Tuesday, September 24, 2013

HAPPY HELLO WORK AT AGE 21





"Taku yang baru putus dari pacarnya bertemu Maki Teruya di tempat melamar kerja. Sejak itu, hidup Taku berubah dengan kehadiran Maki. Bagaimana kelanjutan hubungan mereka?"

Dari sinopsis yang ada di cover belakang terasa kurang meyakinkan. Singkat sekali dan terlalu umum. Tapi siapa yang sangka komik ini memiliki cerita yang sangat bagus mengenai dunia kerja di Jepang, kerasnya persaingan memperebutkan lowongan kerja yang tersedia. Tidak hanya tentang dunia kerja tapi dibumbui juga dengan kisah cinta mahasiswa beserta masalah yang dihadapi, cinta, persahabatan dan keluarga.
Tokoh utama komik ini adalah Taku Hagiwara, mahasiswa tingkat 3 jurusan Manajemen Universitas Tomei. Karena sifatnya yang santai terhadap masa depan dia diputuskan oleh Akane Hayama. Padahal mereka sudah menjalin hubungan selama 3 tahun. Akane mencoba memberi semangat kepada Taku dengan membandingkan dirinya dengan Masaru Amano dari perusahaan Sumihishi dimana pada umur 28, pendapatan tahunannya sebesar 8 juta Yen. Namun Taku dengan mudahnya mengatakan seburuk-buruknya jika tidak mendapat pekerjaan bisa melanjutkan usaha laundry keluarganya di Sendai. Pemikiran tersebut tidak disukai oleh Akane. Putus dari Akane membuat Taku stress dan murung ditambah dia melihat Akane berjalan dengan seorang pria di Shibuya. Taku merasa lenyap sudah tujuan yang dia buat bersama Akane.
Di sebuah acara bursa kerja, Taku memberanikan diri bertanya 'Mungkinkah di usia 28 mendapat gaji tahunan lebih dari 8 juta Yen'. Pertanyaannya menarik perhatian seorang peserta wanita bernama Maki Teruya dan dia seolah sudah mengenal Taku sejak lama. Identitas Maki sebenarnya adalah seorang aktris terkenal dengan nama lain Izumi Kirishima yang sedang dicari-cari karena tiba-tiba menghilang. Sebenarnya mereka berdua sudah pernah bertemu 2 tahun yang lalu ketika syuting di pulau Miyako dimana Taku bekerja sebagai kru pembantu. Alasan Maki ingin meninggalkan dunia entertaiment untuk mencari pekerjaan yang normal. Karena itu Maki memohon kepada Taku agar diperbolehan tinggal bersama akibat dirinya yang selalu dikejar-kejar orang-orang dari agen film.
Tinggal bersama Maki membawa perubahan pada diri Taku. Mereka merasa senasib dalam mencari pekerjaan. Beberapa kali melamar namun beberapa kali juga mengalami penolakan. Sampai akhirnya Taku mendapat kesempatan bekerja magang selama 3 hari di perusahaan My Star Stationery LTD.

Cerita dalam komik ini bisa dijadikan inspirasi agar tidak mudah menyerah mencari pekerjaan yang sesuai seperti yang dilakukan Taku dan Maki yang saling mendukung berikut juga para sahabat Taku. Permasalahan yang dihadapi para pencari kerja mirip-mirip dengan yang dialami di Indonesia. Jika berasal dari universitas yang tidak terkenal kemungkinan besar sudah gagal dalam seleksi CV. Pertanyaan-pertanyaan klasik interview yang diajukan seperti harus memilih mana jika secara bersamaan ada kejadian penting antara pekerjaan atau keluarga. Kegalauan hati para pencari kerja ketika lamaran pekerjaan selalu berakhir dengan penolakan, pertanyaan kepada diri sendiri, mengapa kita harus bekerja, apa yang kita cari dalam hidup ini. Komik ini sangat saya rekomendasikan terutama untuk para mahasiswa yang sudah bersiap-siap mencari pekerjaan.

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Chiho Watanabe, Katsumi Yamaguchi
Gambar = Katsumi Yamaguchi
Jumlah Buku = 5 (tamat)
Penerbit = Level
Tahun terbit di Indonesia = 2009 - 2011
Jenis = Drama, Slice of Life
Judul Asli = Takunabi
DQ Review Komik


Contoh Gambar

1 comment:

  1. " mengapa kita harus bekerja, apa yang kita cari dalam hidup ini" boss saya juga sering ngomong gitu :))

    wah level yang terbitan tahun itu saya gak ngikuti karena lagi kere. Pantesan gak tahu komik ini pernah ada....

    ReplyDelete