Wednesday, July 20, 2016

JEPANG TENGGELAM!





"Toshio dan Shinji, yang sedang minum-minum di suatu bar di Shinjuku tiba-tiba mengalami peristiwa aneh. Seluruh gedung terbelah dan tersedot ke dalam tanah seperti spiral sementara gedung-gedung di sekitarnya tidak mengalami apa-apa. Dalam keadaan genting, Toshio dan Reiko, seorang petugas penyelamat yang sedang cuti harus bekerja sama menyelamatkan semua orang yang ada dalam gedung itu. Mampukah semua orang diselamatkan? Apakah fenomena ini merupakan puncak gunung es menuju bencana yang lebih besar untuk Jepang?!"

"Abad 21, Shinjuku, Tokyo di bulan November, Toshio seorang pilot kapal selam, bersama Shinji teman sejawatnya memasuki sebuah kedai minuman dan mengalami kejadian luar biasa yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Tenggelamnya sebuah gedung ke dalam tanah!! Berkat kecekatan Shinji, Reiko yang dikenalnya tanpa sengaja dan profesor Yosuke, semua korban berhasil diselamatkan. Akan tetapi kejadian luar biasa di Shinjuku ini telah mengubah takdir mereka. Bahkan, takdir negara kepulauan Jepang juga..."

Komik 15 jilid ini merupakan karya komikus Jepang, kolaborasi antara Komatsu Sakyou pada cerita dan Ishiki Tokihiko pada gambar. Yang membuat penasaran untuk membaca komik ini ada pada judulnya yang unik  yaitu 'Jepang Tenggelam!'. Awalnya saya mengira 'Jepang Tenggelam!' adalah kata kiasan saja tetapi ternyata tidak. 'Jepang Tenggelam!' memang benar-benar berarti kepulauan Jepang tenggelam secara harfiah. Berdasarkan informasi dari internet, komik ini dibuat berdasarkan novel karya Komatsu Sakyou yang berjudul Nihon Chinbotsu (judul yang sama dengan komik ini) yang diterbitkan pada tahun 1973. Filmnya pun sudah dibuat di tahun 1973 dan diremake di tahun 2006.
Level memberikan 8 halaman berwarna pada jilid pertama komik ini. Tapi sayangnya mulai dari jilid 2 sampai 15 tidak ditemukan lagi halaman berwarna. Kemudian ada yang membuat penasaran pada cover jilid 14 dan 15 yang hanya berupa warna putih dan hitam polos. Tidak seperti biasa karena pada jilid 1 sampai 13 gambar cover berisikan gambar yang menarik.
 
Peristiwa tenggelamnya gedung bar di Shinjuku
Komik ini bercerita tentang bencana yang teramat besar yang menimpa negara Jepang. Dimulai dari peristiwa aneh yang menimpa sebuah bangunan bar di Shinjuku. Peringatan dari profesor Yosuke akan datangnya bahaya pada gedung tersebut menjadi kenyataan. Dalam waktu singkat gedung terhisap ke dalam tanah. Namun berkat kerja sama para pengunjung terutama oleh Toshio Onodera, pilot kapal selam yang memiliki kemampuan mendeteksi ancaman bahaya dan Reiko Abe, anggota tim penyelamat khusus pemadam kebakaran yang sedang tidak bertugas, semua pengunjung bar dan penghuni gedung berhasil diselamatkan.
Terhisapnya gedung ke dalam tanah merupakan awal dari fenomena aneh bencana alam yang akan datang menyerang Jepang silih berganti. Bencana selanjutnya datang dengan selang waktu yang berdekatan. Gempa akibat aktivitas gunung Amagi dilajutkan dengan gempa dan tsunami di teluk Sagami. Pemerintah Jepang diam-diam membentuk project dengan nama D Project dengan profesor Yusuke sebagai inti dari project tersebut. Para anggotanya terdiri dari beberapa ahli dari bidangnya masing-masing. Dari hasil penelitian D Project untuk tempat terjadinya bencana alam berikutnya sudah hampir bisa dipastikan. Dalam waktu 2 hari lagi bencana alam akan terjadi menimpa Kyoto. Perdana Menteri Shigehiro Ogata menghadapi dilema karena keputusan berikutnya diserahkan kepadanya untuk menjelaskan kepada publik dengan bahasa pemerintah.

Menghabiskan membaca 15 jilid komik ini sangat menyenangkan dan memuaskan. Berikut adalah bagian-bagian menarik yang saya dapati dari komik ini.

1. Berbagai macam karakter dari berbagai profesi yang memberikan berbagai macam gambaran psikologis pro dan kontra dalam menyikapi bencana besar ini. Mereka berasal dari kalangan pemerintahan, akademisi, profesional dan lain-lain.
Berikut beberapa karakter yang menonjol dari komik ini.

Toshio Onodera
Reiko Abe
- Toshio Onodera
Pilot kapal selam laut dalam. Walau sangat berbakat, kepribadiannya sulit ditebak dan muram. Setelah berkali-kali terlibat dalam berbagai bencana, D Project yang membutuhkan kemampuannya memintanya bergabung. Setelah mengalami berbagai halangan, dia menerima ajakan itu.

- Reiko Abe
Anggota pasukan hyper pemadam kebakaran Tokyo. Wanita ceria yang memiliki dedikasi tinggi pada pekerjaannya. Sambil terus berusaha melupakan rasa sukanya pada Toshio, dia memberi bantuan di berbagai daerah.

Shinji Yuki
Yusuke Tadokoro

- Shinji Yuki
Junior dan pilot kapal laut dari perusahaan yang sama dengan Toshio. Mudah bergaul dan menjunjung tinggi kebenaran. Akrab dengan Toshio dan sangat mengaguminya.

- Yusuke Tadokoro
Serigala ilmu geofisika yang mempercayai imajinasi dan firasat. Berusaha mengumpulkan data secara mandiri, mengadakan eksploitasi lokasi, dan berusaha mengerti perubahan kepulauan yang ganjil. Tokoh penting dalam D Project.
Kazunari Nakata
Shigehiro Ogata
- Kazunari Nakata
Seorang ilmuwan ahli di bidang ilmu komunikasi dan psikologi yang bertahun-tahun melakukan penelitian di Amerika. Memiliki kemampuan berpikir cepat dan rasional, serta mengabdikan diri dalam D Project.

- Shigehiro Ogata
Perdana Menteri saat ini. Menyadari kondisi kritis yang melanda Jepang dan mendukung pelaksanaan D Project dari balik layar. Tapi setelah menyaksikan musibah beruntun yang terjadi, dia mulai sadar dan pergi ke Kunamoto untuk mengumumkan prediksi meletusnya gunung Aso.

Rokuru Go
- Rokuro Go
Teman masa kecil Toshio. Dulu dia suka mengurung diri di kamar. Berkat bujukan Toshio, dia berhasil mengubah diri dan membantu aktivitas evakuasi penduduk melalui internet. Saat ini berperan sebagai pemimpin D Project di lapangan.

2. Tema tentang bencana yang terasa segar idenya dan banyak memberikan gambaran yang tidak pernah diduga. Konflik yang beraneka ragam mulai dari pertentangan terhadap teori yang diajukan profesor Yusuke, beratnya beban yang ditanggung Perdana Menteri Shigehiro Ogata ketika harus mengumumkan prediksi terjadinya bencana, hubungan yang kaku namun sangat menarik antara Toshio Onodera dan Reiko Abe serta konflik persahabatan antara Toshio dan Shinji.

Hubungan Toshio dan Reiko yang kaku
Ketika terjadi bencana beberapa orang berusaha mengambil kesempatan seolah-olah ingin menjadi orang yang berjasa. Contoh orang-orang tersebut adalah profesor Yamashiro yang sengaja memakai teori milik profesor Yusuke walau pada awalnya ditentang habis-habisan olehnya. Oyanagi, politikus kolot yang dengan sengaja memanfaatkan terjadinya bencana untuk merebut kursi perdana menteri.
Perubahan kondisi psikologi rakyat Jepang akibat bencana yang membuat mereka kehilangan sisi kemanusiaan. Untuk kepentingan sendiri dan kelompok tanpa berpikir panjang membunuh orang lain yang dianggap mencurigakan. Terlihat sekali rasa keputusasaan membungkus pada mereka. Sebagian besar kepulauan Jepang diprediksi akan tenggelam dalam waktu kurang dari 1 tahun membuat pemerintah Jepang berpacu dengan waktu. Mereka meminta bantuan pihak internasional untuk bersedia menampung para pengungsi dari Jepang walau harus menerima syarat yang berat. Syarat yang dianggap dapat merendahkan harga diri orang-orang Jepang.

3. Lainnya.

Penyelaman dasar bawah laut yang mencekam
- Penggambaran penelitian bawah laut ketika kapal selam kecil menyelam ke dalam palung hingga kedalaman 10000 meter. Gambar yang disajikan memberikan rasa takjub, tegang dan mencekam.

Kengerian badai api akibat gempa Tokyo
- Penggambaran terjadinya bencana alam seperti gempa yang menimpa Tokyo yang mengerikan. Manusia terlempar kesana kemari akibat gempa. Kemudian terjadi badai api akibat kebakaran hebat. Dari kejauhan terlihat tubuh manusia melayang-layang dalam pusaran badai api.

Aksi penyelamatan dari Reiko dan team yang menegangkan
- Penggambaran aksi Reiko berserta team dalam menyelamatkan korban bencana alam yang berlangsung menegangkan.

Penjelasan geologi 1
Penjelasan geologi 2
- Penjelasan secara ilmiah tentang kondisi geologi Jepang yang menarik. Bencana gempa dan tsunami yang menimpa Sumatera Indonesia tahun 2004 juga ikut dijadikan referensi bencana pada komik ini.

Jika ingin melihat cuplikan dahsyatnya bencana pada filmnya bisa mampir ke link Youtube ini.

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Komatsu Sakyou
Gambar = Ishiki Tokihiko
Jumlah Buku = 15 (tamat)
Penerbit = Level
Tahun terbit di Indonesia = 2008 - 2011
Judul Asli = Nihon Chinbotsu!
Jenis =  Drama, Psychological
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment