Sunday, July 24, 2016

SAM PEK ENG TAY





"Kisah kasih kupu-kupu. Terdorong keinginan kuat untuk bersekolah, Giok Eng Tay, putri Giok Kong Wan, pensiunan camat Zhejiang, memberanikan diri untuk berangkat ke Hangzhou dengan menyamar sebagai laki-laki. Di perjalanan, ia bertemu Nio Sam Pek, pemuda tampan sederhana, cerdas, namun lugu. Mereka pun menjalin persahabatan dan kedekatan. Keduanya sepakat untuk menjadi saudara angkat."

"Kisah pun berlanjut dalam rajutan benang cinta sepanjang tiga tahun kebersamaan mereka. Namun realitas selalu berbeda dengan romantika harapan cinta, hubungan mereka tak direstui oleh Giok Kong Wan. Giok Eng Tay telah dijodohkan oleh pemuda lain yang lebih bergelimang harta, tahta, strata, dan talenta daripada Nio Sam Pek. Bagaimanakah kelanjutan kisah mereka? Akankah mereka dapat terus bersama?"

Komik ini merupakan karya komikus lokal pada gambar sedangkan ceritanya mengangkat kisah legenda rakyat Cina tentang kasih tak sampai antara Sam Pek dan Eng Tay. Kisah yang sangat terkenal bahkan telah dianggap sebagai 'Romeo dan Juliet' versi Tiongkok. Komik ini dikemas dengan kemasan yang bagus dengan tulisan dan gambar timbul pada sampulnya, kualitas kertas yang bagus serta tiap halaman penuh dengan warna.
Membaca komik Sam Pek Eng Tay mau tidak mau membuat saya mengingat kembali ke tahun 1994 waktu masih kuliah. Kisah Sam Pek Eng Tay pertama kali saya kenal dari menonton versi layar lebarnya yaitu The Lovers. Saat itu filmnya telah membuat saya terkesan dan membekas. Sekarang saya kembali bernostalgia dengan kisah Sam Pek Eng Tay namun dalam versi komik. Cerita di komik ini sama seperti versi filmnya yang membuat saya kembali larut menikmati kisah percintaan antara Sam Pek dan Eng Tay. Tanpa terasa sudah selesai dan saya menikmatinya. Cerita yang memang sudah bagus disertai dengan presentasi gambar berwarna yang juga bagus. Di akhir cerita diselipkan 2 halaman tentang informasi Sam Pek Eng Tay di Cina dan pengaruhnya di Indonesia.

Nilai = 9/10
Pengarang  = Handaka Vijjananda
Gambar = Moon Eclipse Studio, Lufy Maknamedia
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = MI Comic
Tahun terbit di Indonesia = 2013
Jumlah Halaman = 120
Jenis =  Historical, Romance
DQ Review Komik
 

Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment