Tuesday, January 20, 2015

SILVER VALKYRIES





"Valkyries, prajurit wanita berambut pirang bermata biru dan berkulit putih dalam mitos Skandinavia kuno. Wanita-wanita yang tidak menikah seumur hidupnya ini harus selalu mematuhi perintah dewa Odin bila ingin hidup abadi dan kuat. Selain berperang, tugas utama mereka adalah menuntun jiwa-jiwa pahlawan terpilih untuk dibawa ke Valhalla."

"Ruka Kannagi, siswi SMU yang canggung menghadapi cowok telah masuk ke dalam dunia lain di mana perempuan memimpin laki-laki. Di sana, dia bertemu dengan budak kembar yang tampan bernama Noa dan Tito. Lalu, mereka bertiga mencari cara untuk bisa pulang ke dunia asal Ruka. Ratu Lylia yang mencemaskan kekuatan rahasia Ruka, berusaha membunuhnya. Namun, berkat bantuan Valkyrie Nestra, Ruka berhasil melarikan diri dari ibu kota dan sampai di wilayah utara."

Ruka
Komik ini bercerita tentang Ruka Kannagi, siswi SMU yang kelihatan lemah dan bersikap menerima saja hal-hal buruk yang terjadi pada dirinya. Di sekolahnya terdengar rumor jika memakai kalung batu akan bermimpi bertemu dengan pria tampan. Yang terjadi para siswi yang memakai kalung batu mendadak pingsan dan membuat kegemparan. Ruka mencoba membangunkan Maho, sahabatnya yang mendadak tertidur. Karena penasaran, Ruka mengambil kalung batu dari tangan Maho. Tiba-tiba dia merasa melayang ke alam lain dan bertemu dengan seorang wanita yang mirip dengan pria. Sebelum hancur berkeping-keping, wanita tersebut memanggil Ruka dengan sebutan ratu. Ruka tidak mengerti apa yang terjadi ketika pagi datang para sahabatnya terbangun dan kembali pada kehidupan semula hanya dirinya saja yang tetap berada pada dunia lain. Ruka bertemu dengan budak kembar bernama Noa dan Tito. Budak-budak tersebut sedang dikejar-kejar oleh pasukan Valkyrie. Untuk menyelamatkan mereka, Ruka terpaksa bertarung melawan salah satu Valkyrie bernama Tania. Di luar dugaan Ruka berhasil mengalahkan Tania dan menjadi tuan yang baru dari pedang suci yang dimiliki Tania. Kekuatan yang dimiliki Ruka menarik perhatian ratu Lylia. Ruka dianggap sebagai titisan dari Allistea, ratu sebelumnya yang meninggalkan posisi ratu dengan melarikan diri bersama Ellusion, laki-laki yang berasal dari klan berkabut. Ratu Lylia memerintahkan pria misterius bernama Lynus untuk menyelidiki Ruka. Namun Lynus berkhianat untuk memilih melindungi Ruka. Dibantu dengan Nestra, salah satu Valkyrie yang kuat, mereka bersama-sama melarikan diri dari ancaman pembunuhan ratu Lylia.

Ratu Lylia
Sepintas tema dari komik ini memiliki kesamaan dengan komik Dunia Mimpi. Tokoh utamanya sama-sama tidak sengaja terbawa ke dunia lain. Dunia yang mirip dengan abad pertengahan tetapi dengan status pria dan wanita yang terbalik. Kaum wanita memiliki derajat yang tinggi sebagai pemimpin sedangkan kaum pria berada di bawahnya dan kebanyakan hidup sebagai budak. Cerita komik ini sebenarnya cukup menghibur dan seru namun konflik di dalamnya tidak terlalu kuat dan beberapa kejadian terasa berulang seperti sering kali tertangkapnya Ruka dan para sahabatnya. Saya juga tidak menemukan banyak hal yang berhubungan dengan mitos Skandinavia kuno di dalamnya seperti Valhalla, Odin, Midgard, Thor, Loki dan dewa-dewa lainnya. Valkyrie di komik ini hanya sebagai tempelan saja untuk mengesankan bahwa di komik ini para penguasa dan prajurit adalah kaum wanita.




Nilai = 8/10
Pengarang  = Riho Sachimi
Gambar = Riho Sachimi
Jumlah Buku = 10 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2006
Judul Asli = Gin no Valkyries
Jenis = Adventure, Fantasy
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment