Thursday, January 8, 2015

PELANGI DI NAUNGAN MENTARI





"Guntur bukanlah berasal dari keluarga yang berkecukupan. Demi membayar keperluan sekolah ia harus bekerja paruh waktu membantu ayahnya di proyek konstruksi bangunan. Akibatnya Guntur beberapa kali tinggal kelas. Namun Guntur tak keberatan dengan keadaannya. Toh, uang hasilnya bekerja masih bisa ditabung untuk biaya kuliah Nisa, adik perempuannya yang lebih pandai. Namun... adilkah Guntur mengrbankan masa depannya untuk sang adik? Pelangi di Naungan Mentari adalah kumpulan beberapa cerita pendek tentang cinta, persahabatan, dan rasa kemanusiaan yang romantis sekaligus menyentuh hati."

Komik oneshot ini merupakan karya komikus lokal kita. Terdiri dari beberapa cerita pendek yang ceritanya bagus dan bisa menyentuh hati. Beberapa cerita pendek ada yang saling berhubungan. Berikut cerita di antaranya.

- Awal Sebuah Kenangan
Bercerita tentang Cici yang diminta oleh guru untuk mengajari murid yang nilainya kurang agar bisa menaikkan nilai rata-rata kelas. Murid yang ingin diajar Cici adalah Guntur, siswa berbadan besar yang sudah 2 kali tinggal kelas di SMP dan 1 kali di SMU. Mengajari Guntur tidak mudah karena konsentrasi Guntur terganggu oleh pekerjaannya membantu orangtua. Tapi pendekatan yang dilakukan oleh Cici mampu menyadarkan Guntur akan pentingnya bersekolah.

- Ke Tempat Hatimu Berada
Bercerita tentang Rumi yang baru saja datang ke kota untuk menemui Agung, abangnya. Untuk bisa menemui Agung, Rumi harus menunggu cukup lama karena kesibukan pekerjaan Agung. Setelah bertemu, Rumi merasa ada yang berubah pada diri Agung. Ini bukan pertemuan yang dia bayangkan karena dia tidak melihat ada kerinduan pada diri Agung.

- Perbedaan di Ujung Jalan
Bercerita tentang lanjutan kisah Cici dan Guntur. Ketika sepulang sekolah, tiba-tiba Guntur meloncat ke dalam sungai yang beraliran deras. Tindakannya membuat panik Cici, Nana dan Tomi. Sebisa mungkin mereka mencari cara untuk menyelamatkan Guntur.

- Pungguk di Balik Bulan
Bercerita tentang Ilham yang merasa tidak pede ketika sedang berjalan bersama Sesil yang kini sudah menjadi artis terkenal. Untuk membangun rasa percaya dirinya Ilham memutuskan untuk ikut latihan fitness agar bisa mengurangi berat badannya.

- Selalu Untuknya
Bercerita tentang lanjutan kisah Cici dan Guntur. Nisa, adik Guntur merasa malu dengan abangnya yang pernah tidak naik kelas. Karena itu dia tidak mengizinkan teman-temannya untuk datang ke rumahnya. Namun rasa malu itu hilang berubah menjadi rasa bangga ketika Nisa melihat betapa keras pengorbanan dan perjuangan yang dilakukan Guntur untuk keluarga termasuk dirinya.

- Seribu Lapis Langit
Bercerita tentang Lex dan Millia, utusan dari aliansi kerajaan yang bertugas untuk menemui pandai besi legendaris. Di tengah perjalanan mereka bertemu dengan Zedd yang sebelumnya telah membantu mengusir monster yang menyerang mereka. Setelah bertemu dengan Montero sang pandai besi, mereka menerima senjata yang diinginkan. Tapi ternyata kekuatan mereka masih jauh dari cukup untuk bisa menggunakan senjata tersebut.

Nilai = 9/10
Pengarang = Tim Irregulars
Gambar = Tim Irregulars
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit =  M&C (Koloni)
Tahun terbit di Indonesia = 2011
Jenis = Drama, Fantasy
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment