Monday, February 3, 2014

DIVINE COMEDY





"Ini adalah Divine Comedy karya Dante versi manga. Bagian pertama mengisahkan Dante melewati sembilan lingkaran neraka dengan pemandunya seorang pujangga Romawi, Virgil, bagian kedua menggambarkan gunung dengan sembilan jenjang, dimana jiwa-jiwa yang telah diselamatkan mengikis dosa mereka sebelum masuk surga, dan bagian terakhir, menceritakan perjalanannya bersama-sama Beatrice melalui kesembilan lingkaran yang berpusat di surga, tempat ia menemui orang-orang kudus Allah."

Komik ini merupakan salah satu series dari World's Masterpiece. Diadaptasi dari epic poem (puisi bercerita) yang ditulis oleh Dante Alighieri. Puisi ini menceritakan perjalanan Dante melewati Neraka, Alam Penyucian dan Surga. Jika ingin mengetahui lebih detail tentang karya Divine Comedy bisa mampir ke sini.

Tokoh utama komik ini adalah Dante yang sejak kecil sudah mengagumi kecantikan seorang wanita bernama Beatrice. Namun Beatrice telah meninggal dalam usia muda dan Dante merasakan kesedihan yang amat sangat. Padahal dia belum sempat berbicara kepada Beatrice. Dante tetap terus mencintai Beatrice dan merasa kehilangan jalan hidupnya. Ketika sadar tiba-tiba dia berada di dalam hutan yang gelap. Dante tidak tahu lokasi dimana dia berada dan mencari jalan keluar dengan mengikuti arah bintang. Di tengah perjalanan Dante bertemu dengan Virgil, penyair dari Romawi kuno yang hidup lebih dari 1000 tahun. Virgil menjelaskan bahwa Dante telah tersesat saat melalui perjalanan yang namanya hidup. Satu-satunya jalan keluar adalah melalui alam setelah kematian. Melewati Neraka dimana orang yang berbuat dosa dihukum, Alam Penyucian dimana dosa sewaktu hidup disucikan dan Surga dimana orang yang terpilih saja yang bisa masuk kesana. Untuk kembali ke alam nyata, Dante harus mendengar kata-kata roh orang mati dan melihat ke dalam diri sendiri untuk mencari jalan yang harus dilalui.

Karena dulu keseringan main videogame yang terbayang pertama kali dari nama Dante adalah sosok jagoan 1/2 manusia 1/2 iblis dalam videogame Devil May Cry series. Baru  kemudian tokoh Dante dalam videogame Dante's Inferno. Ini yang paling mendekati karena game Dante's Inferno dibuat berdasarkan Divine Comedy. Ketika saya sedang main ke toko buku dan melihat komik ini tanpa ragu lagi langsung saya ambil. Akhirnya bisa menikmati karya besar Divine Comedy dalam format yang saya suka yaitu komik. Selesai membaca perjalanan spiritual Dante ini saya jadi teringat masa kecil saya dulu ketika membaca komik jadul siksa neraka (judulnya lupa) yang membuat saya merinding melihat gambaran penyiksaan-penyikasaan. Tujuan sebenarnya sama mengingatkan agar tidak melupakan keberadaan Tuhan dan menjalani cara hidup dengan bisa membedakan mana perbuatan yang benar dan salah.

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Dante
Gambar = Variety Art Works
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2010
Judul Asli = Manga de Dokuha -  Divine Comedy by Dante
Jenis = Slice of Life, Supernatural
DQ Review Komik


Contoh Gambar

1 comment:

  1. Skrg ada yang masih jual gak? Butuh bgt tolong info nya

    ReplyDelete