Wednesday, November 4, 2015

KARTUN BENNY & MICE - JAKARTA ATAS BAWAH





"Saat datangnya sukses sering terjadi misterius atau tak terduga. Itu pula yang terjadi dengan terbitnya buku Kartun Beny-Mice: Jakarta Luar Dalem, yang kemudian diikuti dengan Talk About Hape dan satu lagi terbitan KPG: 100 Tokoh yang Mewarnai Jakarta. Semuanya terjual lariss dalam jumlah puluhan ribu eksemplar. Sebuah jumlah yang jauh melampaui terbitan-terbitan mereka sebelumnya. Mudah-mudahan terbitan Jakarta Atas Bawah yang merupakan lanjutan dari Jakarta Luar Dalem bisa tetap diterima sebagaimana karya-karya mereka sebelumnya."

Lagi-lagi tidak ada sinopsis di halaman belakang komik ini yang akhirnya membuat saya memutuskan mengutip kata pengantar dari penerbit Nalar. Di halaman belakang sebenarnya penuh dengan testimoni. Salah satunya berasal dari Dian Sastro dan Seno Gumira Ajidarma. Ternyata Dian Sastro juga suka dengan kelucuan dari Benny & Mice yang memang gokil. Saya juga suka.
Jika sebelumnya sudah membaca buku pertama Jakarta Luar Dalem dan masih merasa kehausan dan kelaparan, tenang saja kegokilan Benny & Mice masih ada kelanjutannya yaitu Jakarta Atas Bawah. Dikumpulkan lagi dari komik strip dari Kompas Minggu dan tetap nonjok dengan ciri khas yang sama yaitu sindiran sosial yang telak, keatif dan tidak membuat bosan. Benny & Mice sukses membawa pembaca kena batunya mentertawakan diri sendiri yang suka ikut-ikutan latah hal yang lagi ngetren, katrok, kampungan dan sok gaul. Anak saya si Diqi yang berusia 10 tahun saja membaca dengan tertawa terpingkal-pingkal yang membuat saya heran. Itu ketawa beneran atau ketawa kesurupan. Contoh salah satu kelucuan dalam komik ini adalah ketika Benny & Mice ikut-ikutan latah main laptop di hotspot cafe tapi cuma untuk main game Solitaire doank atau mengajak tetangga nonton liga Inggris di rumah tetapi ternyata hanya untuk menonton Benny & Mice main game PS Winning Eleven.

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Benny Rachmadi, Muhammad Misrad
Gambar = Benny Rachmadi, Muhammad Misrad
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = Nalar
Tahun terbit di Indonesia = 2009
Jumlah Halaman = 136
Jenis = Comedy
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment