Sunday, June 30, 2013

HARI LAKNAT: SERANGAN TERHADAP PEARL HARBOR





"7 Desember 1941. Angkatan Laut dan Udara Jepang tiba-tiba menyerang pangkalan Angkatan Laut AS di Pearl Harbor, Hawaii tanpa peryataan perang sebelumnya. Akibatnya Armada Pasifik AS lumpuh: 18 kapal tenggelam atau rusak, 343 pesawat hancur dan 2.402 orang tewas. Namun serangan itu justru menyulut semangat perang AS untuk balik menggempur Jepang. Komik ini melukiskan keberanian dan kematangan rencana pasukan Jepang dalam meluluhlantakan kekuatan AS di Pasifik dalam satu serangan mendadak.
'A military man can scarcely pride himself on having 'smitten a sleeping enemy;" it is more a matter of shame, simply, for the one smitten-- Seorang prajurit tak pantas membanggakan diri karena telah 'memukul musuh yang sedang tidur': sebaliknya, yang lebih malu adalah musuh yang terpukul itu.' Laksamana Isoroku Yamamoto, Panglima Angkatan Laut Kekaisaran jepang, 9 Januari 1942."

Komik ini merupakan salah satu dari Komik Sejarah Perang. Bercerita tentang serangan mendadak Jepang terhadap pangkalan AL Amerika di Pearl Harbor. Berkat rencana matang yang disusun oleh Laksamana Isoroku Yamamoto, serangan yang tidak diduga tersebut berhasil menghancurkan sebagian besar kekuatan militer Amerika dan menimbulkan banyak korban. Namun ini hanyalah awal dari perang yang panjang karena Jepang telah membangunkan raksasa Amerika yang tertidur.
Jika ingin menyaksikan kisah hidup Laksaman Yamamoto bisa melihat film Isoroku Yamamoto, the Commander-in-Chief of the Combined Fleet, atau versi Amerika dari serangan Pearl Harbor.

Nilai = 8/10
Pengarang  = Steve White
Gambar = Garry Erskine, Jerrold Spahn
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = KPG
Tahun terbit di Indonesia = 2008
Judul Asli = Day of Infamy: Attack on Pearl Habor
Jenis = Historical
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment