Sunday, November 22, 2015

SANG RAKSAKA





"Bagi teman sekelasnya, Mia hanyalah cewek 'alone forever' yang kadang suka telmi (telat mikir). Tak ada yang tahu bahwa Mia menyimpan rahasia besar... rahasia sebagai seorang 'Raksaka'! Seperti keluarganya yang lain, Mia adalah seorang pemburu Ratri, makhluk kegelapan yang ingin merasuki tubuh manusia. Seperti dalam kehidupan malamnya sebagai seorang Raksaka muda, Mia pun bersemangat menolong sesama, termasuk menolong Ony. Ony adalah murid cowok pindahan di kelasnya yang jarang masuk, tidak punya teman, misterius dan ketus! Meski dilarang sahabatnya, Mia tetap bertekad membuat Ony jadi lebih terbuka pada orang lain. Ada sesuatu pada diri Ony yang membuat Mia begitu tertarik. Mungkinkah Ony berhubungan dengan hidup Mia yang lain sebagai Raksaka?"

Komik ini meruapakan karya komikus lokal kita. Dari judulnya beberapa kali saya salah baca yang jika dilihat sepintas terbaca Sang Raksasa dari pada Sang Raksaka. Bercerita tentang Mia, siswi SMUN 1 Tulungagung yang merasa penasaran dengan siswa bernama Ony. Setelah 2 minggu bolos, Ony baru masuk dan Mia ingin berkenalan dengannya. Namun Ony menolaknya dengan tegas. Malam saat bertugas sebagai Raksaka, Mia bertemu dengan Raksaka lain dan ternyata dia adalah Ony. Ekspresi Ony yang menyiratkan rasa kehilangan yang dalam membuat Mia semakin ingin mengenal lebih jauh dengan sosok Ony.

Kalau dilihat dari gambar covernya sepertinya ceritanya akan menarik dan seru tetapi setelah dibaca sampai selesai ternyata tidak demikian. Sinopsis tentang pekerjaan sebagai Raksaka yang bertugas menangkap Ratri, makhluk kegelapan ternyata hanya tempelan saja. Tidak perlu serius memikirkan apa itu Raksaka dan Ratri, lupakan saja. Cerita intinya malah terkesan datar dan biasa saja. Hanya cerita tentang seorang siswi SMU bernama Mia yang ingin tahu kenapa ada siswa bernama Ony yang suka bolos, ketus dan rada stress. Setelah tahu penyebabnya bikin kaget karena terlalu lebay.


Nilai = 6.5/10
Pengarang  = Fendi Zola Hendrawan, Mimi Nakamura
Gambar = Fendi Zola Hendrawan, Mimi Nakamura
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = M&C (Koloni)
Tahun terbit di Indonesia = 2013
Jenis = School Life, Supernatural
DQ Review Komik


Contoh Gambar

2 comments: