Monday, September 29, 2014

MONGA'S EARTH





"Yuuta yang sejak lahir tinggal di Tokyo tiba-tiba harus pindah ke desa setelah ayahnya meninggal. Lingkungan baru yang terasa asing membuat Yuuta sedih dan kesepian. Tapi untunglah Yuuta menemukan Monga, seekor tupai terbang kecil yang lucu. Kehadiran Monga membuat hari-hari Yuuta dan teman-teman barunya selalu ceria."

"Setelah ayahnya meninggal, Yuuta dan ibunya pergi meninggalkan Tokyo. Tujuannya ke kampung halaman ibunya. Ternyata tempat tinggal kakek dan neneknya merupakan klinik binatang. Yuuta benar-benar kehilangan semangat dengan tinggal di desa yang tak praktis, ditambah lagi dengan sikap kakeknya yang tak ramah dan kesepian yang menderanya karena kehilangan ayah. Di saat seperti itu, dia bertemu Monga, seekor anak tupai terbang, di hutan. Berkat usaha keras Yuuta, Monga bisa pulih, kakek juga mengakui usaha keras Yuuta. Untuk sementara waktu Yuuta memelihara Monga. Akhirnya Yuuta menyadari bahwa Monga adalah teman yang sangat berharga bagi dirinya. Yuuta dan Monga bertemu dengan bermacam-macam binatang dan orang. Melalui pertemuan-pertemuan itu, Yuuta tumbuh dan belajar tentang kehidupan yang mengagumkan, tentang pentingnya melindungi alam."

Komik ini bercerita tentang Yuuta, siswa kelas 4 SD yang baru saja pindah setelah ayahnya meninggal ke desa tempat tinggal kakek neneknya. Hubungan sang ibu dan kakek memang tidak terlalu baik karena sang ibu ketika masih muda kabur dari rumah. Di tempat barunya Yuuta merasa tidak cocok dan kesepian namun semua itu menjadi berbalik setelah Yuuta berhasil menyelamatkan anak tupai terbang yang ditemukannya di hutan. Anak tupai terbang itu diberi nama Monga. Berkat sifat lucu Monga, teman-teman di sekolah yang baru menjadi antusias ingin bersahabat dan bermain bersama Yuuta dan Monga.
Tidak disangka ternyata komik ini memiliki cerita yang bagus. Awalnya mengira komik ini hanya untuk anak-anak tapi ternyata tidak juga. Saya sendiri begitu menikmati cerita komik ini. Bergantian membacanya sampai habis dengan Diqi. Komik ini mengajak pembaca untuk ikut serta menjaga keseimbangan alam. Di dalamnya diselipi informasi-informasi yang berguna tentang binatang yang terlibat dalam cerita.
Karakter-karakter dalam komik ini juga sangat menarik seperti sang nenek yang baik hati. Sang ibu yang sibuk bekerja tapi sekuat tenaga memberi perhatian kepada Yuuta. Sang kakek, dokter hewan yang terlihat tegas, ketus dan galak tapi sebenarnya memiliki hati yang hangat. Ada sebabnya kenapa sang kakek terlihat begitu dikarenakan pengalaman masa lalu kakek terhadap binatang yang sangat mengharukan.
Binatang-binatang dalam komik ini tidak hanya Monga si tupai terbang saja tapi ada juga binatang lain sebagai penguat cerita seperti anjing, burung, kodok, antelope, kucing, hamster dan tikus. Ceritanya juga tidak hanya dari sudut pandang manusia tapi ada dari sudut pandang Monga seperti ketika Monga menghadapi kucing yang arogan dan ketika Monga menolong tikus-tikus yang kelaparan.

Nilai = 9/10
Pengarang  = Youichi Komori
Gambar = Hiroyuki Kikuta
Jumlah Buku = 3 (tamat)
Penerbit = M&C
Tahun terbit di Indonesia = 2010
Judul Asli = Monga no Daichi - Boku no Doubutsu Nikki
Jenis = Animal, Slice of Life
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment