus membacanya sampai habis dalam waktu sesingkat-singkatnya. Dari covernya seperti komik yang ditujukan untuk pembaca cewek tapi ternyata seru juga dibaca oleh cowok. Komik ini mengambil latar belakang sejarah Jepang dimasa kekuasaan Nobunaga. Tokoh utama komik ini adalah Usagi Momochi, gadis berusia 15 tahun yang tinggal di Hojiro. Karena rada o'on dan sering bolos latihan Usagi belum lulus juga sebagai ninja sedangkan sahabat dekatnya, Kame sudah lebih dulu lulus meninggalkannya. Tanba Momochi, kakek buyut Usagi sampai putus asa melihat Usagi yang tidak berbakat menjadi ninja. Tanba menawarkan pekerjaan lain kepada Usagi yaitu menikah lalu melahirkan dan membesarkan anak dengan Hanzo Hattori dari keluarga utama di Segachi. Awalnya Usagi menolak namun setelah mendengar jika Hanzo adalah laki-laki paling ganteng se-Iga, Usagi langsung berubah pikiran dan segera berangkat menuju Segachi ditemani oleh Mamezo. Hanzo yang ditemuinya ternyata menolak menikah ditambah muncul pesaing bernama Yuri, ninja wanita yang lebih hebat dari dirinya. Tidak ingin menyerah Usagi-pun kembali mulai berlatih keras agar bisa segera lulus menjadi ninja.
Demikianlah awal kisah dari tokoh utama komik ini, Usagi Momochi, gadis 15 tahun yang rada o'on dan ceroboh. Tapi dari sosok Usagi ini banyak menimbulkan kelucuan-kelucuan demikian juga tingkah kakek buyut Usagi yang kocak. Memang Usagi tidak berbakat menjadi ninja tapi Usagi memiliki kemampuan lain yang hebat yaitu sebagai tabib. Karakter-karakter lain disini mendapat porsi yang cukup dan memiliki konflik masing-masing. Seperti Gaemon mantan tunangan Usagi, Mamezo anak yatim piatu yang dibesarkan Usagi, Mitsuhide salah satu jenderal bawahan Nobunaga. Penyelesaian dari konflik mereka dapat membuat perasaan pembaca menjadi tersentuh, terharu, sedih dan bahagia. Peringatan untuk pembaca, di beberapa bagian ada adegan dewasa yang sudah disensor.

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Rinko Ueda
Gambar = Rinko Ueda
Jumlah Buku = 15 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2008 - 2009
Judul Asli = Tsuki no Shippo
Jenis = Comedy, Drama, Historical, Romance
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment