Saturday, May 7, 2016

HALF MOON





"Jatuh cinta memang berjuta rasanya, tapi jika jatuh cinta kepada kakak tiri sendiri, berjuta pusingnya. Inilah yang dirasakan Yu Enoki. Awal ceritanya, dia harus berperan sebagai pacar kakaknya, dalam film, ternyata dia sudah lama mencintai kakaknya. Pucuk dicinta ulampun tiba, sang kakak juga mulai menaruh perhatian. Kisah cintanya semakin ruwet setelah datangnya arjuna lain. Bagaimana sikap Yu terhadap kedua pria tersebut, baca aja deh komik ini seterusnya!"

"Sejak kematian orang tuanya, Yu Enoki hidup bahagia bersama kakak angkatnya. Tapi secara tidak sengaja dia mengikuti seleksi pemain film 'After 8' untuk bermain bersama penyanyi terkenal Hirosato Oda. Karena bakatnya yang besar, Yu terpilih sebagai pemain. Dalam film itu Yu menjadi tokoh yang dicintai oleh Hirosato dan kakaknya Shinichi Serizawa, yang juga man dalam film itu. Walaupun Shinichi adalah kakaknya, tetapi Yu mulai merasakan kalau dia bukan hanya menganggap Shinichi sebagai kakak. Sementara itu Hiromi So, tunangan Shinichi, mengetahui hubungan Yu dan Shinichi sehingga dia tidak bisa menerimanya walaupun dia tahu kalau Shinichi dan Yu adalah kakak adik. Sementara Yu berjuang untuk meyakinkan dirinya agar tidak mencintai Shinichi, Hirosato mendekatinya dengan kebaikan dan kehangatannya."

Komik jadul ini merupakan karya komikus Jepang, Michiyo Akaishi yang namanya sudah terkenal di Indonesia. Di terbitkan tahun 1994 di mana saat itu saya baru saja lulus SMA jadi kebayang banget betapa jadulnya. Terbit cukup lama dan baru saat ini saya berkesempatan untuk membacanya. Komik ini bercerita tentang Yu Enoki, gadis remaja yang manis namun tomboy. Yu mengikuti seleksi dalam film After 8 setelah Mayumi, sahabatnya, diam-diam mengirim surat lamaran memakai nama dirinya. Yu lolos seleksi untuk kemudian berperan sebagai Half Moon, gadis misterius yang disukai oleh Yusuke yang diperankan Hirosato Oda dan Okura yang diperankan Shinichi Serizawa. Masalahnya Shinichi adalah kakak tirinya yang telah membesarkan dirinya sejak umur 9 tahun selama 8 tahun. Walau Yu selalu mencoba menganggap Shinichi sebagai kakak namun perasaannya berharap lebih karena mereka tidak sedarah. Sampai akhirnya mereka menjalani adegan ciuman yang menjadi gosip jika mereka berdua tengah berpacaran. Yu merrasa bersalah karena keterlibatannya bermain film telah membuat hubungan Shinichi dan tunangannya, Hiromi So menjadi berantakan.

Biasanya kalau membaca komik karya Michiyo Akaishi selalu ada yang spesial dari ceritanya. Tapi setelah habis membaca 6 jilid komik Half Moon terasa kurang berkesan. Apakah karena ceritanya yang sudah ketinggalan jaman karena komik ini sudah jadul terbitnya. Konflik di dalamnya banyak yang lebay dan tidak kuat antara lain cinta segitiga antara Yu Enoki, Shinichi Serizawa, Hirosato Oda ditambah lagi masuknya cowok lain, Tatsuhito Yuzuma yang terasa datar. Persaingan sesama artis antara Yu Enoki dan Yuki Mizumura yang terasa datar juga. Lalu cerita tentang orang tua Yu Enoki yang tampil sekedarnya.

Nilai = 7/10
Pengarang  = Michiyo Akaishi
Gambar = Michiyo Akaishi
Jumlah Buku = 6 (tamat)
Penerbit = Gramedia
Tahun terbit di Indonesia = 1994
Jenis = Drama
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment