Sunday, February 2, 2014

SATALEX URBAN DETECTIVE - BERLIAN ST. CHARLOTTA





"Berlian St. Charlotta, berlian 728 karat peninggalan sejarah Belgia setelah perang dunia pertama, hilang! Berlian tersebut hilang sebulan setelah pemiliknya, Sir George Ellington meninggal dunia di Indonesia. Demi menghindari kehebohan media, cucu Sir George pun meminta bantuan Diffen, detektif swasta jenius namun dipandang sebelah mata oleh Polisi. Akhirnya saat-saat yang ditunggu Diffen datang juga,: memecahkan kasus misterius, sekaligus mendapat pemasukan untuk membayar tunggakan kos-kosan! Siapakah pencuri yang berhasil menembus penjagaan ketat Sir George?"

Komik oneshot ini merupakan karya komikus lokal kita. Saya tertarik membelinya karena ada embel-embel kata 'Detektif', jadi ingin merasakan bagaimana rasa cerita detektif versi lokal. Setelah selesai membacanya ternyata saya tidak bisa menikmati cerita komik ini. Ceritanya sengaja dibuat konyol tapi jatuhnya malah kekonyolan yang garing. Banyak sekali kebetulan-kebetulan terjadi yang tidak logis. Seperti hack database polisi yang dilakukan Diffen dan tiba-tiba langsung digerebek polisi. Pelaku pencuri berlian ternyata adalah Roy, sahabatnya sendiri. Roy yang jatuh dari gedung tapi tiba-tiba Kent sudah ada di jendela untuk menolong. Kemudian mobil polisi yang kemana-mana membawa senjata bazoka. Saya sudah menebak senjata ini pasti bakal dipakai dan ternyata tebakan saya benar. Penyelesaian akhir letak berlian asli juga tidak memuaskan, seakan-akan dibuat susah tapi ternyata sederhana.

Nilai = 6/10
Pengarang  = ICCHI
Gambar = IIP
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = M&C (Koloni)
Tahun terbit di Indonesia = 2013
Jenis = Comedy
DQ Review Komik


Contoh Gambar

3 comments:

  1. wuhehehe.. teng kyu ya sudah beli en di ripiu...
    memang banyak kekurangan...(banyak malah!) kedepannya dicoba buat yang lebih ribet deh kasusnya :D

    ReplyDelete
  2. Kalo mau lebih bagus harus tau dan membaca dulu novel detektif terkenal seperti sherlock holmes, edgar alan poe dll, juga anime detective conan, kindaichi dll, yah kalo aja ane jago gambar komik pasti udah ane bikin komik khas detektif dari indonesia,

    ReplyDelete