Sunday, February 22, 2015

KIICHIRO TOYOTA





"Kiichiro Toyoda (11 Juni 1894 - 27 Maret 1952) adalah seorang industrialis Jepang dan anak pendiri pabrik tenun otomatis (Toyoda Loom Works), Sakichi Toyoda. Dia membuat keputusan bagi Toyoda Loom Works untuk mengubah lini produknya menjadi otomobil, yang dianggap sebagai bisnis penuh resiko pada saat itu. Kiichiro menciptakan apa yang akhirnya menjadi Toyota Motor Corporation."

Komik ini bercerita tentang perjalanan hidup Kiichiro Toyoda, bapak penemu mobil Jepang, Toyota yang sudah sangat mendunia. Karena dalam bentuk komik, kisah yang menggambarkan perjuangan Kiichiro Toyoda seumur hidupnya sangat nyaman untuk dibaca sampai selesai. Diawali dari pemikiran Kiichiro tentang masa depan transportasi mobil di Jepang yang saat itu didominasi oleh pabrikan dari AS yaitu Ford dan Chevrolet. Kiichiro bertekad untuk menggantikan mobil buatan AS dengan mobil buatan dalam negeri sendiri. Walau mendapat tentangan dari Risaburo, kakak iparnya, Kiichiro diam-diam membentuk sebuah tim untuk merancang mobil pertama. Mereka membedah mobil Chevrolet untuk dipelajari. Berulang kali mereka mengalami kegagalan karena tidak mudah untuk meniru 100% komponen mobil. Kendala tersebut terjadi pada bahan dan teknik pembuatan. Setelah melalui perjuangan yang berat akhirnya mereka berhasil mengeluarkan mobil percobaan seri pertama Toyoda A1 3400 cc pada Mei 1935. Namun cobaan kembali datang setelah Jepang kalah dalam Perang Dunia II yang menyebabkan terjadinya inflasi yang meningkat dengan cepat. Kenaikan biaya bahan dan upah tenaga kerja membuat Toyota mengalami kesulitan.

Komik biographi Kiichiro Toyoda ini bisa menjadi inspirasi untuk para pembaca untuk tidak mudah menyerah. Dalam keadaan lelah dan penuh pikiran, Kiichiro tetap terus memberi semangat kepada tim divisi mobil agar tidak cepat putus asa setelah menemui kegagalan demi kegagalan. Bisa dibayangkan betapa sulitnya permasalahan yang mereka hadapi saat membuat sebuah mobil dengan keterbatasan ilmu pengetahuan. Walau banyak orang-orang yang menentangnya namun Kiichiro tetap meneruskan impiannya membuat mobil dalam negeri. "Aku akan melakukannya. Membuat mobil itu pekerjaan sulit, juga tidak ada yang melakukannya dan tidak ada yang bisa melakukannya. Oleh karena itu, aku yang akan melakukannya! Mungkin aku memang bodoh, tapi kalau orang bodoh ini tidak melakukannya, di dunia ini tidak akan tercipta sesuatu yang baru! Bahkan seandainya gagal karena terbatasnya kemampuanku, aku akan berusaha gagal dengan gagah berani!!." Dengan tekadnya yang dianggap gila, Kiichiro berhasil mewujudkan mimpinya untuk memproduksi mobil dalam negeri, Toyota.



Nilai = 9/10
Pengarang  = Shoji Kimoto
Gambar = Johya Kagemaru
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2009
Jumlah Halaman = 228
Jenis = Biography, Historical
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment