Monday, February 8, 2016

CHRYSANTHEMUM





"Seberapa jauh jarak yang akan kau tempuh demi orang yang kau cintai? Hal yang paling diingat oleh Kiku atas kakeknya, Haga Yuuhi, adalah sosoknya ketika menatap senja. Tiap kali ditanyakan, sang kakek yang dicintainya itu selalu mengalihkan pembicaraan. Sejak kecil, Kiku selalu bertanya-tanya... soal masa lalu sang kakek di negeri yang ada di batas cakrawala... tentang obsesi sang kakek dengan bunga Krisan... Chrysanthemum adalah sebuah kisah tentang kasih sayang, penantian, dan tentang memaafkan."

Komik ini merupakan karya komikus lokal kita, kolaborasi antara Adriane Yuanita sang pengarang dan Chairunisa sang ilustrator. Bercerita tentang Kiku Watanabe, siswi SMA dari Jepang yang ikut pertukaran pelajar ke Indonesia. Rasa penasarannya tentang Indonesa bertambah setelah melihat ekspresi Haga sang kakek yang berubah saat mendengar kata Indonesia. Ada kejadian apa sebenarnya yang menimpa pada diri sang kakek saat bertugas sebagai tentara di Indonesia pada Perang Dunia II. Setiba di Indonesia, Kiku disambut dengan ramah oleh keluarga angkat Putra yang juga menjadi teman satu sekolah. Di kelas yang baru ada satu siswa bernama Banyu yang begitu sentimen padanya. Kata-kata yang ketus dari Banyu membuat Kiku jadi berang dan mereka-pun jadi sering bertengkar. Bersahabat dengan teman-teman di Indonesia seperti Agni membuat mata Kiku terbuka tentang negaranya di mata negara lain. Tidak lama kemudian datang kabar mengejutkan dari Jepang. Sang kakek jatuh koma. Kiku harus bergerak cepat untuk mencari sesuatu di Indonesia yang berhubungan dengan sang kakek sebelum terlambat.

Komik ini ternyata memiliki cerita yang di atas ekspetasi saya. Cerita pencarian hubungan antara sang kakek dari Jepang dengan Indonesia yang menyentuh hati. Sang pengarang berani untuk membuat cerita dari sudut pandang orang Jepang terhadap Indonesia. Terobosan yang saya suka. Hanya saja karena komik ini cuma satu jilid, jalan cerita terasa cepat di mana kesempatan untuk mengguncang emosi masih terbuka. Efek samping dari membaca komik ini membuat saya jadi ngubek-ngubek Youtube untuk menonton kisah-kisah tentara Jepang yang tidak kembali pulang alias memilih menetap tinggal di Indonesia. Bikin terharu juga melihat keputusan yang mereka pilih. Mudah-mudahan kelak ada produser film yang bersedia mengangkat komik ini ke layar lebar karena komik ini sudah punya materi dasar yang bagus.

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Adriane Yuanita
Gambar = Chairunisa
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = M&C (Koloni)
Tahun terbit di Indonesia = 2010
Jenis =  Drama
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment