Sunday, February 1, 2015

JINCO FROM ROOM 203





"Jinco Hyodo adalah cewek yang punya bakat misterius. Ia bisa berbicara dengan hantu! Bersama kedua orangtuanya ia tinggal di kamar no. 203 sebuah apartemen. Hantu-hantu penasaran yang meninggalnya tidak wajar banyak yang mendatangi kamar tersebut. Para hantu itu berharap Jinco bisa membuka tabir tentang kematian mereka."

"Jinco yang tinggal di kamar 203 mempunyai bakat misterius. Ia bisa berbicara dengan hantu. Setiap hari, Jinco terlibat masalah karena membantu para hantu yang sedang berada dalam kesulitan. Hantu yang muncul di hadapan Jinco adalah hantu bernama Fukumimi dan para hantu yang mati penasaran. Dan kali ini, hantu macam apakah yang muncul?"

Tokoh utama komik ini adalah Jinco Hyodo, siswi SMU yang memiliki kemampuan supranatural dan juga sangat doyan makan. Ada salah satu roh yang kerap mendatangi Jinco yaitu roh pemuda berkacamata dan memiliki telinga yang besar bernama Fukumimi. Roh itu-lah yang selalu melindungi dan membantu Jinco dalam menyelesaikan masalah (pembaca akan mengetahui sebabnya nanti kenapa Fukumimi sangat perhatian dengan Jinco). Dalam kesehariannya Junco ditemani oleh Yosuke, sahabat sejak kecil yang paling mengerti dengan kemampuan Jinco. Tambahan karakter lain yang menarik dan membuat sedikit kelucuan adalah Kyoko Numata, siswi pindahan yang berwajah mirip pria. Numata sangat menyukai hal-hal berbau supranatural dan sering meremehkan kemampuan indera ke-6 milik Jinco.

Kasus pertama dalam komik ini yang ditangani Jinco adalah kasus bunuh diri yang terjadi di sekolahnya. Korbannya adalah siswi yang menyukai siswa bernama Saito. Hasil penyelidikan Jinco menemukan pelaku adalah siswi pindahan bernama Ubukata yang tidak menyukai jika ada wanita lain mendekati Saito. Dengan kekuatan supranaturalnya, Ubukata bisa merasuki tubuh orang lain dan mencelakakan tubuh tersebut seolah-olah menjadikan bunuh diri atau kecelakaan. Dengan dibantu oleh Yosuke dan Fukumimi, Jinco berusaha menghentikan aksi dari Ubukata sebelum bertambah jatuhnya korban lagi.

Jinco dan Numata
Membaca komik ini membuat saya jadi teringat dengan komik Pyshic Detective Yakumo dan Psychic Detective Yakumo - Alternate Story. Memiliki tema yang sama tentang orang-orang yang memiliki kemampuan untuk melihat para roh penasaran dan melakukan penyelidikan terhadap roh tersebut. Dalam komik ini elemen penyelidikan tetap ada walau tidak sekental dalam komik Yakumo. Tapi tenang saja cerita komik ini tetap seru dan menghibur.


Nilai = 9/10
Pengarang  = Nari Yamada
Gambar = Nari Yamada
Jumlah Buku = 3 (tamat)
Penerbit = M&C
Tahun terbit di Indonesia = 2009 - 2010
Judul Asli = 203 Goushitsu no Jinco-San
Jenis = Mystery, Supernatural
DQ Review Komik 


Contoh Gambar

1 comment: