Monday, May 30, 2016

DOOR HOUSE





"Gara-gara pak Jerry tetangga Ami sering tidak ada, Ami terpaksa rela dititipkan kotak misterius oleh kurir. Namun, banyak kejadian aneh yang muncul sejak kotak itu tiba. Orang-orang di sekitar Ami banyak yang perabotan rumahnya hilang dan pintu apartemen Ami yang sudah terkunci jadi sering terbuka sendiri. Bahkan di hari yang sama, Cici teman sekelas Ami pun menghilang! Mungkinkah semua ini berhubungan...!?"

Komik oneshot ini merupakan karya komikus Jepang, Yoko Matsumoto yang berkolaborasi dengan Jiro Akagawa. Komik misteri yang saya baca ini merupakan terbitan ulang tahun dari komik yang terbit pertama kali di tahun 1993. Terjemahannya tidak berubah masih kental dengan suasana jadul di mana nama-nama karakternya yang harusnya bernama Jepang diganti dengan nama yang berbau kebarat-baratan. Komik ini memiliki 3 cerita pendek yang cukup menghibur. Berikut cerita di antaranya. 

- Door House
Bercerita tentang Ami yang merasakan keanehan pada lingkungan sekitar apartemen mereka semenjak ada kotak misterius yang dititipkan di ruangan mereka. Pintu ruangan yang sudah terkunci jadi terbuka, perabotan milik tetangga yang hilang dan Cici, teman sekelas Ami juga turut menghilang. Dilanda penasaran, ketika Ami dan sang ibu hendak membuka kotak tersebut tiba-tiba mereka dikejutkan oleh kedatangan pak Jerry, pria misterius sang pemilik kotak.
Catatan: cerita bagian ini terasa kurang greget karena fungsi kotak tersebut tidak dijelaskan untuk apa. Di mangaupdates cerita pertama komik ini berjudul Doll House dan terasa lebih mengena dibandingkan dengan judul Door House.




- Cursed Dool
Bercerita tentang Rika yang merasa cemburu terhadap Mia, sahabatnya sendiri. Di hari ulang tahunnya, kak Yuki yang disukainya datang berdampingan bersama Mia. Dari salah satu hadiah yang diterima Rika ada satu boneka yang bisa digunakan untuk mengutuk. Walau sudah diminta oleh Tina, sang pembantu untuk membuangnya namun Rika tetap menyimpan boneka terebut untuk dipakai melenyapkan nyawa Mia, sahabatnya sendiri.
Catatan: cerita bagian ini cukup menghibur ditambah dengan adanya twist yang tidak terduga.

- Red Shadow
Bercerita tentang Kaoru yang tengah berada di dalam mobil di sebuah daerah terpencil. Dalam mobil yang tengah berhenti, kepada calon suaminya, Kaoru bercerita tentang masa lalunya sewaktu liburan saat dia masih kelas 2 SMP di daerah tersebut. Liburan dengan menyewa villa yang seharusnya berjalan menyenangkan tidak berjalan dengan sesuai karena ada 'sesuatu' yang menakutkan dari ruangan bawah tanah.
Catatan: cerita bagian ini cukup mencekam

Nilai = 8/10
Pengarang  = Yoko Matsumoto, Jiro Akagawa
Gambar = Yoko Matsumoto
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 1993 (terbit ulang 2013)
Judul Asli = Kaiki Hakubutsukan
Jenis =  Mystery, Psychological
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment