Wednesday, February 24, 2016

LIGHT NOVEL FICTION OR REALITY?





"Seorang karakter dengan nama sama seperti dalam novel, dicurigai dibunuh dengan cara yang sama seperti dalam novel. Seorang pengarang Light Novel terkenal berstatus mahasiswa, Ryuu Sasakura, bertemu dengan seorang anak laki-laki yang merupakan penggemarnya, Mikato, di apartemen Sasakura sendiri. Nama Mikato sama seperti karakter yang muncul dalam karya Sasakura. Pertemuan ini membuat Sasakura merasa sangat tidak enak hati. Hal itu karena dalam novel yang baru saja diselesaikannya, Sasakura telah membunuh tokoh Mikato..."

"Sasakura bertemu dengan Mikato, seorang siswa SD yang mengaku sebagai penggemar, di lingkungan apartemennya. Nama Mikato sama seperti karakter yang muncul dalam 'Gazelle', novel yang sedang ditulisnya. Sasakura yang di dalam volume terbaru telah membunuh karakter Mikato, merasa terguncang. Setelah itu, dia menerima email misterius. Seseorang terbunuh seolah meniru kejadian dalam novel. Sasakura pun secara terpaksa jadi terlibat dalam kasus ini."

Komik ini bercerita tentang Ryuu Sasakura, mahasiswa yang juga pengarang Light Novel yang terkenal. Light Novel adalah sebuah gaya penulisan novel di Jepang dengan target pembaca para remaja usia SMP dan SMA dengan jumlah halaman yang biasanya tidak lebih dari 200 halaman. Ketika hendak ke minimarket, Sasakura berpapasan dengan seorang anak SD di lorong apartemen. Anak SD bernama Mikato ini mengaku sebagai penggemar karya Sasakura. Mikato bercerita jika dia mendengar suara teriakan Sasakura yang bersemangat di dalam kamar, tahu kalau Sasakura tengah menulis serial Gazelle dan ada tokoh bernama sama Mikato di dalamnya. Sasakura jadi bertanya-tanya dari mana Mikato bisa mengetahui apa yang sedang dia kerjakan sedangkan apartemen yang dia tempati memiliki peredaman suara yang cukup bagus dan jendela kamarnya terkunci. Sasakura bertemu lagi dengan Mikato di luar apartemen. Mikato menunjukkan email yang di dalamnya ada foto seseorang dengan tag name Muraguchi tengah diikat dengan kawat listrik. Mikato menjelaskan jika keadaan tersebut sama dengan novel Gazelle di mana tokoh utamanya menangkap Muraguchi yang terguling kemudian mengikatnya dengan kawat listrik. Sasakura masih menganggap ini hanyalah kerjaan orang iseng saja. Sampai akhirnya Sasakura menanggapi dengan serius setelah mendapat kabar mengejutkan. Mimika Yoshimura, 20 tahun, seorang siswi sekolah kejuruan dibunuh. Sebelumnya Mimika pernah melakukan cosplayer memerankan tokoh Iona yang muncul di dalam novel Gazelle.

Komik ini memiliki genre misteri dan unsur investigasi yang membuat saya memasang ekspetasi lebih untuk membacanya. Ryuu Sasakura, seorang pengarang Light Novel terlibat dalam kasus pembunuhan yang berhubungan dengan hilangnya secara misterius keluarga Tachibana. Sebenarnya ide ceritanya bagus namun cara penyampaiannya kepada pembaca tidak nyaman dan membingungkan. Ekspetasi saya terhadap komik ini terlalu berlebihan. Di akhir cerita akan ada beberapa penjelasan yang cukup menarik antara lain bagaimana cara pelaku pembunuhan mengintimidasi Ryuu Sasakura untuk mengikuti keinginannya. Namun ada juga kejadian yang tidak mendapat penjelasan yang cukup. Komik ini selesai dengan meninggalkan beberapa pertanyaan. Jika tidak keberatan dengan spoiler bisa mengklik tombol di bawah ini untuk melihat apa saja yang menjadi tanda tanya dan keraguan.


Nilai = 7.5/10
Pengarang  = Yuri Narushima
Gambar = Yuri Narushima
Jumlah Buku = 4 (tamat)
Penerbit = M&C
Tahun terbit di Indonesia = 2014
Judul Asli = Light Novel
Jenis =  Mystery, Psychological
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment