Monday, September 30, 2013

SENYUM ABADI





"DUNCAN. Tampan dan berani, dia pria impian sang putri, dan tampaknya tak lama lagi dia akan berhasil merebut mahkota kerajaan. Namun akhir-akhir ini kehidupannya tidak semulus biasanya..."

"KAKEK GREENBAX. Kakek Kodok yang serakah ini sangat menginginkan kolam penuh emas----dan suatu hati sebuah senyum misterius muncul di langit. Akan terkabulkah keinginannya?"

"JANET. Hidupnya yang monoton mendadak berubah total setelah ia menerima email dari seorang panegran Nigeria misterius yang mengatakan Janet telah terpilih untuk membantunya mencairkan sejumlah besar uang milik keluarganya."

"Tiga cerita karya dua pencerita ulung Gene Luen Yang dan Derek Kirk Kim. Gene Luen Yang mulai menggambar komik sejak kelas lima, karyanya telah memenangkan Michael L. Printz Award dan menjadi finalis National Book Award, sedangkan Derek Kirk Kim telah memenangkan penghargaan Eisner, Ignats, dan Harvey untuk karyanya."

Buku ini sudah lama saya beli namun belum sempat dibaca karena terkadang saya lebih memilih membaca komik Jepang saja. Karena saya lagi malas bongkar-bongkar tumpukan komik Jepang akhirnya saya ambil komik ini yang berada di tumpukan novel grafis saya yang jumlahnya jauh lebih sedikit. Saya ingat pertama kali membeli komik ini karena tertarik dengan sampul komik ini. Dikemas seperti edisi lux dengan tulisan dan gambar timbul.
Setelah selesai membaca komik ini saya akui komik ini memiliki cerita komik yang memang bagus, pantas saja pengarangnya beberapa kali mendapat penghargaan. Ada tiga cerita dalam komik ini yang dari sinopsinya kelihatan sepele namun memiliki cerita yang bisa memberikan kesan yang mendalam.

- Kerajaan Duncan
Bercerita tentang Duncan, prajurit muda yang memiliki hubungan asmara dengan sang putri. Suatu hari sang Raja dibunuh secara rahasia oleh pasukan raja Kodok. Sang Putri mengumumkan sayembara siapa yang bisa memenggal kepala raja Kodok akan berhak menjadi suami dan menjadi raja. Duncan pun tertarik mengikuti sayembara itu dan pergi menuju kerajaan raja Kodok di rawa-rawa. Duncan bisa menggapai apa yang dia inginkan namun Duncan masih merasa ada yang hilang dalam pencariannya. Sebuah botol Snappy Cola selalu menarik perhatiannya. Mengapa botol seperti itu bisa ada di zaman kerajaan dan selalu menghantui Duncan? Semuanya akan terjawab diakhir cerita dan menjelaskan hubungan-hubungan peristiwa yang dialami Duncan selama ini.

- Kakek Greenbax dan Senyum Abadi
Bercerita tentang Kakek Greenbax seorang kodok tua yang serakah. Keinginannya memiliki kolam emas berisikan koin-koin dan cukup dalam hingga kepalanya tidak membentur dasar kolam lagi. Suatu ketika, Filbert, asistennya yang digaji rendah menemukan sebuah senyum misterius di langit. Kakek Greenbax tidak menyiakan kesempatan ini untuk mendulang uang. Dia mendirikan gereja dengan menyamar sebagai pendeta palsu agar bisa mengumpulkan uang dari para jemaatnya. Karena keserakahannya nantinya kakek Greenbax mendapat balasan dimana dia kembali berubah menjadi kodok biasa.

- Permintaan Mendesak
Bercerita tentang Janet Oh, pekerja IT yang kesulitan bersosialiasi dan merasa jenuh karena sudah bekerja selama 7 tahun namun tidak mendapat promosi. Setelah ditolak permintaan promosinya, Janet kembali menjalani kehidupannya yang membosankan. Ditengah kebosanannya dia menerima email dari seseorang yang mengaku sebagai pangeran Henry Alembu, pangeran kerajaan Nigeria yang isinya meminta bantuan sejumlah uang untuk mengurus pencairan sejumlah dana 350 juta dollar. Janet memberikan informasi terkait rekening dan pin sampai pagi harinya Janet mendapati saldo ATM-nya habis terkuras. Selanjutnya Janet terus membantu pangeran Henry yang tetap meminta uang dengan berbagai macam alasan. Janet berkhayal seakan-akan dirinya tengah berada disuasana Afrika di negara Nigeria. Janet memiliki alasan tersendiri untuk tetap larut dalam dunia khayalnya dan sengaja membiarkan dirinya mengikuti permintaan pangeran Henry. Apa alasan sebenarnya yang disimpan Janet?

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Gene Luen Yang, Derek Kirk Kim
Gambar = Gene Luen Yang, Derek Kirk Kim
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit di Indonesia = 2010
Jenis = Fantasy, Slice of Life
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment