Sunday, January 18, 2015

CROWS





"Sekolah khusus laki-laki, SMA Suzuran. Disebut juga sekolah para gagak karena di sana berkumpul anak-anak berandal yang dianggap membawa sial. Satu-satunya hal yang dipercaya oleh 'para kaum terbuang' adalah kekuatan! Harumichi Boya, sang murid pindahan, tidak menganggap itu masalah, karena yang dikejarnya adalah supaya kenal dengan kakak Yasuda yang cantik. Siapa sangka kalau dia kuat sekali!"

"Sekolah khusus laki-laki, SMA Suzuran, mendapat sebutan sekolah para gagak karena di sekolah itu seluruh muridnya adalah anak berandalan bermasalah. Harumichi Boya, seorang murid pindahan, langsung mengalahkan beberapa yang terkuat di sekolah itu pada hari pertama kepindahannya dan menimbulkan kegemparan di sekolah. Di lain pihak, bersamaan dengan selesainya masa skorsing Bando, pimpinan geng terbesar SMA Suzuran, maka pecahlah perang antara geng Bando melawan trio Hiromi, Pon, dan Mako. Harumichi pun terlibat dalam pertikaian itu untuk menolong Hiromi dan kawan-kawan."

Ingin merasakan sensasi komik laki-laki yang Rocks banget, menggetarkan, menantang dan menaikkan adrenalin?  Komik Crows inilah jawabannya. Bercerita tentang masa-masa sekolah bagi anak-anak berandalan yang memiliki darah panas. Tokoh utama dalam komik ini adalah Harumichi Boya, siswa pindahan di SMA Suzuran yang memiliki sifat seenaknya, suka bersenang-senang, pemberani namun terkadang ceroboh. Pertama masuk, Harumichi tertarik bersahabat dengan Yasuda, siswa yang selalu dibully. Semua itu karena Harumichi secara tidak sengaja melihat foto kakak Yasuda yang cantik. Harumichi melakukan aksi balas dendam mewakili Yasuda dengan menghajar habis para berandalan yang sebelumnya membuly Yasuda.

Rindaman dan Harumichi
Perebutan kekuasaan siapa yang terkuat di SMA Suzuran menjadikan Harumichi terlibat di dalamnya. Harumichi berhasil mengalahkan geng Bando dan membuat dirinya mulai disegani. Rindaman, siswa berbadan besar yang tidak banyak bicara mulai masuk sekolah. Kembalinya Rindaman ke sekolah menjadi bahan pembicaraan siswa-siswa karena mereka menjadi penasaran siapakah yang terkuat di SMA Suzuran antara Harumichi dan Rindaman. Sebenarnya Harumichi tidak peduli dengan pembicaraan itu namun pertemuan tidak sengajanya dengan Rindaman membuat Harumichi jadi ingin merasakan kekuatan Rindaman. Terjadilah pertarungan sengit antara Harumichi dan Rindaman di bawah jembatan. Siapakah yang terkuat diantara mereka?

Tatsuo dan Harumichi
Keseruan dalam komik ini seakan-akan tidak ada habisnya. Setelah satu selesai muncul kembali yang baru dengan tingkat keseruan yang semakin bertambah. Pertarungan di antara mereka tidak hanya di tingkat kelas tapi terus berkembang antara sekolah berandalan lain, melawan kelompok geng daerah, sampai melawan kelompok geng terkuat di Jepang. Nama-nama geng yang ada pun cukup keren seperti Busoh Sensen, Snake Heads dan Parko and Dangerers.
Dalam komik ini pembaca diperlihatkan bagaimana cara laki-laki sejati dalam menyelesaikan masalah dan melakukan pembalasan. Selain dengan cara adu kekuatan juga ada yang dilakukan dengan cara pembicaraan yang terlihat keren. Mereka yang kalah menjadi sahabat dan saling membantu jika salah satu dari mereka mengalami kesulitan.
Komik ini juga dipenuhi dengan kelucuan-kelucuan yang banyak sekali. Saking banyaknya sampai membuat saya tertawa terus. Beberapa kelucuan disebabkan tingkah Harumichi yang ceroboh, rada o'on, suka memanggil orang dengan nama yang salah (contoh Yasuda dipanggil Yasui), paling tidak suka jika ada salah satu sahabatnya yang berhasil punya pacar, suka memaksa seperti pinjam motor atau tukeran jaket dengan cara kekerasan yang tidak disadarinya. Yasuda yang sebelumnya suka dibuly jadi ikut dihormati karena kedekatannya dengan Harumichi tapi gara-gara itu juga dirinya jadi ikut terlibat dalam kekacauan yang terjadi.
Selesai membaca komik ini ada beberapa yang bisa dijadikan pelajaran seperti persahabatan sejati. Jangan merasa mudah putus asa walau hanya bersekolah di tempat buangan. Ada kemauan untuk berubah karena tidak bisa terus--terusan berada di jalan yang sama dan mulai memikirkan kehidupan setelah lulus SMA atau mundur dari geng untuk memulai kehidupan yang baru dan mencari pekerjaan yang layak.
Salah satu quote yang menarik dari Harumichi Boya adalah 'Memang kenapa kalau kita ini gagak? Gagak itu jauh lebih baik dibandingkan burung malang yang lupa caranya terbang karena terus terkurung dalam sangkar. Aku nggak keberatan dipanggil gagak!' Keren khan? Mengutip iklan minuman energi,  Laki.. baca komik Crows!

Nilai = 9.5/10
Pengarang = Hiroshi Takahashi
Gambar = Hiroshi Takahashi
Jumlah Buku = 26 (tamat)
Penerbit =  Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2009 - 2012
Jenis = Action, Comedy
DQ Review Komik


Contoh Gambar

2 comments:

  1. Replies
    1. dulu awalnya beli di Gramed.. sekarang sudah tidak terbit lagi.. coba dicari di toko jual beli online..

      Delete