Saturday, February 7, 2015

THE WHITE LAMA





"Untuk mengalahkan musuh, pertama-tama kita harus mengendalikan diri sendiri. Ketika Lama Agung Mipam berpulang, rakyat Tibet menangis. Dengan segera kedurjanaan merebak, menyebar ke seluruh pelosok negeri. Dalam The White Lama: Reinkarnasi, dikisahkan tahun-tahun awal kehidupan Gabriel, anak sepasang penjelajah kulit putih yang dibesarkan oleh penduduk asli setelah kematian kedua orangtuanya. Gabriel adalah reinkarnasi sang Lama Agung, namun takdirnya ini telah dirampas dan identitasnya yang sejati disembunyikan. Dia manusia terpilih dan harus diinisiasi dalam cara-cara suci untuk mempersiapkannya menghadapi kejahatan besar yang mengancam Tibet. Alexandro Jodorowsky dan Georges Bess mempersembahkan kisah memikat yang menggabungan unsur-unsur bela diri, kekuatan supranatural, dan kebangkitan spiritual."

Bongkar-bongkar timbunan
Akhir pekan ini kepikiran untuk membaca novel grafis yang sudah lama saya simpan. Sedikit bongkar-bongkar dan menemukan komik ini berada dalam timbunan paling bawah dan sudah dipenuhi dengan debu. Komik ini memiliki ukuran yang sangat besar seperti majalah dan dikemas dengan bagus. Kertasnya tebal dan setiap halaman di dalamnya berwarna.

Komik ini bercerita tentang perjalanan fisik dan spiritual hidup Gabriel Marpa sejak dari dia dilahirkan sampai dia menemukan puncak pencariannya. Gabriel Marpa adalah anak dari pasangan penjelajah kulit putih bernama Gabriel dan Susan. Ketika berada di Tibet, Susan tengah mengandung dan ditunjuk sebagai pasangan suci oleh penyihir Naldjorpa. Mereka tinggal bersama pasangan suci yang ditunjuk lainnya yaitu Kuten dan Atma. Sementara itu Lama Migmar pemimpin yang menggantikan Lama Mipam (pemimpin spritual Tibet yang akan ber-reinkarnasi) memilki ambisi untuk berkuasa selama-lamanya. Migmar bekerja sama dengan Bon, penyihir hitam dan menyuruh para perampok untuk membunuh bayi yang dianggap reinkarnasi dari Lama Mipam. Para perampok menyerang dan membunuh bayi yang baru dilahirkan Atma. Mereka juga membunuh pasangan kulit putih, Gabriel dan Susan. Menjelang ajalnya, Susan melahirkan seorang anak laki-laki dan meminta pasangan Kuten dan Atma untuk membesarkannya. Anak tersebut diberi nama Gabriel Marpa yang merupakan nama gabungan dari nama sang ayah, Gabriel dan nama guru besar, Marpa. Melanjutkan ambisinya, Lama Migmar membohongi rakyat Tibet dengan melakukan penipuan mengangkat anak lain seolah-olah anak itu-lah reinkarnasi dari Lama Mipam. Para biksu yang mengetahui pengkhianatan Lama Migmar segera bertindak dengan mencari reinkarnasi yang sesungguhnya. Mereka menemukannya dalam diri Gabriel Marpa. Sebagai persiapan kelak, Biksu Tzu memutuskan tinggal bersama Gabriel dengan tujuan mengajarkan kemampuan bela diri dan ilmu spiritual.

Komik ini terdiri dari 2 jilid yaitu Buku 1: Reinkarnasi dan Buku 2: Jalan Menuju Kesadaran. Bagi saya cerita di dalamnya seperti terinspirasi dari cerita kehidupan Dalai Lama dan kejadian-kejadian yang menimpa Tibet .Tapi di komik ini ada tambahan yang membuat cerita menjadi lebih seru dari sekedar cerita biographi. Gambar dalam komik ini sangat bagus tapi ada beberapa gambar yang vulgar dan sadis. Perjalanan spiritual dan pergolakan batin pada diri Gabriel Marpa begitu menarik untuk diikuti. Salah satunya saat Gabriel Marpa mengalami pertentangan batin ketika harus mengikuti keinginan Atma, sang ibu angkatnya untuk membalaskan dendam kepada para penduduk yang telah menyengsarakan sang ibu. Setelah menemukan ketenangan dan mendapat pencerahan Gabriel Marpa kembali mendatangi vihara Chakpori untuk membebaskan vihara dari tangan Lama Migmar yang telah membuat moral para biksu menjadi bobrok karena melanggar aturan mengikuti nafsu duniawi. 

Beberapa Art yang menawan dari komik ini


Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Alexandro Jodorowsky
Gambar = Georges Bess
Jumlah Buku = 2 (tamat)
Penerbit = Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit di Indonesia = 2007
Jenis =  Adventure, Supernatural
DQ Review Komik 


Contoh Gambar

2 comments:

  1. begini nih ciri khasnya bang sueb ada review baru.. eh ternyata dah lama buku nya dah terbit ... pasti susah nih cari bukunya he2

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. ayo jangan menyerah berburu komik2 lama.. :)

      Delete