Sunday, September 29, 2013

LAST SUMMER CINEMA





"Asahi, Tamaki dan Yakata adalah anak-anak SMA yang cerdas. Mereka ingin sekali memberi kejutan kepada guru wali kelas mereka yang telah pindah, dengan cara membuat film independen memakai kamera film 8 mm yang tak sengaja ditemukan mereka. Tapi ternyata, membuat film tidaklah mudah dan murah! Banyak rintangan yang harus dilalui. Mampukah mereka meyelesaikannya dengan waktu yang tak banyak?!"

Komik 2 jilid ini memiliki cerita yang lumayan menghibur. Mengambil latar belakang Jepang di tahun 1960-an, bercerita tentang Asahi, Tamaki dan Yakata, tiga sahabat siswa SMA Tokuseido yang cerdas namun suka bertindak seenaknya hingga kerap mendapat hukuman. Untuk memberi kejutan kepada pak Mizuno, wali kelas mereka yang pindah ke Tokyo, Asahi cs berkeinginan membuat film dengan menggunakan kamera film 8 mm yang dipinjam dari sekolah. Film tersebut rencananya akan diikutkan dalam festival film independen unuk pelajar yang diadakan oleh universitas Minami Kureyama tempat pak Mizuno sekarang mengajar.
Script film diambil dari cerpen karya Tamaki yang berjudul 'Bendungan di Musim Panas'. Namun permasalahan mulai datang karena harga film 8 mm cukup mahal Asahi cs harus bekerja sampingan agar bisa membeli film 8 mm. Permasalahan berikutnya adalah teknik membuat film, hasil rekaman mereka tidak sesuai harapan. Gambar yang diambil mengalami out of focus (buram), over exposure (kelebihan cahaya), under exposure (kurang cahaya). Kegagalan-kegagalan yang terjadi ditambah permasalahan pribadi menimbulkan pertengkaran diantara mereka. Dari semula kompak menjadi terpecah, sampai puncaknya mereka merasa sudah tak mungkin lagi membuat film.

Nilai = 8/10
Pengarang  = Ritsu Miyako
Gambar = Ritsu Miyako
Jumlah Buku = 2 (tamat)
Penerbit = M&C
Tahun terbit di Indonesia = 2011
Jenis = Drama, School Life
Judul Asli = Gunjou Cinema
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment