Friday, July 19, 2013

PERTEMPURAN TERAKHIR HITLER: PERTEMPURAN BULGE





"Pada September 1944 Nazi Jerman terdesak perang di dua front. Di front Timur, Uni Soviet berhasil memukul-balik pasukan Nazi Jerman. Di front Barat, Sekutu sudah menguasai Belgia dan Belanda, dan bersiap-siap menerobos masuk ke perbatasan Jerman.
Pada 16 Desember 1944, Hilter mengerahkan segenap sisa kekuatan militer Jerman untuk menembus pegunungan Ardennes sampai ke Belgia guna memotong jalur perbekalan Sekutu. Operasi itu, yang dinamakan Wacht am Rhein (Pengawasan Rhein), tersandung kegigihan pasukan Sekutu yang membela kota Bastogne, Belgia. Sekutu tidak saja berhasil menggagalkan rencana Hitler, tapi juga menghancurkan pasukan terbaik Jerman. Ketika Uni Soviet mulai masuk Berlin pada 13 Januari 1945, Hitler mati daya, karena pasukan-pasukan tank terakhirnya sudah menjadi rongsokan di pegunungan Ardennes.
'Soldaten der Westfront, Eure grosse Stunde hat gecshlagen. Es geht ums Ganze!-- Para prajurit front Barat, waktumu telah tiba. Segalanya sedang dipertaruhkan!' Panglima Angkatan Darat Jerman Gerd von Runstedt, 16 Desember 1944."

Komik ini merupakan salah satu dari Komik Sejarah Perang. Bercerita tentang pertempuran terakhir Jerman untuk mencegah masuk Sekutu. Pertempuran terjadi di Belgia dan dinamakan Pertempuran Bulge atau dikenal juga dengan nama Pertempuran Ardennes, pertempuran paling berdarah dan penting dalam Perang Dunia II. Usaha besar-besaran terakhir Jerman untuk mengalahkan pasukan Sekutu di barat sebelum mencapai Jerman namun berakhir dengan kekalahan besar Jerman.

Nilai = 8/10
Pengarang  = Bill Cain
Gambar = Ron Wagner, Dheeraj Verma
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = KPG
Tahun terbit di Indonesia = 2008
Judul Asli = Hitler's Last Gamble: Battle of the Bulge
Jenis = Historical
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment