Sunday, July 21, 2013

MISI APOLLO 13





"Tak ada seseorangpun yang mengharapkan terjadinya bencana. Akan tetapi, bilamana bencana itu datang, satu hal yang perlu dilakukan; berjuang menghadapinya, menyatukan tenaga dan pikiran demi secercah harapan. Demikianlah bacaan ini hadir. Tidak hanya memberi gambaran bilamana sebuah bencana menghampiri hidup, tapi juga semangat untuk meraih harapan.
Informasi tambahan menyediakan fakta-fakta kunci untuk menambah pengetahuan kalian.
Judul-judul dalam buku ini:
- Misi Apollo 13
- Pandemik Flu 1918
- Gempa Bumi Besar dan Kebakaran Hebat San Francisco"

Komik ini merupakan salah satu dari serial Komik Sains khusus Bencana dalam Sejarah. Membaca komik ini membantu kita menambah pengetahuan tentang bencana-bencana besar yang pernah terjadi.
Berikut 3 cerita bencana diantaranya.

- Misi Apollo 13
Bercerita tentang masalah yang dihadap para awak astronaut Apollo 13. Tanggal 13 April 1970 sistem pesawat mengalami kerusakan. Selama 6 hari mereka mencoba bertahan dan berhasil kembali ke bumi dengan masing-masing mengalami dehidrasi yang parah.

- Pandemik Flu 1918
Bercerita tentang penularan penyakit flu yang melanda Amerika di tahun 1918. Amerika dilanda kalang kabut karena tidak ada vaksin yang bisa mencegahnya. Kira-kira sebanyak 675.000 orang Amerika meninggal karenanya. Namun anehnya penyakit ini lenyap secara misterius, dokter percaya bahwa virusnya mati karena kehabisan orang untuk dijangkiti.

- Gempa Bumi Besar dan Kebakaran Hebat San Francisco
Bercerita tentang gempa besar yang melanda San Francisco pada tanggal 18 April 1906. Guncangan gempa mengakibatkan kebakaran hebat karena bocornya gas alam dan lilin-lilin yang terjatuh. Bencana ini menghancurkan lebih dari 28.000 gedung di daerah yang luasnya sekitar 4 mil persegi (10 km persegi). Jumlah penduduk yang meninggal awalnya diperkirakan sekitar 500 orang. Namun kini, ahli sejarah yakin bahwa 3.000 orang meninggal akibat bencana tersebut.

Nilai = 8/10
Pengarang  = Donald B. Lemke, Katherine Krohn, Michael Burgan
Gambar = Keith Tucker, Bob Hall, Keith Williams, Charles Barnett III, Phil Miller
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2010
Judul Asli = Disasters in History - The Apollo 13 Mission -The 1918 Flu Pandemic - The Great San Francisco Eartquake and Fire
Jenis = Historical
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment