Friday, May 3, 2013

RANKO THE GOVERNOR





"Ranko Akatsuki, janda muda cantik, terpilih menjadi gubernur prefektur fiktif Waga. Menurut gosip, dia terpilih semata-mata karena simpati para pendukungnya atas kematian suaminya. Karena alasan itulah, banyak orang memandangnya rendah. Begitu juga seorang pengusaha terkenal yang bekerja sama dengan seorang politisi lain menggelapkan uang pajak. Tapi, apa benar si Ibu Gubernur selugu dan sebodoh yang diperlihatkannya?"

"Gubernur baru Waga, Ranko Akatsuki mencurigai subsidi pemda sebesar 5 miliar pada perusahaan besar untuk alokasi pabrik. Pabrik yang diharapkan menaikkan ekonomi daerah, menjadi laboratorium kecil... 'Kembalikan uangnya!' setelah Ranko bilang begitu, pemimpin Gan Electronics dan antek-anteknya lantas mengamuk! Setelah diadakan survei atas anjuran anggota DPR yang ganteng... Ranko dan Mayuko memeriksa penyuplai Gan Electronics dan menemukan bukti kuat! Gan berencana menukar peralatan laboratorium untuk meloloskan diri, tapi Ranko bertindak lebih cepat. Siapa dalangnya!? Masalah penipuan dana subsidi akhirnya mencapai puncak!!"

Komik ini memiliki cerita yang seru tentang intrik-intrik politik yang terjadi dalam pemerintahan di Jepang. Tokoh utama komik ini adalah Ranko Akatsuki, janda cantik yang juga seorang gubernur Waga. Kasus besar pertama yang dihadapinya adalah masalah subsidi 5 miliar. Subsidi yang aneh bagi Ranko karena pemda malah memberikan uang 5 miliar agar perusahaan Gan Electronic bersedia mendirikan pabrik didaerahnya. Ranko terang-terangan tidak setuju dan meminta kembali uang 5 miliar yang dianggapnya sebagai uang rakyat. Bujuk rayu dilakukan agar Ranko bisa memahami subsidi ini, namun Ranko tetap keras kepala dan diam-diam mencari bukti agar bisa membatalkan subsidi ini. Berkat perjuangan Ranko dan teman-temannya akhirnya uang subsidi 5 miliar bisa kembali dan Gan Electronic bersedia memindahkan kantor pusatnya ke Waga.
Di awal Ranko menjabat, orang-orang disekitarnya meragukan kemampuannya dan hanya menganggap dirinya bodoh. Dia hanya dianggap memanfaatkan pesonanya sebagai janda cantik. Namun lama kelamaan barulah mereka menyadari bahwa Ranko tidak bisa dipandang remeh. Ranko juga tidak segan-segan langsung mendatangi warganya, membantu mengangkut sampah dan menerima kedatangan warga yang sebelumnya dipingpong dulu sampai bingung oleh birokrasi kantor.
Selain ceritanya yang bagus, komik ini juga dipenuhi dengan gambar-gambar BB17 yang memanjakan pembaca pria dewasa. Kenapa demikian? karena Ranko beserta Mayuko Hoshi, seketarisnya dan Konatsu Ubukata, mantan rival yang berbalik menjadi sahabat sering kali digambarkan dengan penampilan seksi. Berpakaian minim, memperlihatkan pakaian dalam, menonjolkan lekuk-lekuk tubuh dan gerak-gerik yang bisa menimbulkan asumsi lain. Sayangnya komik ini berakhir di jilid 4 dengan kesan mendadak.

Nilai = 9/10
Pengarang  = Noboru Takahashi
Gambar = Noboru Takahashi
Supervisor = Yasushi Aoyama
Jumlah Buku = 4 (tamat)
Penerbit = Level
Tahun terbit di Indonesia = 2011 - 2012
Judul Asli = Chiji Ranko
Jenis = Drama, Politic
DQ Review Komik 


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment