Monday, May 16, 2016

KINDAICHI 20TH ANNIVERSARY SERIES





"Hajime dan Miyuki diundang teman sekelas semasa SMP, Mayu Midorikawa, untuk mengunjungi desa Hitokui, sebuah desa di pedalaman gunung yang menyajikan pemandangan 'kota kuno Showa'. Meski demikian, di balik pemandangan nostalgi itu, tersembunyilah kejahatan yang mengancam. Pada malam pertama mereka di sana, jembatan gantung yang menjadi satu-satunya penghubung desa, terbakar. Dan itu hanya permulaan dari kasus pembunuhan berantai di laboratorium Hitokui yang disebut-sebut sebagai tempat 'pemangsa manusia'."

Dua hari ini kebetulan bisa mereview komik Kindaichi berturut-turut. Kemaren komik Kindaichi - Special Case - Pembunuhan di Ruang Game yang oneshot dan yang ini Kindaichi 20th Anniversary Series yang serial. Dari nama judulnya berarti komik ini dibuat untuk merayakan 20 tahun keberadaan serial Kindaichi. Sudah lama juga serial Kindaichi ini hadir di mana waktu pertama kali komik Kindaichi terbit di Indonesia tahun 1999 saya sudah mengikutinya. Saya pikir waktu itu hanya detektif Conan saja yang bagus ternyata masih ada komik detektif lain yang tidak kalah bagusnya. Kalau Conan dengan ciri khasnya dengan gambar yang kartun dan memecahkan kasus dengan bantuan alat-alat canggih sedangkan Kindaichi dengan gambar yang lebih manusia dan memecahkan kasus tanpa bantuan alat-alat canggih. Komik Kindaichi telah menambah bendahara jenis komik detektif yang terbit di Indonesia dan masuk dalam radar wajib dibaca bagi penggemar komik detektif di Indonesia.

Komik Kindaichi 20th Anniversary Series terbit dalam 5 jilid dan terdiri dari 4 kasus yang menarik, menegangkan dan mendebarkan. Berikut ke 4 kasus tersebut.

- Kasus Pembunuhan di Lab Pemangsa Manusia
Kindaichi dan Miyuki datang ke desa Hitokui untuk memenuhi undangan Mayu Midorikawa, teman semasa SMP. Desa Hitokui adalah desa 'nostalgia' berbau Showa dan terhubung dengan dunia luar hanya dengan satu jembatan gantung. Mereka bersama tamu lainnya menginap di lab Hitokui, sebuah laboratorium yang dibangun untuk meneliti 'Biomassa Alga' sumber energi masa depan. Reuni yang tidak menyenangkan karena malam itu seseorang di sana telah memulai melakukan pembunuhan.

- Kasus Pembunuhan Harta Hongkong Kowloon
Kindaichi dan Miyuki berangkat ke Hongkong karena Miyuki menerima tawaran pekerjaan sebagai model di event besar Tokyo Girly Mode in Hongkong. Tapi di tengah wisata, Miyuki diculik oleh sekelompok orang. Setelah itu Kindaichi bertemu dengan Lan, model yang wajahnya mirip dengan Miyuki. Malamnya saat makan malam bersama, salah satu orang yang berkaitan dengan event terbunuh di depan mata Kindaichi.

- Kasus Pembunuhan Istana Kegelapan
Kindaichi dan Miyuki mendapatkan tiket untuk datang ke event istana kegelapan setelah sedikit melakukan trik untuk mendapatkannya. Tujuan event kegelapan adalah memberikan sensasi berbeda ketika mencari dan menemukan pasangan di dalam kegelapan. Saat event dimulai, Kindaichi samar-samar mendengar suara rintihan dan bunyi orang terjatuh. Atas permintaan Kindaichi, event dihentikan lebih cepat dan ketika lampu dinyalakan, salah satu peserta ditemukan tewas terbunuh.

- Kasus Pembunuhan Kediaman Salib Mawar
Kindaichi dan Miyuki memenuhi permintaan Yuichi Takato 'Penyihir dari Neraka', musuh bebuyutannya untuk melindungi adik Takato dari ancaman pembunuhan oleh seseorang yang mengaku sebagai 'Rosenkreuz'. Mereka tiba di kediaman Salib Mawar yang terletak di desa terpencil. Pada saat makan malam, hidangan yang datang bukan berisikan ayam panggang melainkan potongan-potongan tubuh mayat manusia.

Keempat kasus di atas mampu memberikan rasa tegang dan penasaran seperti kasus-kasus Kindaichi sebelumnya. Siapa pelaku kejahatannya? bagaimana cara melakukannya? apa motif pembunuhannya. Semuanya dijawab dengan tuntas dan jelas oleh Kindaichi. Hubungan Kindaichi dan Miyuki pun juga masih sama seperti dulu. Dibilang pacaran, enggak, dibilang dekat, iya.
Ada sesuatu yang berbeda di cerita terakhir pada Kasus Pembunuhan Kediaman Salib Mawar. Biasanya Kindaichi selalu mengejar Yuichi Takato, Penyihir dari Neraka, rival abadinya, pembunuh jenius yang licin. Kali ini mereka bekerja sama atas permintaan Takato untuk melindungi adik tirinya yang terancam dibunuh dengan imbalan Takato dengan suka rela akan menyerahkan diri kepada kepolisian setelah kasus ini selesai. Kerja sama antara mereka berdua memberikan sensasi yang tidak kalah hebatnya dengan kerja sama antara Kindaichi dan inspektur Akechi. Sama-sama jenius dan sama-sama hebat dalam menganalisa siapa pelaku pembunuhan dan cara pembunuhan yang dianggap mustahil untuk dilakukan.

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Seimaru Amagi
Gambar = Fumiya Sato
Jumlah Buku = 5 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2014
Judul Asli = Kindaichi Shonen no Jikenbo - 20th Anniversary Series
Jenis = Mystery,  Psychological
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment