Saturday, July 20, 2013

TITIK BALIK: INVASI D-DAY





"Pada 6 Juni 1944 balatentara Sekutu mengerahkan 1.000.000 prajurit untuk merebut pantai Normandia, Prancis, dari tangan Nazi Jerman. Serbuan ini, yang diberi nama Operation Overlord, disebut sebagai titik balik medan laga Eropa dalam Perang Dunia II karena nyaris seterusnya mengubah posisi Nazi Jerman dari menyerang menjadi bertahan.
Komik sejarah perang ini menghidupkan kembali keberanian, keteguhan dan kecerdikan para prajurit yang berjuang keras menjebol pertahanan Nazi Jerman yang kesohor dengan nama Benteng Atlantik.
'Soldiers, Sailors and Airmen of the Allied Expeditionary Force: You are about to embark upon the great crusade-- Para prajurit, pelaut, dan penerbang Pasukan Ekspedisi Sekutu: kalian akan segera melakukan perang suci terbesar.' Jenderal Dwight D. Eisenhower, Panglima SHAEF, 6 Juni 1944."

Komik ini merupakan salah satu dari Komik Sejarah Perang. Saya merasa dejavu membaca penyerangan ini. Jadi ingat saat dulu bermain game PS2 yang berjudul Medal of Honor: Frontline. Dalam gamenya ikut merasakan pendaratan pasukan Sekutu ke pantai Normandia dengan diiringi desingan-desingan peluru lawan. Tapi saya tidak bisa melanjutkan sampai selesai karena tidak kuat memainkan game bertipe first person shooter yang bisa membuat efek kepala pusing.
Penyerangan ke pantai Normandy ini merupakan salah salah satu pertempuran paling menentukan dalam Perang Dunia II. Awal dari rencana Sekutu untuk merebut kembali Eropa. Hasil invasi ini memutus hubungan Jerman dengan pelabuhan Atlantik di Prancis, menghilangkan sistem radar pertahanan dini Luftwaffe (Angkatan Udara Jerman) dan mempermudah pesawat-pesawat pembom Sekutu menyerang berbagai kota di Jerman.

Nilai = 8/10
Pengarang  = Doug Murray
Gambar = Richard Elson, Anthony Williams
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = KPG
Tahun terbit di Indonesia = 2008
Judul Asli = The Tide Turns: D-Day Invasion
Jenis = Historical
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment